Perlu praktik biar disayang atasan dan bawahan.
Sukses berkarya gak akan kesampaian kalau gak punya sikap profesional. Sikap profesional tidak bisa dimiliki dalam sekejap, tapi harus dibiasakan melewati proses yang panjang. Untuk membantumu memahami apa saja yang masuk dalam sikap profesional, yuk kita bahas bersama.
1. Kepandaian memilih kata untuk berkomunikasi dengan relasi
Semua orang punya kewajiban dan tekanan kerja. Pilihlah kata yang tidak menyinggung perasaan dan menyenangkan hati dalam hubungan kerja. Kata-kata yang pas dapat memperlancar urusan dengan orang lain.
2. Manajemen waktu.
Pegawai kantor harus pandai memanajemen waktu kerja. Semua kegiatan mesti teratur sehingga kerjaan gakmolor melebihi deadline.
3. Membuat skala prioritas.
Tanggung jawab pekerjaan bisa menumpuk dalam satu waktu. Agar semua bisa selesai, kita harus bisa memilih mana yang mesti didahulukan.
4. Berbicara pada tempatnya.
Bisa gawat kalau informasi penting diketahui oleh orang yang suka ember. Lebih baik kita bisa memilih teman dan bicara sesuai keperluan.
5. Mendengarkan tanpa menyela.
Mendengarkan orang lain adalah kemampuan penting yang sering diremehkan. Padahal mendengarkan tanpa menyela bisa membuat teman kantor merasa diperhatikan dan dihargai.
6. Menjual diri sendiri.
Kita harus mampu menunjukkan bahwa diri kita berharga dan berguna. Dengan demikian orang lain selalu membutuhkan kita.
7. Negoisasi
Inti dari negoisasi adalah membuat orang yang awalnya berkata “tidak” berubah jadi “ya”.
8. Tetap tenang dan mampu mengambil keputusan.
Mengambil keputusan adalah kemampuan yang penting. Bukan hanya sekedar keputusan, tapi keputusan tepat berdasarkan informasi yang tersedia.
9. Bisa menerima perubahan.
Selalu ada inovasi dalam bisnis. Inovasi memunculkan perubahan, sehingga orang-orang harus bisa beradaptasi dengan perubahan. Misalnya perubahan sistem kerja, kontrak, jobdesk, dan sebagainya.
10. Sadar ada banyak cara untuk belajar.
Ketika sudah bekerja, kita dituntut untuk bisa menguasai pekerjaan dengan cepat. Gak ada yang namanya buku manual atau panduan kerja. Kita bisa belajar dari mengamati teman, instruksi bos, dan lain sebagainya.
11. Jujur pada gaya hidup.
Ini poin yang penting. Ada karyawan yang mati-matian ingin terlihat kaya padahal gajinya gak seberapa. Kalau kamu gak jujur pada gaya hidup, malah bisa jadi omongan orang. Padahal orang kantor pasti tahu jumlah gaji yang kita terima tiap bulan karena sudah ada rumusan penghitungan di bagian HRD.
12. Kuasai “table manner”.
“Table manner” adalah kemampuan yang wajib dikuasai para karyawan. Soalnya kantor pasti akan sering mengadakan acara jamuan makan.
13. Belajar tak mudah patah semangat.
Ingatlah bahwa ketika sudah bekerja, kita harus melakukan pekerjaan dengan baik dan tuntas. Jangan perhatikan bila ada kritik, ejekan, atau olok-olok. Fokuskan energi untuk membangun semangat dan berusaha lebih baik lagi.
14. Mengutarakan keinginan.
Gak usah pake kode-kode kalau di kantor. Semua orang punya kewajiban yang harus dikerjakan. Gak ada yang punya waktu buat menebak maksud orang yang ngomong pake kode.
15. Bagaimana memulai percakapan yang menarik.
Percakapan yang menarik dapat mencairkan suasana dan membuat orang lain lebih dekat. Bayangkan kalau si bos juga betah ngobrol denganmu. Karir dan gajimu bisa meroket dengan segera tuh! Domino QQ