Jumat, 14 Juli 2017

Peluang Usaha Ternak: Budidaya Kroto Terbukti Sangat Menguntungkan


Cara Praktis Budidaya Kroto – Harga jual kroto yang mahal adalah alasan ini menjadi salah satu usaha ternak yang menguntungkan, walaupun tidak berlaku secara fluktuatif. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu kroto, kroto ini sendiri merupakan salah satu campuran antara lava yang dihasilkan oleh semut rangrang. Domino Poker

Sebelumnya, kroto ini sendiri, banyak diburu dialam bebas. Namun karena ketersediannya semakin langka, maka banyak sekali saat ini peternak yang tertarik untuk melakukan budidaya kroto ini diarea rumah mereka. Melakukan budidaya ternak kroto, merupakan salah satu langkah yang terbilang cukup mudah dilakukan.

Cara ini, merupakan jalan keluar untuk selalu mendapatkan kroto secara kontinyu, mengingat saat ini ketersediaan kroto dialam bebas cenderung makin menurun dan bahkan langka. Sedangkan permintaan pasar semakin besar ketika para penghobi burung kicau semakin meluas.

Tahap dan cara memulai usaha ternak budidaya kroto di rumahan
Bagi anda yang berminat untuk melakukan ternak kroto ini, maka anda bisa mencobanya dengan beberapa langkah dan cara yang praktis serta mudah dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai cara prkatis dalam melakukan budidaya kroto yang mana bisa menjadi salah satu rekomendasi cara menarik untuk anda coba.

#1 Menyiapkan bibit koloni
Bibit koloni ini, merupakan salah satu jenis bibit yang bisa didapat dari hasil tangkapan dialam bebas. Atau bisa anda dapatkan dari petani lainnya.

Bila anda mendapatkan kesulitan dalam memilih bibit koloni alam, maka anda bisa membeli dari peternak lainnya. Biasanya untuk harga per liternya memang cukup mahal, kisaran 100 hingga 150 ribu.

#2 Membuat kandang

Kandang kroto ini sendiri, bisa dibuat dengan bahan paralon yang mana untuk perawatannya memang cenderung lebih praktis.

Anda hanya perlu untuk memotong paralon dengan panjang yang disusun kedalam rak. Kemudian anda bisa meletaknnya disetiap kaki rak diatas plastik.

Lakukan penggenangan dikaki rak, agar nantinya koloni smeut tidak kabur. Setelah itu, susun daun – daun dalam paralon, agar nantinya smeut – semut bisa bersarang didalamnya. Terbarkan bibit koloni semut kedalam paralon.

#3 Menebarkan bibit koloni
Setelah berhasil membuat sarang, anda mesti meletakan koloni semut rangsang ini ke dalam kandang atau sarang yang tadi dibuat. Potong botol plastik yang berisi bibit kroto, dan buka toplesnya.

Letakan diatas tumbukan paralon dan setelah itu, sediakan pakan berupa gula, agar nantinya semut bisa kerasan disarang barunya.

#4 Pemberian pakan
Pakan untuk kroto ini sendiri bermacam – macam.mulai dari belalang, jangkrik, cicak, belalang, hingga ulat dan jangkrik yang mana bisa diebus terlebih dahulu agar nantinya tidak membusuk dan bau.

Asupan protein dengan lemak sangat baik untuk semut rangrang ini. Gunakan tatakan berentuk ceper, dan leatakan pakan dirak samping sarang semut ini. Masukan langsung kesarang semut, jika pakan tersebut berjenis pakan hidup. Seperti belalang, dll.

#5 Pemanenan kroto
Kroto akan siap panen jika secara teroritis memiliki umur daur selama 15 hingga 20 hari. Memanen ini sendiri, bisa dilakukan setelah sarang semut sudah penuh dengan terlu kroto berwarna putih.

Kroto bisa dipanen 15 hingga 20 hari. Sebaiknya pada awal budidaya, biarkan bibit koloni ini berkembangbiak. Hingga populasinya bertambah. Setelah 6 bulan, maka anda bisa memanennya selama 2 kali dalam setiap 1 bulannya. Situs QQ

Berikut ini adalah perhitungan harga modal serta harga pasaran untuk kroto per 1 kg:

KROTO:
> Kroto Rp. 175.000,- Per Kg

BIBIT KROTO:
> Per Toples @ Rp. 30.000,-
> Diatas 50 Toples @ Rp. 29.000,- (Bonus 1 Ratu)
> Diatas 100 Toples @ Rp. 28.000,- (Bonus 2 Ratu)

RATU:
> Ratu  Semut Rp.65.000,- Per Ekor

Sumber agen kroto: http://distributorkroto.blogspot.co.id/p/harga.html

Demikian beberapa ulasan mengenai cara praktis dalam melakukan budidaya kroto yang bisa menjadi salah satu sarana untuk anda dalam bertenak kroto dengan mudah. Selamat mencoba.