Minggu, 29 Januari 2017

7 Cara Gunakan Kartu Kredit Secara Bijak

Tags

Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya
Sukses memiliki kartu kredit bukan berarti berhasil menggunakannya dengan tepat. Menggunakan kartu kredit harus bijak karena sebenarnya Anda sedang berutang pada bank. Layaknya segala macam utang, utang kartu kredit juga wajib dilunasi.



Jika gagal melunasi tagihan kartu kredit sesuai dengan waktunya, Anda akan dikenakan bunga yang relatif tinggi yaitu 2,75 persen- 3 persen setiap bulannya.

Memiliki kartu kredit juga dapat mendorong perilaku konsumtif, karena secara tidak langsung Anda tidak akan merasakan “uang akan habis”. Hal ini akan berdampak pada kondisi finansial pribadi dan keluarga.

Untuk itu anda perlu menggunakan kartu kredit dengan bijak. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Belanja sesuai rencana

Salah satu cara untuk mengendalikan pengeluaran adalah dengan berbelanja sesuai dengan rencana anggaran yang telah disusun. Hal ini memang tidak mudah, tetapi Anda harus berusaha untuk mengkontrol diri agar pengeluaran tersebut dapat dipakai untuk hal lainnya yang lebih penting. Dengan berbelanja sesuai rencana, Anda pun akan menerapkan kebiasaan belanja yang sehat secara finansial.

2. Jangan menarik uang tunai dengan kartu kredit

Kartu kredit dapat digunakan pada mesin ATM untuk mengambil uang tunai layaknya kartu debit. Walaupun begitu, anda harus ingat bahwa bank mengenakan biaya tarik tunai yang lumayan tinggi, yaitu 4 persen-5 persen dari total jumlah uang yang ditarik.

Bunga ini akan memberatkan jika memang Anda mempunyai anggaran bulanan yang ketat. Sebisa mungkin usahakan untuk tidak menggunakan fasilitas tersebut.

3. Manfaatkan promo tetapi jangan mudah tergiur

Promo yang diberikan kartu kredit beragam dan berbeda-beda, pihak bank dan merchant sering mengadakan kerja sama yang menawarkan potongan harga, cashback atau gratis produk jika Anda menggunakan kartu kredit terbitan bank tersebut untuk transaksi. Agen Bandarq

Potongan harga adalah diskon yang diberikan untuk potongan harga belanja, sehingga Anda mendapatkan barang tersebut dengan harga yang lebih murah.

Cashback atau pengembalian uang tunai, sama sistemnya dengan diskon, hanya saja bedanya adalah pada cashback, potongan diberikan pada akhir transaksi, bisa saja berupa voucher belanja.

Memang promo itu menguntungkan, tetapi jika pembelanjaan tersebut di luar daripada budget Anda, sebaiknya urungkan niat tersebut. Jangan mudah tergiur dengan promo tersebut karena hal tersebut akan membuat Anda menjadi konsumtif.

4. Selalu memeriksa tagihan

Memeriksa tagihan dengan cermat adalah salah satu cara untuk melakukan penghematan. Mungkin saja di antara tagihan tersebut terdapat transaksi yang tidak dilakukan, atau mungkin saja nominal transaksi tidak sesuai dengan seharusnya.

Anda akan terhindar dari potensi kerugian jika tagihan diperiksa dengan benar. Jika memang terdapat kesalahan pada tagihan, segera hubungi pihak kartu kredit untuk mengajukan complain.

5. Jangan memiliki terlalu banyak kartu kredit

Maksimal pemilikan kartu kredit adalah 3 buah, semakin banyak kartu kredit yang dimiliki bukanlah keuntungan untuk Anda. Alasan pertama adalah Anda harus mengeluarkan dana ekstra untuk membayar biaya iuran tahunan.

Selain itu, Anda pun akan tergiur untuk memakainya karena merasa bahwa limit Anda masih belum maksimal. Hal ini akan menjerumuskan diri sendiri, oleh karena itu, jika ada tawaran aplikasi kartu kredit dari bank lain, tolak saja demi kesehatan finansial Anda.

6. Simpan kartu kredit jika tidak diperlukan

Jangan selalu menggunakan kartu kredit, hanya gunakan kartu kredit jika transaksi tersebut menguntungkan, atau jika Anda membutuhkannya. Simpanlah kartu kredit tersebut di rumah dan jangan dibawa kemana-mana agar Anda tidak tergiur untuk memakainya.

Selain itu, jika berniat untuk menghentikan fasilitas kartu kredit tersebut, ikutlah proses dan tahapannya dengan benar agar tidak ada masalah serta kerugian bagi di kemudian hari.

7. Bayarlah tagihan sepenuhnya dan tepat waktu

Kunci agar Anda terhindar dari utang kartu kredit adalah dengan membayar tagihan sepenuhnya dengan tepat waktu. Kelalaian pembayaran akan membuat Anda dikenakan biaya pinalti dan bunga kredit yang cukup tinggi. Hindari ketelatan dan kegagalan pembayaran agar tidak terjerat utang.


Agen Bandarq Terbaik | Domino 99 | Poker Online Terpercaya

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2839195/7-cara-gunakan-kartu-kredit-secara-bijak