Rabu, 19 Juli 2017

8 Ide Usaha Kerja Sampingan Paling Mudah Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Tags



Peluang kerja sampingan untuk pelajar maupun mahasiswa yang paling tepat adalah yang tidak mengganggu jadwal belajar serta waktu kuliah. Lalu jenis apa pekerjaannya? Situs QQ Terpercaya

Ulasan kali ini akan memberikan beberapa gambaran tentang peluang usaha atau kerja sampingan yang cukup mudah, dan tentunya setiap pelajar dan mahasiswa tidak akan pernah sulit untuk melakukannnya.

Contoh usaha sampingan untuk pelajar dan mahasiswa
Konsep bisnis sampingan yang paling ideal berikut ini masih dibagi dalam dua sub category yaitu adalah model bisnis online dan bisnis offline.

Bisnis online sebagai usaha sampingan
Pada poin pertama ini sepertinya sudah tidak asing lagi bahwa sekarang adalah jaman digital yang serba cepat dengan adanya akses internet. Dan kami rasa setiap pelajar dan mahasiswa sudah paham apa itu fungsi dari internet.

Ada 4 model bisnis online yang pantas untuk dicoba jika kamu memiliki cukup waktu luang disela sela aktifitas belajar di sekolah atau di kampus.

#1 Konten writer

Istilah umumnya adalah seorang penulis artikel. Namun disini adalah mengacu pada aktifitas sebagai seorang penulis bayaran yang disewa atau dipesan oleh pengelola sebuah web atau blog.

Penghasilan yang diperoleh adalah sejumlah nilai jual atau harga dari setiap artikel yang diciptakan.

Saat ini harga artikel berbahasa Indonesia dengan panjang antara 300 hingga 500 kata dapat dijual dengan nilai antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000

Lalu untuk artikel berbahasa Inggris sudah tentu akan memiliki nilai jual yang lebih mahal bahkan bisa sampai Rp 30.000 per artikel dengan kualitas baik.

Sebuah pekerjaan ringan bagi yang memiliki bakat menulis. Kalkulasikan saja jika kamu mampu membuat 10 artikel setiap harinya. Penghasilan yang fantastis bukan?

#2 Youtuber

Mempunya video original buatan kamu, jangan di sia siakan dan disimpan saja. Lebih baik coba dibagikan melalui situs YouTube.

Siapa tau bisa booming dan meraih tayangan yang luarbiasa dari penonton. Ini nantinya yang akan dapat dikonversi menjadi sumber penghasilan uang dari internet dengan cara paling mudah.

#3 Blogger

Poin ini tidak jauh dari yang pertama yaitu menjadi seorang blogger dimana ia melibatkan seorang penulis artikel.

Jika kamu sudah mahir menulis konten artikel untuk dijual, maka akan lebih baik kalau konten kamu juga ada yang diterbitkan sendiri melalui situs blog.

Ada dua pilihan membangun blog yaitu berbayar atau gratisan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sesuai dengan kapasitas yang kamu miliki saat ini.

Sumber penghasilan seorang YouTuber maupun Blogger juga tidak jauh berbeda, yaitu dari produk iklan yang tayang pada mesia mereka. Selangkapnya bisa disimak dengan mengikuti tautan link di atas.

#4 Programmer

Handal dalam membuat program program sedehana juga bisa menjadi bentuk usaha sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa.

Sebagai contoh adalah menciptakan program komputer untuk mendukung sistem akutansi atau keuangan yang basicnya hanyalah seperti program exel.

Aktifitas ini juga tidak memerlukan mobilitas dilapangan sehingga waktu belajar ataupun jadwal kuliah yang padat tidak akan banyak terganggu.

Simak juga:

Memulai bisnis online dengan cara paling mudah dan sederhana
Peluang kerja sampingan diluar jam belajar
Poin kedua ini adalah beberapa konsep bentuk usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh seorang pelajar dan mahasiswa secara offline.

Selain hanya berupa usaha kecil, tentunya kegiatan ini harus bisa dikerjakan secara santai dan tidak mengganggu jadwal belajar.

Meskipun demikian, peluang untuk memperoleh penghasilan dari usaha sampingan ini jangan pernah di anggap remeh.

Sudah banyak mereka yang sukses tanpa menduga sebelumnya karena pada dasarnya hanya dikerjakan secara santai di sela sela kesibukan aktifitas belajar dan kuliah.

Berikut ini adalah beberapa contoh konsep bentuk peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa secara offline.

#1 Bimbingan belajar atau kursus privat

Memberikan kursus pribadi atau bimbingan belajar kepada anak anak SD contohnya. Ini adalah sebuah ide usaha sampingan yang layak untuk kamu pertimbangkan.

Dengan mengatur jadwal yang tepat tanpa mengganggu aktifitas kuliah, tentu waktu luang kamu akan berubah menjadi sebuah profit penghasilan.

Untuk memulai mengenalkan jasa ini, ada baiknya kamu coba dengan memberikan bimbingan belajar kepada anak tetangga yang terdekat. Jika memang kamu memiliki value, maka sudah pasti informasi akan cepet tersebar meskipun hanya dari mulut ke mulut orang tua anak tersebut.

#2 Jasa printing (Percetakan)

Membuka jasa percetakan yang dimaksud disini bukanlah sebuah perusahaan besar. Namun hanya sebatas bisnis sampingan sederhana dengan memanfaatkan sarana yang terbatas pula.

Misalkan saja kamu memiliki printer komputer. Dari pada sering di diamkan apa salahnya jika kamu membuka jasa printing meskipun dalam skala kecil untuk area lingkungan sekitar saja.

Di saat sekarang ini semuanya serba cetak, cobalah menawarkan jasa desain kartu nama, undangan, atau bahkan desain kaos dll.

Jika memang spesifikasi alat yang kamu miliki masih terbatas, maka carilah chanel yang dapat mengerjakan barang pesanan tersebut dan kamu hanya bertindak sebagai penerima order.

Seting harga pasaran dengan sedikit lebih rendah dari harga yang dipatok oleh perusahaan jasa printing besar namun upayakan hasil pekerjaan yang maksimal.

Mendapat 2 atau 3 konsumen dalam seminggu tentunya dapat menjadi modal awal mengembangkan usaha sampingan yang awalnya hanya sekedar pengisi waktu luang belaka.

#3 Bisnis jualan pulsa

Sekarang ini siapapun akan membutuhkan pulsa seluler karena sudah menjadi kebutuhan pokok yang sulit untuk ditinggalkan.

Bisnis sampingan menjula pulsa juga tidak memerlukan sarana yang besar ataupun mahal. Cukup memanfaatkan smartphone dan mendaftarkannya pada distributor pulsa electrik, kamu sudah bisa memulai katifitas mengisi pulsa miliki orang lain.

Pada awalnya bisa kamu lakukan hanya dengan melayani teman, ataupun tetangga sekitar saja. Namun jika memungkinkan dan prospeknya cukup menjanjikan maka tidak salah jika kamu menekuni bisnis ini lebih serius dengan membuat konter pulsa kecil kecilan.

#4 EO (Event Organizer) skala kecil

Memiliki relasi yang luas di kampus ataupun di sekolah mungkin juga bisa kamu manfaatkan untuk membangun sebuah bisnis.

EO adalah sebuah bentuk organisasi yang mengatur segala bentuk kegiatan atau acara acara tertentu mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya.

Untuk sekala kecil kamu bisa membuat team yang membuka jasa desain acara pesta ulang tahun anak anak dari lingkungan sekitar saja.

Untuk tahap belajar setidaknya sebuah event kecil akan memberikan pengalaman dasar tentang bagaimana cara membuat sebuah acara berjalan sukses tanpa ada kendala.

Selanjutnya jika kamu sudah cukup mumpuni maka perlu dicoba untuk beranjak pada event yang agak besar seperti acara pernikahan atau bahkan event hiburan yang di danai oleh sebuah produk sponsor.Situs poker online

Sudahkah ada gambaran yang mana salah satu di antara beberapa contoh bentuk peluang usaha kerja sampingan di atas yang paling sesuai dengan keahlian kamu.

Kenapa harus menunggu lebih lama, segeralah beraksi karena kesuksesan hanya akan dapat diraih seiring bertambahnya pengalaman sembari melakukan pembelajaran tanpa harus menunggu sempurna.