Hati-hati ya kalau bersikap...
Membedakan sikap saat bekerja dan di luar tempat bekerja sebaiknya perlu dilakukan. Ini untuk mengurangi kemungkinan kamu mendapat citra buruk jika melakukan hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan di kantor. Berikut hal-hal yang mungkin sering kamu lakukan dan ternyata bikin kamu terlihat tidak profesional di lingkungan kerjamu.
1. Mengomentari fisik dan penampilan rekan kerja yang lain.
Jika kamu pernah mengomentari penampilan bahkan fisik dari rekan-rekan kerjamu berarti kamu masuk golongan yang gak profesional guys. Hati-hati ya jika bersikap, sebaiknya harus ingat bahwa di tempat kerja, kita gak sembarangan menilai orang melalui fisiknya.
2. Terlalu sering menanyakan masalah pribadi.
Ini juga salah satu hal yang sering sekali tidak kita sadari. Kita merasa dekat dengan salah satu rekan kerja dan kita penasaran sama apa yang dia alami. Kemudian tanpa malu dan lupa kalau itu di kantor, kita menanyai rekan kerja tentang masalah pribadi yang dia miliki.
3. Menggoda rekan kerja.
Dekat bukan berarti kita boleh menggoda rekan kerja yang kita anggap lucu atau menarik di kantor. Hal ini harus diingat ya guys supaya tetap kelihatan profesional saat bekerja. Gak mau kan misalnya kita dicap sebagai orang yang gak profesional?
4. Membuka smartphone sepanjang waktu.
Hal ini memang gak cuma sering terjadi di kantor. Tetapi sebaiknya kita mengurangi penggunaan smartphone di area kantor. Apalagi saat kita sedang bekerja, akan lebih baik jika kita tidak membuka smartphone terlalu sering.
5. Berbagi cerita dan masalah pribadi.
Apakah kalian pernah melakukannya waktu di kantor. Curhat sama rekan kerja yang dekat boleh asalkan kita sedang tidak berada di lingkungan kantor dan tidak sedang mendapat tanggung jawab dari kantor. Lebih baik menahan waktu curhat setelah terbebas dari jam kantor.
6. Memiliki kedekatan yang berlebihan.
Dekat dengan rekan kerja itu sah-sah saja dan jika kita butuh bantuannya untuk membantu hal yang termasuk kepentingan kantor. Namun, kita sebaiknya ingat untuk tidak melakukan hal-hal yang berlebihan. Selain itu menghindari munculnya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk menjadi pekerja yang tidak profesional.
7. Posting di sosial media tentang keburukan bos.
Mungkin kamu baru saja mendapat teguran dari bos. Dan kamu juga tahu, banyak rekan kerjamu yang tidak suka dengan bosmu, tetapi ini bukan berarti kamu boleh semena-mena dengan bosmu. Ini hal yang tidak profesional jika kamu sampai posting hal-hal yang berkaitan dengan masalah kantor bahkan mengatakan keburukan bos di sosial media.
8. Terlalu banyak meminta maaf.
Mendapat maaf dari atasan bukan berarti kita boleh sering mengulang kesalahan. Kita harus bekerja secara profesional jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama saat mengajar. Demi masa depan karirmu agar kamu tetap profesional dalam bekerja dan untuk keberhasilan kantor yang juga tempat kerjamu.
9. Memutar mata saat diajak bicara.
Mungkin kamu mendapat teguran dari rekan kerja dan atasan yang kamu tidak sukai. Meskipun kamu tidak suka dengan hal itu, sebaiknya kamu tetap menghormatinya. Hindari memutar mata, baik saat sedang bicara maupun setelah selesai bicara di kantor. Sikap profesional harus tetap dijunjung tinggi.
10. Menggosip tentang rekan kerja.
Kamu dan rekan kerja yang dekat sedang bersama, lalu kalian tidak sengaja menggosipkan rekan kerja yang lain. Sebaiknya hindari melanjutkan kebiasaan ini karena ini akan mengganggu kenyamanan dan mengurangi sikap profesionalmu saat sedang bekerja.
11. Menggunakan nama panggilan sayang.
Apa kamu masih sering sekali memanggil nama orang dengan kata yank, beb, say? Disarankan, jika kamu sedang berada di area kantor, cobalah menguranginya. Memanggil nama rekan kerjamu dengan panggilan sayang semacam itu termasuk hal yang bisa menunjukkan bahwa kamu kurang profesional dalam bekerja.
Sikap profesional itu harus terus dibawa dan diterapkan saat kita sedang bekerja. Kita harus menjaga nama baik diri sendiri sebagai karyawan dan juga nama baik kantor. Hindari melakukan hal-hal di atas ya.
Semoga karirmu cemerlang! Domino QQ