Selasa, 12 Desember 2017

Peluang Bisnis & Kiat Sukses Jadi Wirausaha dengan Modal Kecil


Metrotvnews.com, Jakarta: Memulai bisnis mungkin tidak mudah. Kita akan dihadapkan pada banyak tantangan dan permasalahan, seperti modal, tempat, dan pemilihan jenis usaha itu sendiri. Banyak sekali peluang jenis usaha (industri) yang bisa menjadi pilihan para wirausaha baru, namun bagi wirausaha kecil yang memiliki keterbatasan modal dan kondisi yang tidak terlalu memadai, tentunya hanya bisa memilih peluang bisnis yang sederhana dengan biaya minim. Agen Bandar Q
Achmad Zaky, CEO Bukalapak, bercerita dirinya sempat merasakan kegagalan membangun bisnis karena tidak fokus. Tetapi, ketika ia memutuskan fokus pada Bukalapak, semuanya menjadi lebih baik.

Sandiaga Uno, pengusaha muda, dalam forum KTT APEC 2013, mengaku pernah 20 kali gagal dalam berbisnis, tetapi ia bangkit lagi. Menurut Sandi, kunci sukses adalah jangan takut dan pantang menyerah.

Kini, menjadi wirausaha semakin mudah karena salah satu program pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah menciptakan wirausaha baru. Tahun ini, pemerintah menargetkan mencetak 5.000 wirausaha baru dan pengembangan 1.200 sentra industri kecil menengah.

Terciptanya wirausaha baru diharapkan bisa meningkatkan perekonomian nasional. Selain itu, bisa mengurangi angka pengangguran. Saat ini, ketersediaan lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk.

Saat ini usaha di bidang FMCG dan kuliner menjadi pilihan utama banyak orang. Selain dirasa tidak memerlukan modal sebesar usaha di bidang lain, perkembangan media sosial membuat jangkauan informasi dan promosi menjadi semakin luas.

Di dalam kategori makanan dan minuman, frozen food (makanan beku) dan es krim dapat menjadi pilihan yang menggiurkan. Secara teknis, penyimpanan frozen food dan es krim dinilai lebih praktis, disimpan di dalam freezer dalam kondisi suhu kurang dari 5 derajat celcius. Pada suhu ini mikroorganisme di dalam frozen food dan es krim akan sulit bertumbuh kembang, yang kemudian membuat masa penyimpanan (kadarluarsa) frozen food dan es krim menjadi lebih lama. Hal inilah yang membuat risiko dalam berbisnis menjadi relatif lebih kecil.

Bicara mengenai bisnis es krim, saat ini pasar es krim Asia Pasifik menjadi yang terbesar, mengalahkan Amerika Serikat dan Eropa. Kawasan Asia Pasifik menguasi pangsa pasar sekitar 30 persen dari total pasar es krim dunia, sedangkan Amerika Serikat menguasai 28 persen.

Meningkatnya daya beli masyarakat dan cuaca kawasan Asia yang cenderung panas, menjadikan bisnis es krim cukup menjanjikan. Pasar es krim di Indonesia sendiri juga semakin berkembang dan  pasar masih terbuka luas. Euromonitor mencatat proyeksi pertumbuhan pasar es krim hingga 2018 mencapai 240 juta liter atau rata-rata tumbuh 8,75 persen.

AICE sebagai salah satu produsen es krim merespon positif program pemerintah untuk fokus berkomitmen melakukan investasi membantu masyarakat atau keluarga berpenghasilan rendah. Masyarakat ini memiliki kesempatan untuk bergabung dalam bisnis es krim, menjadi wirausaha baru yang sukses sehingga mampu meningkatkan pendapatan mereka.

Itulah mengapa kita dapat melihat sudah banyak toko atau warung kecil sudah mulai menjual es krim yang berkualitas, dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Jika banyak perusahaan besar yang saat pengembangan usaha bisa memberikan bimbingan serta kontribusi kepada masyarakat, diprediksi kesenjangan ekonomi masyarakat Indonesia akan menurun.


Charles Koch, Ketua dan CEO dari Koch Industries, memiliki  kekayaan bersihnya yang diperkirakan mencapai USD 47,8 miliar. Ia pernah membagikan kiat agar bisnis bertahan lama, di mana dirinya menyarankan bisnis yang digeluti haruslah memberikan kontribusi kepada masyarakat dan kesejahteraan mereka.

Quote tersebut terbukti pada perusahaan AICE. Karena kontribusinya kepada masyarakat, AICE berhasil mendapat pengakuan dari masyarakat, mendapatkan nilai tertinggi di industri es krim dengan meraih Excellent Brand Award 2017.


Sebagai ungkapan terima kasih AICE dengan komitmennya membantu pengusaha kecil, kembali mengadakan promosi menarik. Contohnya seperti saat ini, setiap pembelian satu AICE Mango Slush Low-Fat, konsumen bisa mendapatkan satu es krim AICE Chocolate stick dan satu AICE Nanas stick secara cuma-cuma.Domino 99

Selain produk berkualitas, ide menarik dan kreatif terus dibutuhkan saat menjalankan sebuah bisnis besar maupun kecil, agar bisnis terus maju dan semakin pesat. Bagi orang-orang yang sudah sukses, ada hal lain yang tak kalah penting agar bisnis Anda berjalan sesuai harapan, yakni kerja keras, fokus, dan berbagi dengan orang lain.