Kamu pilih mana?
Kata-kata sibuk sering dilontarkan kamu yang memiliki banyak aktivitas, dalam bidang pekerjaan atau sekolah. Namun, ketika kamu sibuk, apakah tetap produktif?
Nah, sebenarnya apa sih perbedaan orang produktif dan orang sibuk. Yuk simak sembilan perbedaan orang sibuk dan orang yang produktif.
1. Prioritas.
Perbedaan antara orang produktif dan orang sibuk kali ini terletak pada prioritas. Banyak sekali pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Tetapi, dari sekian banyak pilihan itu jika kamu orang produktif hanya ada beberapa yang menjadi prioritas. Kalau kamu orang sibuk, banyak hal yang kamu prioritaskan. Bisa-bisa semua hal kamu prioritaskan.
2. NO dan YES.
Nah, kamu yang disebut produktif saat kamu tahu kapan harus bilang 'NO' dan kapan harus bilang 'YES'. Dan kamu tidak pernah segan untuk mengatakan 'NO'. Tetapi, jika kamu selalu 'YES' terhadap semua pernyataan dan permintaan, kamu masuk kategori orang sibuk.
3. Berpikir dan bertindak.
Kali ini, berhubungan dengan bagaimana kamu bertindak. Kamu berpikir dua kali sebelum melakukan aksi, berarti kamu orang produktif. Seringkali masih ragu, dan membutuhkan waktu untuk memutuskan. Nah, kalau orang sibuk, tanpa berpanjang lebar, kamu langsung bertindak, tanpa berpikir ulang resikonya.
4. Fokus dan multitasking.
Tipe mengerjakan sesuatu ternyata berbeda-beda. Ada yang berfokus pada satu pekerjaan saja dalam suatu waktu, ini termasuk orang produktif. Sedangkan, orang sibuk kebanyakan multitasking, bisa mengerjakan berbagai jenis pekerjaan dalam satu waktu.
5. Titik fokus.
Poin ini membahas tentang akar suatu masalah atau pekerjaan. Jika saat mengerjakan sesuatu kamu berfokus pada gambaran besarnya, maka kamu masuk dalam orang produktif. Sedangkan, jika kamu fokus pada detail dari setiap poin yang ada, kamu termasuk orang sibuk.
6. Delegasikan sebuah tanggung jawab.
Selayaknya seorang pemimpin, orang produktif tahu tentang bagaimana mendelegasikan tugas dengan baik kepada bawahannya. Sedangkan, orang sibuk akan mengambil semua tanggungjawab tersebut dan mengerjakannya sendirian. Terkadang hal ini melelahkan!
7. Penggunaan waktu.
Nah, ini penting banget bagi kamu yang punya banyak aktivitas. Jika kamu memilih menjadi orang produktif, maka kamu akan mengalokasikan waktumu untuk berefleksi dan merencanakan sesuatu. Tetapi, bagi orang sibuk, kamu akan menghabiskan waktumu untuk sekedar bekerja dan bekerja.
8. To do list.
Biasanya, kebiasaan sehari-hari bagi kamu yang banyak kegiatan adalah membuat to do list. Nah, jika kamu seringkali menulis to do list hanya singkat dan sedikit, berarti kamu termasuk orang produktif. Tetapi, jika kamu orang sibuk, kamu banyak sekali menulis poin-poin to do list hari ini ngapain aja.
9. Tentang tujuan.
Banyak kegiatan, apakah punya tujuan? Pertanyaan ini yang harus kamu tanyakan pada dirimu sendiri. Orang produktif akan selalu memiliki tujuan saat bertindak dan beraktivitas. Sedangkan orang sibuk hanya sekedar memenuhi tanggung jawab dan tidak ada tujuan tertentu.
So, kamu termasuk yang mana nih? Orang sibuk atau produktif? Tentukan dari sekarang, supaya gak nyesal nanti di masa depan. Domino QQ