Minggu, 06 Agustus 2017

5 Trik Kelola Keuangan agar Tak Boros

Tags


Apakah Anda suka berbelanja? Atau apakah Anda tipe orang yang tidak bisa menahan diri saat melihat apa pun yang terlihat bagus dan sedang diskon? Itu berarti Anda memiliki sikap konsumtif dan boros.

Orang yang konsumtif dan boros biasanya hanya terpengaruh oleh keadaan di sekeliling mereka. Biasanya hanya “lapar mata” saja. Padahal, mereka tidak tahu apa yang sebenarnya mereka butuhkan atau tidak. Atau bisa juga karena kurang menata dan tidak memiliki tujuan keuangan lain.

Berikut adalah tips agar Anda tidak lagi boros saat mengelola keuangan, seperti dikutip dari thebalance.com, Minggu (6/8/2017):

1. Ketahui apa yang Anda inginkan

Luangkan waktu sebentar untuk Anda menulis apa yang Anda butuhkan dan mana yang Anda belum butuhkan. Hal ini membantu Anda untuk menghemat dalam berbelanja, karena Anda berbelanja apa yang dibutuhkan saja dan tidak melenceng dari yang seharusnya. Karena, kebanyakan saat ini orang justru membeli apa yang mereka tidak butuhkan daripada yang mereka butuhkan.

2. Jangan jadikan belanja sebagai pelampiasan

Kebanyakan orang terutama perempuan menjadikan belanja sebagai pelampiasan di saat mereka hanya bosan atau kesal. Hal ini berbahaya, karena biasanya akan lebih memakan banyak uang daripada berbelanja yang direncanakan. Sebab, saat seperti ini Anda biasanya membeli saja barang apa pun tanpa melihat harga atau kebutuhan terlebih dahulu sampai bosan atau kesal Anda hilang.

3. Membuat daftar

Ini sebenarnya hampir sama dengan cara Anda harus membuat daftar apa yang sebenarnya dibutuhkan saat Anda akan berbelanja. Namun, biasanya membuat daftar ini bukan hanya tentang apa yang diri Anda butuhkan saja. Akan tetapi, keperluan lain yakni keperluan rumah tangga, keperluan anak Anda, dan keperluan lain.

4. Perhatikan tempat belanja

Anda tidak perlu harus selalu berbelanja di mal jika memang ada tempat lain yang menjual barang- barang lebih murah. Anda bisa memanfaatkan pasar tradisional, pasar modern, toko- toko kecil yang memang memungkinkan menjual barang yang Anda perlukan dan memiliki harga lebih murah.

5. Selalu ingat: Anda tidak perlu ini sekarang

Jika Anda membiarkan diri Anda waktu untuk memikirkan pembelian Anda, mungkin Anda akan menyadari itu bukan sesuatu yang Anda butuhkan hari ini. Dengan meminta bantuan agar toko untuk menahan barangnya, atau hanya meninggalkannya di toko sampai hari berikutnya, Anda dapat memutuskan ini bukan sesuatu yang harus Anda miliki. Agen Judi Terpercaya

Memanfaatkan tips- tips ini untuk mengatasi godaan pemborosan dan rasa bersalah yang menyertainya bisa mengakibatkan kenikmatan nyata membeli sesuatu yang Anda butuhkan dan mampu dari pada membeli sesuatu yang hanya Anda inginkan dan tidak mampu.