Kamis, 22 Juni 2017

8 Tips Kiat Melunasi Hutang Dengan Cepat dan Aman

Tags


Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa hutang adalah sesuatu aib. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena banyak juga, dan mungkin hampir sebagian besar perusahaan membiayai perusahaannya dengan cara berhutang.Situs judi

Akan tetapi memang tidak semua hutang bisa berakibat baik. Ada kalanya hutang justru bisa menjerumuskan dan membuat orang jadi tambah melarat.

Lantas bagaimana solusinya, apabila terlilit hutang dan susah untuk melunasinya. Berikut adalah beberapa tips melunasi hutang yang bisa anda coba sebagai solusi untuk permasalahan tersebut

Tips Melunasi Hutang Dengan Cepat
#1 Serius memikirkan hutang
Langkah pertama dalam melunasi hutang adalah dengan bersikap serius akan hutang-hutang yang dimiliki. Dengan sikap yang serius kita akan mengupayakan segala cara agar bagaimana hutang tersebut bisa lunas.

Jika sikap kita cenderung malas dan tidak semangat, justru akan semakin menambah bunga hutang, sehingga makin lama akan semakin menumpuk dan pasti akan membuat kita kesulitan melunasinya. Oleh karena sikap kita dalam berusaha melunasi hutang itu sangat penting.

#2 Membuat rencana pelunasan hutang
Dalam melunasi hutang, kita perlu membuat rencana pelunasan hutang. Misalnya hutang mana dulu yang perlu dilunasi, prioritaskan hutang yang sudah lewat tenggang waktu, agar tidak menambah bunga, sesuaikan juga dengan jumlah uang yang anda miliki, jangan membayar hutang dengan hutang, justru hal tersebut akan membuat anda semakin terjebak di dalam jerat hutang.

#3 Bersikap hemat dan berhenti menghabiskan uang untuk hal yang tidak berguna
Jika hutang sudah menumpuk, maka tidak ada cara lain untuk mengurangi pengeluaran dengan bersikap hemat dan menghentikan kebiasaan menghabiskan uang untuk hal yang tidak kita butuhkan.

Usahakan untuk selalu makan di rumah daripada makan diluar yang biayanya pasti lebih besar. Pergunakan uang jajan anda untuk anda tabung dan untuk melunasi hutang-hutang.

#4 Manfaatkan sebagian dari tabungan anda
Apabila kebutuhan untuk membayar hutang sudah mendesak dan anda merasa nyaman dengan mengeluarkan uang tabungan anda, maka anda bisa melakukan ide ini.

Tips melunasi hutang dengan memanfaatkan tabungan boleh-boleh saja dilakukan, asal tidak anda gunakan sepenuhnya, karena tabungan adalah bentuk simpanan untuk keadaan darurat. Baca juga tentang perbedaan tabungan britama dengan simpedes.

#5 Stop penggunaan kartu kredit
Jika penyebab hutang anda yang menumpuk adalah tagihan kartu kredit, maka tips melunasi hutang yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan penggunaan kartu kredit.

Pengguna kartu kredit seharusnya mengerti bahwa memegang kartu kredit turut menjaga kewajiban agar tidak menggunakan sesuka hati dan bersedia melunasi setiap tagihannya. Dengan berhenti menggunakan kartu kredit, anda sudah membuat langkah maju dalam melunasi hutang anda.

#6 Perbanyak pendapatan anda
Jika anda seorang pekerja kantoran dan kesulitan mendapatkan waktu untuk mendapatkan pendapatan lebih dari gaji yang anda terima setiap bulan, anda bisa mencoba menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai secara online, dari situ anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa anda manfaatkan untuk melunasi hutang.

#7 Membuat daftar semua hutang
Kenapa membuat daftar hutang itu penting? Karena dengan adanya daftar tersebut, kita menjadi tahu berapa banyak hutang kita dan pos-pos mana saja yang paling banyak menyedot pendapatan bulanan kita.

Dari sini kita bisa menentukan berapa banyak uang yang diperlukan untuk membayar setiap hutang dan menentukan strategi apa yang bisa kita lakukan demi mendapatkan penghasilan tambahan untuk melunasi hutang-hutang tersebut.

#8 Jangan berhutang untuk membayar hutang
Tips melunasi hutang yang terakhir adalah jangan pernah anda berhutang untuk melunasi hutang atau istilahnya gali lubang tutup lubang. Lunasi hutang anda terlebih dahulu, lalu jika terpaksa anda baru bisa mengambil hutang lain. Situs judi online

Itulah 8 tips melunasi hutang yang sebaiknya anda coba lakukan guna melunasi hutang-hutang yang sekiranya sangat mengganggu dan memperburuk keuangan anda.


EmoticonEmoticon