Rabu, 20 Juni 2018

The Iceberg Illusion Sebagai Wujud Sukses Sesungguhnya

Tatkala masuk dalam bahasan “The Iceberg Illusion Sebagai Wujud Sukses” ada beberapa kalimat tanya yang sejatinya juga layak kita ajukan pada diri sendiri, tentu agar kita mampu merefleksikan kemampuan yang ada pada tubuh pun otak kita ini. Yaitu kalimat tanya yang terkait dengan definisi “sukses” menurut kita.  Situs Judi Online

Bagaimana mengartikan sebuah kesuksesan itu?
Apakah kesuksesan itu diukur dari berapa besar pendapatan?
Apakah kesuksesan itu dilihat dari jabatan sekarang?
Ataukah kesuksesan itu berdasar pada gelar yang dimiliki?

Well, setiap orang akan mendefinisikan kesuksesan, -termasuk juga kesuksesan dalam berbisnis- dengan cara berbeda,. Tapi, bukan rahasia jika kebanyakan orang melihat kesuksesan hanya berdasar pada apa yang tampak enak dan terasa manis di luarnya saja. Yaitu memandang kesuksesan hanya berdasar kekayaan, besarnya bisnis yang dikelola, tingginya jabatan, besarnya gelar, senioritas, dan lain sebagainya yang tampak gemilang dan membanggakan. Padahal, kesuksesan yang sesungguhnya jauh lebih besar dan kompleks dari itu semua.


Sylvia Duckworth, seorang sketchnoter, trainer, dan innovator bersertifikat Google menggambarkan wujud kesuksesan yang sesungguhnya dengan sebuah ilustrasi gunung es atau yang dikenal juga dengan sebutan The Iceberg Illusion.

Dengan ilustrasi sebagaimana gambar terlampir, Sylvia Duckworth berusaha memberi gambaran bahwa kesuksesan sejati memiliki dua sisi yang sangat berlawanan, mirip dengan sebuah gunung es atau iceberg.

Dari sana dapat dicermati bahwa kebanyakan orang memandang sebuah kesuksesan masih sebatas pada bagian permukaannya saja. Sebaliknya, mereka kerap melupakan bahwa di balik itu semua, kesuksesan hadir dengan segala sisi gelap yang menyertai. Ada kerja keras, pengorbanan, menelan rasa asin, pahit, getir, juga merasakan dikecewakan.

Seperti sebuah gunung es, kesuksesan memiliki bagian yang tak tampak dari permukaan, tenggelam, gelap, dalam, dan mengerikan.

Orang bijak berkata, “Tak ada sesuatu yang instan, segalanya butuh perjuangan dan pengorbanan,” kira-kira hal ini juga yang ingin diungkapkan Sylvia melalui ilustrasi Iceberg Illusion-nya. Sebuah kesuksesan, baik itu sukses berbisnis, sukses berkarir, dan lain-lain, pasti datang dengan segala perjuangan dan pengorbanan yang menyertainya, yang sering kali orang lain tak menyadarinya.

The Iceberg Illusion Sebagai Wujud Sukses Sejati

Di bawah ini adalah beberapa poin yang patut digarisbawahi dari ilustrasi gunung es milik Sylvia Duckworth terkait The Iceberg illusion sebagai wujud sukses yang sebenarnya.  Bandar Poker Online 

Kegigihan

Perlu dicatat bahwa kegigihan merupakan salah satu kunci utama dari kesuksesan. Setiap orang yang telah berada di puncak kesuksesannya pasti sadar, bahwa tak ada kesuksesan yang bisa didapat dalam waktu semalam. Semuanya membutuhkan kegigihan dan konsistensi untuk tetap berjuang dalam mendapatkannya.

Menerima Kegagalan

Kegagalan dalam perjuangan dan usaha merupakan suatu hal yang wajar. Setiap orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Poin pentingnya adalah bagaimana kita menerima kegagalan tersebut dan bangkit serta menjadikannya sebagai suatu pelajaran.

Pengorbanan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tak ada kesuksesan yang hadir tanpa pengorbanan. Sebagai contoh, Anda harus rela mengorbankan waktu dan tenaga untuk konsisten mengejar kesuksesan yang anda cita-citakan.

Kekecewaan

Seperti halnya kegagalan, kekecewaan adalah suatu hal yang wajar. Anda bisa saja dikecewakan oleh seseorang, hasil kerja, dan lain sebagainya. Terimalah, itu adalah proses menuju kematangan dalam meraih kesuksesan.

Kebiasaan Baik / Good Habits

Untuk mencapai sebuah kesuksesan, kita harus mengubah kebiasaan yang ada dalam diri kita  menjadi lebih baik. Sebagai contoh, disiplin terhadap waktu. Kedisiplinan bisa jadi kebiasaan baik bagi kita dalam mencapai kesuksesan. Meskipun terasa berat, namun hal tersebut tentu saja harus tetap dibiasakan.

Kerja Keras

Kerja keras merupakan salah satu kunci utama dalam meraih kesuksesan. Namun, hal ini bukan berarti bahwa Anda harus memaksakan diri untuk bekerja hingga di luar batas kemampuan Anda. Anda hanya perlu fokus dalam menjalankan apa yang tengah Anda geluti, dengan kegigihan dan konsistensi seperti yang telah dibahas dalam poin sebelumnya.

Dedikasi

Dedikasi adalah sebuah pengorbanan jiwa dan raga demi keberhasilan satu usaha yang mempunyai tujuan mulia. Dedikasi ini bisa juga berarti pengabdian untuk melaksanakan cita-cita luhur dan diperlukan adanya sebuah keyakinan yang teguh. Anda akan memiliki dedikasi yang tinggi jika anda memiliki passion yang kuat terhadap apa yang Anda kerjakan. Maka dari itu, segera temukan passion Anda, dan tekuni mulai sekarang juga!

Jadi, apabila Anda telah menetapkan kesuksesan sebagai salah satu tujuan hidup Anda, alangkah baiknya Anda mulai membiasakan diri dengan apa yang berada di “sisi bawah” dari fenomena gunung es!