Senin, 09 Oktober 2017

Orangtua Wajib Tahu 4 Hal Ini agar Masa Depan Anak Cerah


Merencanakan pendidikan anak sejak dini merupakan hal yang harus dilakukan dengan matang, mengingat pendidikan adalah investasi untuk masa depan. Sebagai orang tua, tentunya sudah jadi kewajiban dan tanggung jawab untuk memberikan yang terbaik bagi anak, termasuk dalam pemberian pendidikan. Domino terpercaya

Semakin hari, pendidikan semakin mahal seiring kenaikan biaya kebutuhan hidup. Jangan sampai salah dalam memilih dan salah dalam mendidik anak-anak.

Pendidikan pada dasarnya mempunyai dua kategori: pendidikan informal dan pendidikan formal. Pendidikan informal adalah pendidikan yang didapat dari luar sekolah.

Pendidikan seperti ini bisa didapat dengan mengikuti kelas-kelas kursus atau menuntut agama di lingkungan tempat tinggal. Bahkan, pendidikan informal ini juga bisa diberikan dari rumah dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan untuk anak-anak. Sementara, pendidikan formal adalah pendidikan yang memerlukan yang berasal dari sekolah.

Tanpa disadari investasi pendidikan yang diberikan ke anak-anak terkadang malah menjadi hal yang dapat memberikan efek buruk bagi mereka apabila salah dalam memilih, baik itu formal maupun informal. Karena itu, ada beberapa hal wajib diketahui orangtua. Apa saja itu, seperti mengutip cermati.com, Minggu (8/10/2017):

1. Pemilihan Sekolah secara Tidak Langsung Memengaruhi Jaringan Pertemanan

Tanpa orangtua sadari, sekolah secara tidak langsung membentuk jaringan pertemanan bagi anak nantinya. Apabila memilih sembarang sekolah tanpa mempertimbangkan hal ini, akan rugi memberi kerugian nantinya.

Sebagai contoh, apabila anak bersekolah di tempat yang baik dengan lingkungan yang baik pula dan teman-teman yang baik pula, hal ini akan dapat memberikan banyak keuntungan bagi anak.

Kesempatan mempunyai jenjang yang baik untuk anak-anak dan teman-temannya pada masa depan akan banyak memberikan peluang yang baik pula pada masa mendatang. Misalnya, salah satu dari teman anak kita mempunyai karier yang bagus dan ada yang menjadi CEO maka jaringan yang dibina sesama alumni akan sangat membantu.

Secara emosional, mereka akan lebih mempunyai kedekatan. Apalagi mereka merupakan teman dekat atau teman akrab dalam bermain. Karena itu, pilihlah sekolah yang berkualitas. Sebab, memilih sekolah bukan hanya soal memilih pendidikan dan alamamater, melainkan juga sebagai pilihan investasi.

2. Pemilihan Sekolah Punya Andil dalam Pembentukan Karakter Anak

Pernahkah menghitung berapa jam anak-anak bertemu dengan kita dan berada di rumah dalam satu hari. Atau berada di rumah dan bertemu dengan kita dalam satu minggu. Tanpa kita tahu, anak-anak ternyata berada lebih lama di sekolah daripada di rumahnya sendiri.

Selama 5-6 jam mereka akan berada di sekolah setiap harinya kecuali hari Minggu. Belum lagi dipotong dengan waktu perjalanan menuju sekolah dan waktu perjalanan pulang. Ketika di rumah, ia akan mendapati kedua orangtuanya tidak di rumah karena bekerja.

Begitu di rumah, kita hanya mempunyai waktu sekitar 2-3 jam untuk dapat bertemu dengan mereka. Selanjutnya, mereka akan tidur karena keesokan harinya harus kembali bersekolah. Pagi pun kita hanya mempunyai waktu sekitar 1 jam efektif untuk berkomunikasi. Sebab, kita akan berangkat kerja dan anak menuju tempat mereka bersekolah.

Jadi, sekitar 3-4 jam waktu efektif kita untuk dapat berkomunikasi dengan anak-anak. Sementara waktu 6-7 jam yang lain adalah waktu efektif di sekolah. Karena itu, sekolah yang mempunyai sistem pendidikan yang baik akan membantu pembentukan karakter anak-anak.

3. Seberapa Mampukah secara Finansial?

Investasi untuk pendidikan memang tidak bisa dibilang murah. Karena itu, diperlukan kebijaksanaan dalam menentukan investasi pendidikan. Mempertimbangkan kemampuan finansial adalah hal yang utama.

Jangan sampai karena memaksakan kemampuan, hal-hal yang lain jadi terbengkalai karena banyak terfokus atau digunakan untuk biaya pendidikan.

4. Ingat, Pendidikan adalah Prioritas

Pendidikan adalah hal utama yang harus menjadi prioritas. Bagaimana pun warisan yang tidak akan pernah hilang adalah memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak. Buatlah pemberian pendidikan kepada anak ini jadi prioritas utama demi masa depan yang baik. Situs judi terpercaya

Pendidikan adalah Kunci Masa Depan

Pendidikan merupakan item penting dalam tumbuh kembang anak. Dengan pendidikan yang memadai, kita akan memberikan masa depan yang memadai pula untuk anak-anak. Karena itu, mulailah untuk memikirkan langkah apa yang akan dilakukan dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anak.