Minggu, 14 Mei 2017

10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Besar

Tags


Periode pendaftaran masuk perguruan tinggi sudah mulai bermunculan. Tapi, adakah dari teman-teman yang masih kebingungan memilih jurusan apa yang kelak akan didalami di bangku kuliah? Apakah kamu ingin memilih jurusan favorit atau justru jurusan yang sepi peminat?

Tentu kita tidak ingin salah pilih jurusan, kan? Karena, jika telanjur memilih jurusan yang ternyata kurang sesuai dengan yang diharapkan maka akibatnya akan memakan sangat banyak biaya dan waktu.

Bagi mereka yang mengedepankan karier, pasti sebagian besar berencana untuk melanjutkan studi di jurusan-jurusan terfavorit seperti kedokteran, teknik, politik dan ekonomi. Tapi tahukah teman-teman bahwa sejumlah jurusan yang sepi peminat juga berpotensi menghasilkan di masa depan?

Seperti yang berikut ini akan diulas sepuluh jurusan kuliah yang kurang diminati, namun berpotensi mengantarkan kita ke kesuksesan di masa depan.

Apa saja? ini dia ulasannya seperti dikutip dari Tunaiku:


1. Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan memang terlihat sepi peminat, namun ternyata jurusan ini memberikan pengalaman yang sangat berguna. Kita akan belajar tentang cara pengumpulan, pengorganisasian dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di perpustakaan.

Dengan seringnya berkutat dengan sumber informasi, pastinya wawasan kita akan bertambah luas.


2. Kehutanan

Mengambil jurusan kehutanan bukan berarti setelah lulus akan menjadi penjaga hutan, loh. Banyak sekali bidang yang ditangani oleh kementerian kehutanan.

Apalagi hutan Indonesia semakin lama semakin menyempit, dan ini juga pastinya butuh pemikiran dan pengelolaan ahli kehutanan untuk menangggulanginya. Kamu juga pasti tahu, kan, kalau Presiden Joko Widodo adalah lulusan jurusan Kehutanan UGM? Bandar Poker Terpercaya

3. Filsafat

Dengan belajar filsafat, terintrepretasi bahwa kita sering menggunakan logika berpikir dan bahasa yang mendalam. Lulusan dari jurusan ini sangat potensial untuk berkecimpung dalam ruang lingkup penasihat. Contohnya penasihat dalam penelitian maupun sebagai penasihat negara.

4. Pendidikan Guru SLB

Peminat jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) untuk mendidik murid-murid normal memang sangat banyak. Namun disayangkan jumlah peminat jurusan Pendidikan Guru Sekolah Luar Biasa (PG-SLB) terhitung sangat minim.

Padahal, siswa-siswa berkebutuhan khusus juga membutuhkan guru yang berkompeten. Maka dari itu, banyak SLB yang tentu siap membuka peluang untuk mengajar setelah lulus pendidikan ini.


5. Ilmu Astronomi

Masih banyak mungkin yang belum mendapat gambaran karier yang bisa ditempuh dengan jurusan Ilmu Astronomi. Padahal, jurusan ini tidak selayaknya dianggap remeh.

Dengan kemampuan mengamati benda-benda angkasa, kita dapat memiliki peluang untuk melamar di badan astronomi negara bahkan tingkat Internasional seperti NASA yang notabene memberikan gaji yang fantastis.


6. Obat-obatan Tradisional

Ilmu tentang obat-obatan tradisional seharusnya banyak diminati di negeri yang kaya akan ramuan jamu ini. Prospek kerja jurusan ini sebenarnya cukup menjanjikan.

Seorang ahli obat tradisional yang menemukan sebuah zat obat baru dapat menghasilkan pundi yang cukup besar, apalagi jika menerapkan sistem royalti.

7. Sosiologi

Dengan moral bangsa yang kian menurun, lulusan Sosiologi pastinya akan semakin dibutuhkan di masa mendatang. Jika tidak menghasilkan, lulusan Sosiologi hampir pasti punya kemampuan mumpuni dalam menjalani kehidupan sosialnya, termasuk mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Hal itu menjadi alasan yg membuat mereka sangat mudah sukses dan menduduki jabatan penting di berbagai bidang.


8. Sastra Jawa

Sastra jawa tidak semestinya dipandang sebelah mata. Jurusan ini mempelajari fenomena budaya dalam bentuk karya sastra dalam bahasa jawa.

Dengan menguasai budaya jawa, tidak menutup kemungkinan lulusan jurusan ini untuk menjalin relasi dengan konglomerat-konglomerat di Jawa.

9. Seni Peran

Jurusan seni peran bukan melulu menghasilkan aktor dan aktris. Tetapi, dengan mempelajari jurusan seni peran, teman-teman dapat mengorek lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan dunia peran.

Contohnya, lulusan seni peran bisa bekerja dalam lingkup riasan wajah, penulis naskah, dan bahkan sutradara. Jadi, lapangan kerja yang ditawarkan tidaklah sesempit yang sebagian besar orang bayangkan. Bandar Poker Terbaik


10. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Jurusan ini kerap dipandang sebelah mata memang. Tapi bukankah negara kita adalah negara agraris di mana komoditas yang dihasilkan sebagian besar adalah hasil pertanian.

Jadi tidak perlu diragukan lagi bahwa mempelajari bidang ini akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk penghasilan perseorangan, tetapi juga untuk memperbaiki kualitas pertanian Indonesia.



EmoticonEmoticon