Selasa, 27 Juni 2017

Cara Antisipasi Apabila Pelayanan BPJS Sangat Buruk Dengan Langkah Cermat

Tags


Keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia telah terbukti dengan adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Situs QQ

Program ini menyarankan semua orang untuk ikut serta di dalamnya supaya masyarakat tanpa kecuali bisa merasakan layanannya. Namun dengan hadirnya BPJS ini, masih saja ada keluhan dari masyarakat mengenai program ini.

Hal ini pun menjadi bukti bahwa BPJS belum bisa menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dan masih jauh dengan kata layak.

Padahal tujuan dari BPJS itu sendiri adalah mengharapkan semua masyarakat pada tahun 2019 telah menjadi peserta dari program ini. Keluhan yang ada di kalangan masyarakat ini bukanlah tanpa alasan, bahkan keluhan tersebut telah terlihat sejak kedatangan BPJS Kesehatan ini.

Dari sekian banyak keluhan yang ada, apakah semua bisa terselesaikan dengan baik? Inilah yang kemudian memunculkan masalah baru di dalam program kesehatan ini.

Hal hal yang menjadikan BPJS kesehatan di anggap memberikan pelayanan buruk
Inilah yang kemudian dibuktikan dengan adanya pelayanan yang masih buruk di beberapa wilayah di Indonesia. Berikut ini ada beberapa kendala yang dialami masyarakat demi mendapatkan layanan kesehatan yang memuaskan dari BPJS Kesehatan.

#1 Sistem Rujukan Berjenjang
Masalah pertama yang sering kali dihadapi oleh masyarakat terkait dengan layanan BPJS Kesehatan ini adalah sulitnya masyarakat untuk mendapatkan penanganan medis dari rumah sakit ataupun dokter spesialis.

Hal ini dsebabkan pihak yang bersangkutan hanya akan menanganinya ketika pasien telah mendaptkan surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan (Faskes) I yakni Puskesmas, Dokter keluarga, klinik yang sebelumnya telah masuk daftar BPJS, kecuali bagi pasien yang dalam keadaan darurat.

Jika masalah kesehatan masyarakat masih bisa diselesaikan dalam ranah Faskes I, maka hal ini tidak akan menimbulkan masalah, namun bila kondisinya sebaliknya maka pasien harus menunggu surat rujukan terlebih dahulu untuk kemudian bisa mendapatkan layanan kesehatan dari rumah sakit yang dituju.

#2 Pemilihan Faskes yang Terbatas
Masalah yang kedua adalah mengenai terbatasnya Pemilihan Faskes. Di dalam system BPJS masyarakat hanya diperkenankan untuk memilih satu Faskes saja, walaupun BPJS Kesehatan telah memiliki Faskes yang cukup banyak jumlahnya.

Masalah bisa lagi timbul dikarenakan pasien yang akan dirujuk memiliki lokasi tempat tinggal yang jauh dari lokasi Faskes, hal inilah yang kemudian menimbulkan problem baru.

#3 Rumah Sakit dan Fasilitas yang Terbatas
Masalah yang selanjutnya adalah keterbatasan rumah sakit. Maksudnya di sini adalah pasien hanya bisa mendapatkan layanan kesehatan dari rumah sakit yang sebelumnya telah bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan.

Jadi, bila rumah sakit yang dituju bukan merupakan mitra dari BPJS maka kartu BPJS yang dimiliki pasien tidak akan berlaku.

Selain keterbatasan rumah sakit, pasien pun juga akan kesulitan lagi ketika sudah berada di rumah sakit yakni salah satunya untuk mengakses fasilitas rumah sakit seperti kamar yang penuh, obat yang tidak ditanggung, ataupun masalah lainnya.

Bukan itu saja bahkan ketika pihak BPJS melakukan keterlambatan dalam pembayaran biaya rumah sakit yang dituju maka dampaknya akan mengenai pasien tersebut.

Simak juga ulasan terkait mengenai kelebihan dan kekurangan BPJS dibandingkan asuransi serta artikel manarik lainnya tentang cara atau prosedur berobat menggunakan BPJS kesehatan.

Antisipasi mengatasi buruknya pelayanan BPJS kesehatan
Dari berbagai macam masalah yang ada di dalam program BPJS Kesehatan tersebut, maka sebaiknya dari sekarang anda harus melakukan antisipasi.

Jangan sampai anda mendapatkan masalah seperti yang tersebut di atas tadi. Untuk mengantisipasinya anda bisa menerapkan beberapa cara berikut guna menghadapi butuknya pelayanan BPJS Kesehatan. Berikut ulasannya.

#1  Gunakan Asuransi Kesehatan Mandiri
Bila anda rasa bahwa layanan BPJS Kesehatan tidak memenuhi kebutuhan anda, maka solusi terbaiknya adalah anda bisa menggunakan layanan kesehatan lainnya.

Misalnya saja anda bisa membeli layanan kesehatan mandiri yang anda rasa bisa memenuhi kebutuhan anda.

Untuk BPJS Kesehatan yang anda miliki bisa anda gunakan sebagai altrenatif kedua bila sewaktu waktu asuransi kesehatan mandiri anda habis.

#3 Gunakan Koordinasi Manfaat BPJS dan Asuransi Kesehatan Swasta
Untuk langkah yang kedua ini bisa anda manfaatkan ketika BPJS Kesehatan yang anda miliki tidak menanggung fasilitas kesehatan yang anda perlukan.

Misalnya seperti penggantian kualitas kelas kamar yang lebih tinggi atau di atas standar dari BPJS Kesehatan.Situs judi

Untuk kelebihan biayanya bisa anda mintakan kepada asuransi kesehatan lainnya yang anda miliki. Namun perlu anda ketahui bahwa sebelum menggunakan fasilitas ini anda perlu untuk mengecek apakah asuransi kesehatan anda telah terkoordinasi dengan pelayanan BPJS Kesehatan supaya anda tidak mengalami kendala ketika akan mengajukan klaim.

#3  Ikuti Sistem Cash Plan
Cash Plan merupakan sebuah system santunan harian yang akn dibayarkan oleh pihak asuransi bila sekatu waktu anda membutuhkan layanan kesehatan atau anda masuk rumah sakit.

Mengenai nominalnya akan tetap dan cukup mudah untuk diklaim. Ketika menggunakan layanan ini anda hanya diharuskan untuk menunjukkan bukti berapa lama anda di rawat di rumah sakit, hal ini akan disesuaikan dengan waktu perawatan dan manfaat rawat inap yang telah ditetapkan.

Anda harus memahami sebelumnya mengenai system ini karean jmlah manfaat rawat inap yang akan diberikan itu nilainya relative kecil sehingga tidak mungkin untuk bisa menutup semua biaya perawatan anda.

Namun jika penggunaannya dilakukan bersamaan dengan BPJS Kesehatan maka jumlahnya akan cukup untuk menutup selisih biayanya. Baca juga artikel terkait tentang cara memeriksa tagihan iuran BPJS dengan mudah serta ulasan lainnya mengenai cara membayar iuran BPJS melalui ATM.

Mengingat bahwa penggunaan BPJS Kesehatan merupakan hal yang paling urgen di dalam kehidupan masyarakat, maka alangkah lebih baik jika anda mengantisipasi langkah yang perlu anda lakukan untuk menghadapi buruknya pelayanannya.

Ingatlah bahwa kecermatan merupakan faktro penting untuk mengetahui kebutuhan anda sebelum menerapkan cara cara tersebut, supaya manfaat yang nantinya akan anda peroleh bisa sesuai dengan ekspektasi.