Sabtu, 06 Mei 2017

6 Kebiasaan Boros yang Seringkali Tidak Kamu Sadari

Pengeluaran sepele tapi cukup berdampak bagi pengeluaran kalian

Pola hidup yang konsumtif memang salah satu kebiasaan buruk yang dapat berakibat pada kondisi keuangan kalian. Pola hidup konsumtif paling sering dilakukan oleh generasi milenials yang cenderung masih tahap awal dalam dunia kerja. Biaya hidup yang belum terasa berat karena belum ada tanggungan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pola hidup boros yang mereka lakukan.


Namun sadarkah kalian bahwa kebiasaan boros memiliki dampak yang cukup signfikikan di masa depan. Apalagi bagi kalian yang berencana untuk melangsungkan pernikahan dan membeli rumah pertama pada beberapa tahun ke depan. Di mana hal tersebut pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan perlu dikumpulkan dari sekarang.

Lalu kebiasaan apa saja yang masuk dalam kategori boros dan perlu kalian kurangi agar mampu menabung lebih banyak di masa depan.
Simak penjelasanya dibawah ini.

1. Membeli Air Minum Kemasan


Air minum merupakan kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi setiap harinya. Meskipun demikian cara pemenuhan air minum dengan membeli air minum kemasan dapat menguras kantong jika dilakukan dalam waktu lama.

Harga air mineral ukurang sedang berkisar pada Rp 4000 – Rp 5000 per botolnya. Jika dalam satu hari kalian membeli air mineral artinya dalam sebulan biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 150.000 dan dalam setahun akan menjadi Rp 1.800.000. Uang sebesar ini cukup besar dan dapat kalian gunakan untuk investasi pada emas dan reksadana yang terbukti lebih menguntungkan.

Cara menghematnya kalian bisa memasak air sendiri atau membeli air galon yang lebih murah dibandingkan harus membeli air minum kemasan setiap harinya.

2. Langganan TV Kabel


Acara televisi yang itu itu saja menjadikan banyak dari kalian yang mulai berganti pilihan dengan berlangganan TV Kabel dirumah. Sehingga dengan cara seperti ini akan ada banyak pilihan program yang bisa kalian nikmati.

Nyatanya kalian bisa melakukan substusi tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan yang menguras kantong. Caranya kalian bisa manfaatkan layanan streaming yang banyak disediakan website secara gratis.

3. Berlangganan Majalah


Bagi kalian yang memiliki ketertarikan tertentu pada bidang teknologi, olahraga, dan hobi. Berlangganan majalah menjadi pilihan tepat untuk mengetahui berita dan informasi terupdate di bidang yang kalian sukai. Tapi hal yang memberatkan adalah harga majalah saat ini sudah mencapai Rp 50.000 untuk satu edisi.

Perhitungkan jika dalam satu bulan kalian harus membeli satu buah majalah. Maka dalam satu tahun biaya tersebut mencapai Rp 600.000 untuk berlangganan majalah saja.

Cobalah untuk berhenti berlangganan majalah dan menggantinya dengan informasi yang banyak tersedia di internet secara gratis. Atau kalian bisa juga berlangganan e-zine yang merupakan majalah digital yang bisa didapatkan lebih murah dibandingkan dengan majalah cetak.

4. Membeli Barang Bermerek


Barang yang bermerek memang memiliki sebuah prestise tersendiri saat kalian memilikinya. Namun yang menjadi permasalahan adalah harga barang yang bermerek lebih mahal dibandingkan dengan barang yang lainnya. Belum lagi barang bermerek sering kali memiliki harga yang diluar akal sehat sebab harganya yang terlampau mahal dibanding barang lain dipasaran.

Kalian bisa membeli barang lain yang memiliki harga yang lebih murah tapi memiliki kualitas yang sama baiknya dengan barang yang bermerek. Bijaklah dalam membeli barang dan jangan hanya terpaku pada merek saja dalam berbelanja.

5. Membeli Games Terbaru


Bermain games merupakan cara yang paling mujarab untuk menghilangkan bosan saat tidak ada hal yang kita kerjakan. Tapi bermain games memerlukan biaya untuk membeli game terbaru yang sedang banyak dimainkan oleh orang lain.

Jika hal ini kalian lakukan, maka biaya untuk membeli games ini dapat benar-benar menguras kantong kalian. Sebab harga games konsol seperti PS4 atau X-Box One mencapai angka ratusan ribu untuk yang asli.

Cara mengatasi hal ini adalah kalian tetap dapat menikmati games terbaru dengan meminjam dari teman atau sesama jaringan pecinta games yang ada. Jadi kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli games yang mahal.

6. Gadget Baru


Gadget baru memang menggoda kalian untuk memilikinya. Spesifikasi yang mutakhir ditambah dengan berbagai keunggulan yang dimiliki menjadikan kalian rela merogoh kocek dalam dalam untuk mendapatkan gadget terbaru.

Berpikirlah secara matang sebelum kalian membeli ,karena harga gadget tidaklah murah dan hal ini tentu akan mempengaruhi stabilitas keuangan kalian.

Jika gadget yang dimiliki masih dapat berfungsi dengan sebaiknya tunda dulu pembelian. Atau kalian bisa menabung sedikit demi sedikit agar beberapa bulan ke depan gadget tersebut dapat kalian beli secara tunai. Aduq