Senin, 21 November 2016

Cara Membuat Keju Untuk Bisnis Rumahan

Tags

Keju menjadi salah satu makanan yang banyak di sukai masyarakat kita, sering di gunakan sebagai salah satu bahan baku pembuat makanan ataupun menjadi pelengkap makanan lainnya. Meski bukan merupakan makanan asli Indonesia, namun kepopuleran keju di negara kita telah di kenal sejak lama, bahkan kini makanan tradisional pun seringkali menggunakan tambahan keju untuk memperkaya dan menambah kenikmatan rasanya.

Terlebih oleh para pelaku bisnis kuliner sekelas cafe atau restoran modern dan sejenisnya, keju menjadi barang wajib yang harus selalu tersedia. Pasalnya sebagaian besar menu makanan di sana pastinya menggunakan produk keju ini dalam bahan pembuatannya.

Dengan melihat begitu diperlukannya produk keju ini di pasaran, maka peluang usahanya pun tentulah menjadi cukup terbuka lebar. Jika selama ini sebagian besar dari kita hanya mengenal produk keju hasil impor atau olahan industri pabrikan besar, maka sebetulnya terdapat juga produk keju yang di hasilkan dari industri usaha dengan skala rumahan atau dikenal juga dengan sebutan keju homemade.



Cara Membuat Keju Rumahan

Terdapat cukup beragam jenis produk keju yang saat ini banyak di perlukan, diantaranya saja seperti keju cheddar, keju edam, keju mozarella dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini yang akan kita akan bahas adalah dasar-dasar cara membuat keju secara sederhana yang bisa di lakukan dirumah, mungkin saja ada diantara pembaca yang tertarik menjalankan bisnis ini dapat di mulai dengan mempelajarinya lalu bisa kembangkan sendiri agar di dapat keju dengan kualitas yang baik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Ada pun bahan-bahan yang di perlukannya adalah :
  • Susu sapi 2 gelas
  • Cuka atau air lemon 4 sendok makan
  • Garam secukupnya

Lalu untuk langkah-langkah membuat keju adalah sebagai berikut :

  1. Susu di rebus dalam panci hingga mendidih, sambil di aduk perlahan agar susu tidak lengket.
  2. Setelah mendidih matikan kompor dan biarkan susu dalam panci hingga suhu panasnya menurun.
  3. Tambahkan cuka kedalam susu sambil di aduk selama kurang lebih beberapa menit hingga terdapat bagian susu yang menggumpal.
  4. Lalu pisahkan gumpalan dengan cairan susu menggunakan saringan kain tipis sambil sedikit di tekan agar cairan benar-benar terkuras.
  5. Selanjutnya gumpalan susu bisa kita tambahkan garam secukupnya sambil di aduk hingga rata.
  6. Terahir dinginkan adonan dalam lemari es dapat juga di bentuk sesuai keinginan menggunakan wadah cetakan.

Menurut para ahli pembuat keju, salah satu kunci membuat keju yang baik adalah tergantung dari kualitas susu yang di pakai, semakin segar susu yang di pakai tentu hasilnya akan semakin baik. Maka tidak jarang pelaku bisnis keju saat ini menjalin kerjasama dengan para peternak sapi perah di daerahnya.

Analisa Bisnis Keju Rumahan

Saat ini pasar keju di Indonesia masih di dominasi oleh produk-produk dari luar negri yang dinilai masih memiliki kualitas lebih baik. Namun seiring waktu dengan semakin bertambahnya peminat maka tidak menutup kemungkinan hasil keju buatan kita pun akan semakin berkembang. Apalagi karena persaingan antar pelaku bisnis keju lokal ini juga belum begitu ketat, sedangkan kebutuhannya terus meningkat maka potensi untuk mengembangkan bisnis pun tentunya semakin terbuka lebar.

Umumnya pada tahap perkenalan, para pembuat keju rumahan memasarkan produknya dengan mengandalkan media internet untuk berjualan secara online. Target pasarnya cukup banyak dari mulai rumah tangga untuk di konsumsi sendiri, pelaku bisnis kuliner, katering, produsen pembuat kue dan lain sebagainya. Maka jika andapun tertarik untuk terjun kedalam usaha ini, sedari dini mulailah pelajari keterampilan cara membuat keju agar mampu menghasilkan produk berkualitas dan mampu bersaing di pasaran.

Sumber


EmoticonEmoticon