Sabtu, 21 Juli 2018

13 Tips Membuka Coffee Shop / Usaha Warung Kopi

 BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya

Kesibukan para pegawai kantoran yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beraktivitas, seringkali membuat mereka tidak sempat untuk sarapan atau sekedar menyesap kopi di rumah.

Mereka memilih untuk menyeimbanginya dengan makan dan minum di luar rumah.

Fenomena ini membuat para penggiat kuliner terinspirasi. Terlihat dari semakin menjamurnya kafe, restoran, dan coffee shop di kota-kota besar.

Jika diteliti lebih dalam, membuka coffee shop merupakan ide yang bagus dan merupakan ladang bisnis yang sangat menjanjikan.

Hal ini dikarenakan oleh semakin banyaknya pencinta kopi. Minum kopi seakan-akan sudah menjelma menjadi sebuah kebutuhan dan gaya hidup.

Menggenggam sebuah gelas dengan cap logo coffee shop tertentu merupakan kebanggan tersendiri bagi sebagian orang.

13 Tips Membuka Coffee Shop / Usaha Warung Kopi Situs Judi Online

Nah, bagi anda yang mempunyai keinginan kuat untuk membuka coffee shop atau sekedar usaha warung kopi, anda harus memperhatikan 13 tips ini agar usaha anda berjalan dengan lancar.

1. Membuat Rencana Bisnis Dengan Matang

Rencana bisnis sangat diperlukan ketika anda hendak membuka coffee shop atau usaha warung kopi. Rencana bisnis mencakup sebuah strategi mengenai coffee shop seperti apa yang hendak anda buat?

Bagaimana prospek ke depannya, apakah coffee shop yang anda buat itu benar-benar dapat bersaing di pasaran?  Bagaimana harga menu yang akan anda terapkan, apakah sepadan dengan kualitas?

Siapa target market yang anda incar? Siapa kompetitornya? Dan bagaimanakah rencana keuntungan yang akan anda dapat?

Semua itu harus anda pikirkan matang-matang dalam sebuah pola rencana bisnis anda.

2. Menentukan Target Market Yang Sesuai

Ketika sudah membuat daftar perencanaan secara garis besar, maka anda dapat merincinya kembali lebih mendalam. Anda harus mengetahui siapa target market yang akan anda tuju?

Apakah kalangan mahasiswa? Apakah kalangan anak muda yang hobi nongkrong? Atau kalangan eksekutif?

Penerapan target market yang sesuai akan sangat berpengaruh kepada keberhasilan coffee shop anda.

3. Merancang Budget Pengeluaran

Setelah anda sudah menemukan siapa target market yang anda incar, maka hal selanjutnya adalah anda harus merancang budget pengeluaran.

Berapa biaya yang akan anda siapkan untuk membuat konsep, merancang interior, eksterior, furniture, biaya bahan makanan, biaya pembelian perangkat mesin pembuat kopi, biaya promosi, dan biaya tak terduga lainnya.

Semuanya harus masuk secara terperinci ke dalam daftar pengeluaran anda. Perencanaan keuangan yang tepat tentunya akan menyelamatkan anda dari ledakan biaya pengeluaran tak terduga.

4. Membuat Konsep Yang Tepat

Konsep coffee shop juga harus dipikirkan dengan matang.

Coffee shop yang baik adalah jika didirikan dengan sebuah konsep yang rapi nan memikat.

Konsep itu mencakup berbagai aspek yang luas, tidak hanya seputar desain interior atau eksterior ruangan semata, melainkan presentasi makanan, tata cara pelayanan, seragam crew, furniture ruangan, maupun desain buku menu.

5. Membuat Logo

Logo merupakan hal yang juga tak kalah pentingnya bagi sebuah bisnis kuliner. Logo ibarat identitas restoran yang dapat membuat coffee shop tersebut berbeda dengan yang lainnya.

Oleh karena itu merancang sebuah logo diperlukan keseriusan. Aneka garis dan warna memiliki artinya masing-masing, sehingga membuat logo tidak boleh sembarangan.

6. Mencari Lokasi Serta Bangunan Yang Tepat

Setelah hal-hal dasar terpenuhi, maka anda dapat beranjak untuk mencari lokasi serta bangunan yang tepat. Pemilihan lokasi berkaitan dengan target market yang anda tuju.

Jika anda membidik mahasiswa, maka anda dapat memilih lokasi yang dekat area kampus. Jika anda membidik pegawai kantoran, maka pilihlah lokasi di area ruko maupun gedung-gedung bertingkat.

Jika coffee shop anda bernuansa minimalis, maka pilihlah bangunan yang bentuknya tidak terlalu rumit. Jika anda menginginkan nuansa alam dan luar ruang, maka pilihlah bangunan yang didominasi oleh ruangan terbuka.

7. Menentukan Desain Interior

Hal yang tak kalah penting ketika anda ingin membuka coffee shop adalah anda harus memikirkan desain interiornya. Ruangan coffee shop anda akan didominasi oleh warna apa, perlukah memakai wallpaper, menggunakan bahan apakah material lantainya, dan bagaimana bentuk ruangannya secara keseluruhan?

8. Menentukan Furniture Yang Memikat

Furniture pada coffee shop anda harus sesuai dengan konsep yang telah anda rancang. Contohnya jika titik berat konsep anda berkisar tentang nuansa alam, gunakanlah meja makan serta kursi kayu yang memancarkan nuansa hangat, alami, serta asri. Tambahkan pula aneka pot berisi tanaman-tanaman hijau.

9. Menentukan Desain Eksterior

Sudah selesai dengan interior kafe, mari beralih kepada desain eksterior, yakni bagian luar suatu bangunan. Desain eksterior bertujuan untuk menambah estetika atau nilai keindahan pada sebuah bangunan.

Dengan desain eksterior yang penuh seni, maka coffee shop anda akan terlihat semakin cantik, indah, dan juga menarik. Bagian yang satu ini juga harus saling berkesinambungan dengan nuansa bangunan secara keseluruhan.

Ada banyak tipe desain eksterior yang dapat anda pilih seperti gaya klasik, gaya oriental, gaya modern minimalis, dan masih banyak lagi.

10. Memastikan Kualitas & Rasa

Kualitas rasa makanan dan minuman merupakan nyawa sebuah bisnis kuliner.

Konsep warung kopi yang keren, desain ruangan yang top, atau harga makanan yang murah tidak akan berguna jikalau cita rasa hidangan yang anda sajikan berkualitas jauh di bawah standar.

Pastikan sajian anda menggunakan bahan – bahan yang segar dan berkualitas baik, sehingga hidangan anda menjadi lezat.

11. Mencari Pegawai Bandar Poker Online 

Mencari sumber daya manusia memang susah-susah gampang. Pegawai di sini mencakup koki, barista, maupun kasir yang handal.

Tentunya seluruh pemilik usaha ingin sekali mencari pegawai yang jujur, rajin, dan cekatan. Disarankan agar anda dapat selektif memilih pegawai yang akan bekerja di coffee shop anda, sehingga mereka dapat berjalan beriringan dengan visi dan misi anda.

12. Memastikan Untuk Memakai Point of Sale dari NadiPos

NadiPos terjun untuk memudahkan bisnis kuliner anda. Layanan dari NadiPos memudahkan para pemilik bisnis kuliner mencatat penjualan dan mengatur persediaan barang.

Dengan layanan dari NadiPos, anda dapat menjalankan operasional bisnis kuliner anda dengan lebih mudah. Anda juga dapat terhindar dari kesalahan maupun kecurangan manajemen yang mungkin terjadi.

13. Melakukan Promosi di Segala Bidang

Sudah lengkap semuanya? Ternyata belum. Apa artinya sebuah coffee shop jika tidak ada pengunjungnya?

Oleh karena itu untuk memberitahu publik mengenai coffee shop anda serta untuk menarik pengunjung agar mau datang, caranya adalah dengan melakukan promosi.

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, di berbagai bidang. Bisa melalui sosial media seperti Facebook, Youtube, dan Instagram.

Bisa juga melalui poster, flyer, ataupun media luar ruang lainnya. Jika anda memiliki budget lebih, maka anda dapat membuat event, atau menjadi sponsor acara tertentu.

Demikian tips yang dapat anda jalankan untuk panduan coffee shop anda. Teruslah melakukan inovasi dan jangan mudah menyerah. Jika anda gigih, maka coffee shop anda akan berjalan lancar dan memberikan hasil yang maksimal kepada anda.


BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya