Rabu, 07 Maret 2018

Ini 5 Tip Jack Ma untuk Para Startup


TEMPO.CO, Jakarta - Siaplah berkorban jika ingin sukses sebagai wiraswastawan, demikian salah satu pesan dari Jack Ma, pendiri Alibaba, pada final sebuah kompetisi startup, Jumpstarter, di Hong Kong. Situs Judi Online

Ma, seperti dikutip situs Business Insider Singapura, banyak memberikan saran dalam percakapan dengan Chief Executive Hong Kong Carrie Lam, berdasarkan pengalamannya selama 18 tahun membesarkan Alibaba.

Berikut ini lima tip dari Jack Ma :

1. Wiraswastawan sukses selalu optimistis. Buang pikiran negatif dari pikiran. 

“Anda harus optimistis. Anda harus bertanya masalah apa yang bisa Anda selesaikan, dan cara Anda menyelesaikan harus berbeda dengan orang lain," katanya.

Ma menambahkan, paksa diri sendiri mengapa Anda harus melakukan lebih baik daripada orang lain.

2. Orang-orang di sekitar Anda bisa mengubah segalanya. 

Tidak ada yang bisa hidup sendiri, jadi bekerja samalah dengan orang-orang yang satu ide untuk menggapai impian. "Anda harus menemukan sekelompok orang yang bisa bekerja sama. Mereka satu visi. Mereka bergabung denganmu bukan karena pekerjaan, tapi mereka percaya pada impian, misi, dan visi Anda."

Ia juga tidak menganjurkan memburu orang-orang berbakat sampai ke seluruh pelosok dunia.

“Anda tidak perlu menemukan orang terbaik di dunia. Orang terbaik adalah mereka yang bekerja dengan Anda," katanya. "Latih tim, bekerjalah dengan tim, tim juga akan melatihmu."

3. Siap berkorban.

Jalan menuju sukses tidak akan mudah. "Jangan berpikir, 'Apa yang akan aku peroleh?'. Anda harus bertanya, 'Apa yang akan saya berikan?'. 'Apakah saya akan berhasil dalam tiga atau sepuluh tahun?' Jika Anda punya ide cemerlang, siapkan untuk sepuluh tahun. Anda beruntung jika berhasil dalam satu tahun, tapi kebanyakan orang tidak punya keberuntungan itu."

Ma juga mengatakan tidak ada sukses yang datang cepat. "Jangan katakan, saya akan menang bulan depan, saya ingin berhasil tahun depan. Tidak mungkin. Lupakan hal ini. Jika Anda berpikir akan berhasil dalam tiga tahun, siapkan untuk lima tahun," kata Jack Ma.

Ia lalu menceritakan pengalamannya dengan Alibaba. "Modal awal saya, saya peroleh dari 18 pendiri, hanya US$ 50 ribu," katanya. "Semula kami memperkirakan uang ini cukup untuk sepuluh bulan. Meski sudah kami rinci sampai setiap sen pengeluaran, uang itu habis kurang dari empat bulan dan kami hampir bangkrut.

4. Jangan berfokus pada apa yang sedang musim. 

"Mengapa Alibaba berhasil? Salah satu alasannya adalah Internet belum ada di mana-mana waktu itu," kata Ma.

“E-commerce tidak menari (waktu itu). Tidak ada yang mempercayainya, tapi kami yakin. Kami tidak peduli apa yang orang lain katakan. Kami berpikir ini punya harapan, kami yakin ini akan membantu masyarakat, jadi kami memulainya."

Ia juga mengingatkan agar melahirkan sesuatu yang unik. "Ketika semua orang mengatakan ya, artinya sudah tidak ada peluang bagi Anda. Jadilah yang berbeda," kata Jack Ma.

5. Jangan menunggu semuanya akan siap untuk Anda.

Bergeraklah lebih dulu dan lebih cepat, jangan menunggu semuanya siap. "Jangan menunggu alam atau peraturan siap. Jika semuanya sudah siap dan tersedia, itu artinya tidak ada peluang lagi bagi Anda," kata Ma.

"Jika pemerintah menyatakan semuanya sudah siap, itu saatnya Anda pindah ke area lain, karena tidak ada kesempatan lagi di sana," kata Jack Ma. BANDAR POKER ONLINE


BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya