Jumat, 06 Januari 2017

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum ke Tempat Gadai

Tags

Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya
Tak dapat dipungkiri, saat ini kita berada dalam era digital yang menuntut kita untuk mengikuti perkembangan, baik itu informasi ataupun teknologi. Beragam cara yang dilakukan setiap orang untuk tetap dalam keadaan yang update tersebut. Tentu pada umumnya, setiap orang akan bekerja ataupun memiliki usaha lain bahkan tak jarang banyak yang kerja ekstra hingga lembur atau mencari usaha sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Namun banyak juga yang mengalami situasi di mana ada pengeluaran yang tidak terduga dan anda belum mempunyai dana darurat. Salah satu situasinya, seperti akhir tahun dan awal tahun ini, ada ajakan dari teman untuk berlibur di Pulan Seribu atau bahkan kamu tergoda untuk belanja di luar kebutuhan (karena keinginan), atau sesuatu yang penting, seperti membayar uang semester kuliah.

Situasi seperti ini mengharuskan anda untuk memiliki dana tunai yang cepat. Karena saat ini dituntut serba cepat atau instan, ada salah satu cara untuk mendapatkan dana tunai dengan cepat, yaitu gadai. Ya anda dengan mudah mendapatkan dana tunai dengan menggadaikan barang berharga anda, seperti laptop, HP atau Logam Mulia.

Bila anda perhatikan di lingkugan sekitar tempat tinggal anda dalam beberapa tahun terakhir begitu marak tempat gadai berdiri. Tidak hanya tempat gadai BUMN, tapi tempat gadai swasta juga banyak, atau biasa disebut gadai pinggir jalan. Sebelum anda mulai beranjak ke tampat gadai, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Keamanan
Anda akan menggadaikan barang yang cukup berharga, pastikan tempat tersebut membuat anda nyaman dan aman. Baik itu kerahasiaan data pribadi anda, yang artinya tidak boleh disebarkan kepada pihak lain, serta terjaminnya keamanan barang anda yang digadaikan. Tentu anda tidak ingin kehilangan barang yang anda gadaikan, maka pastikan kredibilitas tempat gadai tersebut. Kalau anda rela kehilangan barang tersebut, ya dijual saja, tidak perlu gadai.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan yang Berlaku
Setiap Lembaga keuangan, pasti membutuhkan syarat formal, yaitu kartu identitas diri atau kita kenal dengan KTP. Selanjutnya tentu saja barang yang akan digadaikan. Bila anda menggadaikan emas atau Logam Mulia, perhatikan surat-surat serta fisiknya. Begitu juga bila anda menggadaikan BPKB, perhatikan surat-suratnya dan keadaan fisik kendaraan anda, karena akan diperiksa. Bila anda menggadaikan barang elektronik, tentu kondisi barang elektronik menjadi perhatian, apakah berfungsi atau tidak. Sebagai lembaga keuangan non bank, tempat gadai tidak akan menerima barang bermasalah atau tidak memiliki surat-surat yang lengkap. BandarQ

Biaya-Biaya Gadai
Setiap tempat gadai memiliki kebijakan tersendiri. Sistem gadai adalah sistem sewa titip, maka bila mengacu pada tempat gadai BUMN, tempat gadai akan mengenakan biaya sewa atau biaya titip ini per 15 hari, dengan jatuh tempo 120 hari dan dapat diperpanjang. Bila terlambat dari jatuh tempo, tentu memiliki biaya denda. Setiap kali Anda melakukan gadai, maka Anda akan dikenakan biaya Administrasi. Besarnya biaya administrasi tergantung dari nominal yang anda gadaikan. Semakin besar pinjaman yang Anda ambil, maka biaya Administrasi yang dikenakan akan semakin bertambah pula.

Nilai Taksiran
Setiap tempat gadai menerapkan nilai taksir dan pinjaman yang dapat diterima sebesar 80% - 85% dari nilai taksir tersebut. Contoh, bila anda menggadaikan Logam Mulai dan tempat gadai memberi nilai taksir sebesar Rp 10.000.000 maka nilai pinjaman yang dapat diberikan kepada anda sekitar Rp 8.000.000 s/d Rp 8.500.000. Istilah ini penting untuk anda pahami, agar tidak kecewa bila nilai pinjaman yang anda inginkan tidak tercapai, karena ini adalah sistem yang berlaku di tempat Pegadaian.

Berapa Lama Barang digadaikan?
Tidak ada yang tahu berapa lama barang tersebut digadaikan. Tentu ada alasan tersendiri mengapa anda menggadaikan barang. Jadi yang paling tahu berapa lama barang tersebut digadaikan adalah diri anda sendiri. Yang perlu menjadi catatan khusus bagi anda adalah, dikarenakan tempat gadai ini praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk pencairan, jangan sampai terlena dan menyepelekan, apalagi jatuh tempo sampai 4 bulan atau 120 hari.

Pastikan anda konsisten setiap jatuh tempo untuk mengurangi besaran pinjaman anda. Besaran cicilan pun harus anda perhatikan, yaitu tidak lebih dari 30% penghasilan anda. Yang banyak terjadi adalah, anda merasa jatuh tempo masih lama dan pada akhirnya menunda untuk menyiapkan dana yang cukup saat jatuh tempo nanti.

Jika hal-hal di atas sudah cukup anda pahami, Anda tinggal mengunjungi tempat gadai di kota Anda untuk memprosesnya.


Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya

Sumber : https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3389072/perhatikan-5-hal-ini-sebelum-ke-tempat-gadai