Selasa, 30 Mei 2017

Berawal dari Garasi, Cewek Ini Sukses Bisnis Jutaan Rupiah!

Tags

Masih mahasiswi, lho!

Sukses di usia muda merupakan impian hampir semua orang--bahkan mungkin termasuk kamu. Butuh banyak proses untuk mencapainya. Kamu haru bisa membuang keraguan, memulai usaha, dan menghadapi tiap masalah yang dengan percaya diri. Tak mudah, namun pada akhirnya hasilnya pasti akan memuaskan.


Salah satu kisah menarik yang patut disimak ialah cerita salah satu sosok penting di balik bisnis PUYO Silky Dessert. Perempuan itu bernama Eugenie Patricia. Tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa ia akan memiliki bisnis sendiri bersama sang kakak. Terlebih melakukannya di usia yang sangat muda, di mana ia merasa amat minim pengalaman dan pengetahuan. Seperti apakah kisahnya? Yuk, simak berikut ini!

Dibangun dari keterbatasan

screenshot-10-07fa486af53ea264edf6a039b81109f7.jpg
Sejak awal, PUYO Silky Dessert dibuat dengan cara mengakali banyak sekali keterbatasan. Untuk membeli kulkas dan bahan baku yang dibutuhkan, Eugenie dan sang kakak, Adrian, hanya bermodalkan uang 5 juta hasil pinjaman pada sang ayah. Untuk menghemat biaya, mereka menjadikan garasi rumah sebagai tempat untuk produksi puding.

“Di awal itu, aku dan kakak benar-benar hanya berdua. Kita bikin puding secara homemade di rumah. Karena dulu belum ada layanan ojek online, untuk pengantaran pun kita mengandalkan kurir. Bahkan sering juga antar sendiri,” ujar Eugenie.

screenshot-11-b0ba6e43a3e2c9cef1f06be502e45a8c.jpg
Puding yang dijual pun tak lantas tecipta begitu saja. Mereka berkali-kali mengalami proses trial and erroruntuk menemukan resep puding dengan rasa nikmat serta warna menarik. Untuk awal distribusi, mereka gencar menyebarluaskan info PUYO Silky Dessert di media sosial serta berjualan di berbagai bazaar.

Usaha tersebut terbukti tidak sia-sia. Dijalankan pertama kali pada pertengahan 2013, kini bisnisnya tersebut telah memiliki sekitar 34 outlet yang tersebar di Jabodetabek, Karawang, dan juga Bandung. Berawal dari hanya Eugenie dan sang kakak, kini mereka berdua mampu mempekerjakan lebih dari 100 karyawan untuk area produksi, manajemen, dan operasional.

“Hingga saat ini, aku sama sekali belum pernah reinject modal. Jadi, dari pinjaman modal 5 juta, penghasilan yang kami terima itu benar-benar kami putar terus untuk bisa membesarkan usaha ini hingga seperti sekarang,” ujar mahasiswi dari Prasetya Mulya Business School ini.

Sempat alami keraguan

screenshot-8-a7b5762f84e288889ad52be1c9efac4b.jpg
Kesuksesan yang dialami sekarang tak lantas terjadi begitu saja. Banyak sekali ujian yang dialami Eugenie Patricia, yang berkali-kali membuatnya ragu untuk meneruskan bisnis ini. Dulu, fenomena bisnis anak muda tidaklah seramai sekarang; tak jarang Eugenie diremehkan oleh teman-teman dan orangtua mereka mengenai usahanya. “Terlebih bagi mereka, yang aku jual hanyalah puding,” pintanya.

Pandangan seperti itu sempat membuat Eugenie minder dan ragu. Terlebih, kala itu ia masih berusia 19 tahun dan baru saja kuliah. Ia merasa tak memiliki banyak pengetahuan ataupun pengalaman.
“Sesimpel cara membuat MOU atau negosiasi dengan orang yang lebih tua saja aku dulu gak ada [pengalaman]. Sempat mikir, apa mungkin aku berhenti saja dan fokus kuliah. Waktuku juga jadi banyak tersita untuk ini; padahal ada keluarga, teman, dan juga tugas kuliah yang harus aku tangani,” ujar Eugenie.

Beruntung, Eugenie dikelilingi oleh keluarga yang percaya penuh pada kemampuannya. Meski sempat mengalami banyak keraguan, ia pun memutuskan untuk terus maju dan tak menganggap pusing komentar negatif yang datang dari orang sekitar. Tak lupa ia terus berkonsultasi dengan kedua orangtuanya untuk mendapatkan motivasi agar berani #StartNow dan terus melangkah.

“Akhirnya aku belajar bahwa kalau sudah punya mimpi dan modal untuk mengejarnya, kita perlu konsisten mewujudkannya. Jangan malu akan mimpimu dan jangan mudah menyerah. Gak masalah gagal berkali-kali; yang penting kamu itu telah mencoba dengan maksimal,” ujar Eugenie membagikan pengalamannya.

Berkaca dari pengalaman Eugenie Patricia, kita pun belajar bahwa hambatan akan selalu hadir di tiap langkah kita. Pilihannya hanyalah dua: apakah hambatan tersebut akan menghentikan langkahmu, atau justru memacumu untuk berani melangkah?
Untuk itu, pastikan bahwa kamu memiliki modal yang kuat untuk bisa menghadapi setiap keraguan yang muncul. Modal ini bisa dikembangkan dari diri sendiri, yakni dengan membangun kepercayaan dirimu. Carilahsupport system yang dapat membantumu mengeluarkan pesona dirimu, seperti rangkaian perawatan wajah Garnier Light Complete. Ampuh menghilangkan minyak berlebih pada wajah, kepercayaan dirimu pun akan meningkat berkat wajah yang cerah dan bercahaya. Segera #StartNow dimulai dari diri sendiri, niscaya kamu akan mampu melangkah ke jenjang yang lebih tinggi! Domino QQ