Sabtu, 15 Juli 2017

Usaha Ternak Hewan Yang Terbukti Menguntungkan di Lahan Sempit


Membuka usaha ternak hewan bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan dan tentunya tidak harus memiliki lahan yang luas jika anda cermat dalam memilih jenis budidaya apa yang paling ideal dengan lokasi yang sempit. Domino terpercaya

Usaha ternak khususnya hewan yang besar seperti kambing, sapi, bahkan ayam ataupun bebek akan lebih tepat jika dijalankan oleh masyarakat yang berdomisili di kampung atau pedesaan.

Lantas jenis ternak apa yang dapat dilakukan bagi masyarakat yang sudah memasuki kawasan kota dengan keterbatasan lahan yang minim?

7 Contoh usaha ternak yang dapat ditekuni dan bisa dijalankan pada lahan yang terbatas
Pada dasarnya usaha ternak yang menguntungkan dan dapat dilakukan pada lokasi atau lahan sempit memanfaatkan halaman dan sekitar rumah adalah masih erat kaitannya dengan hobi.

Jadi bisa dibilang pekerjaan ini sangat menyenangkan bagi yang menjalaninya karena merupakan hobi yang bisa mendatangkan penghasilan.

Berikut adalah beberapa contoh jenis usaha budidaya hewan yang berpotensi dapat memberikan penghasilan dan telah terbukti sangat menguntungkan:

Ternak burung kicau
Ternak belut didalam drum
Beternak kelinci
Budidaya jangkrik pakan burung
Ternak ikan hias
Beternak kucing ras
Ternak hewan reptile hias

#1 Beternak burung kicau yang tidak ada matinya
Bagi seseorang yang sudah hobi dengan burung kicau tentunya dapat membidik peluang bisnis dan usaha ini selain untuk dinikmati sendiri tentunya juga sangat berpotensi bisa menghasilkan keuntungan dengan melakukan pengembang biakan.

Untuk jenis burung kicau yang langka, meskipun cukup rumit cara penangkarannya namun tetap dapat dipelajari jika anda memang serius untuk menjalankan bisnis ini.

Pada proses penjajakan biasanya memang banyak menelan biaya sambil belajar, namun jika sudah berhasil sekali saja maka selanjutnya adalah panen keuntungan karena jenis burung kicau non lokal memiliki harga yang cukup fantastis, dan peminatnya tetap tidak akan pernah habis.

#2 Budidaya belut didalam drum
Dengan lahan yang terbatas, membudidayakan belut sudah bukan hal sulit untuk dilakukan.

Potensi penghasilan dari usaha ternak belut cukup menjanjikan mengingat banyak sekali olahan makanan yang membutuhkan bahan baku belut ini.

Untuk mengetahui lebih lengkap dan detail perhitungannya, bisa disimak pada artikel yang mengulas tentang cara budidaya ternak belut menggunakan media drum.

#3 Beternak kelinci potong dan hias
Dua jenis kelinci ini memiliki pasar yang berbeda, bagi penggemar kelinci hias tentunya akan mengutamakan ras kelinci yang baik sebagai perlombaan atau sekedar untuk dipelihara dirumah.

Harga kelinci hias cukup menggiurkan, sedangkan untuk pengembang biakan nya cukup mudah dan bisa dilakukan pada lokasi yang sempit.

Demikian pula untuk kelinci potong, yang mana sudah banyak rumah makan atau resto yang membutuhkan pasokan daging kelinci sebagai olahan menunya.

Meskipun harga kelinci potong masih jauh dibawah kelinci hias, namun karena budidayanya yang terbilang cukup mudah, bahkan satu induk bisa beranak hingga 3 sampai 7 ekor, maka potensi keuntungan tetap ada didepan mata.

#4 Budidaya jangkrik pakan burung kicau
Menyikapi dari poin yang pertama diatas, bahwasannya peminat burung kicau tidak pernah ada matinya, maka pasokan pakan tentunya juga sangat dibutuhkan.

Bukan hanya bagi penggemar yang memiliki burung kicau, namun untuk yang bergerak dalam bisnis peternakannya pun sudah tentu memerlukan pasokan pakan yang mencukupi.

#5 Ternak ikan hias
Satu lagi hobi ternak hewan yang akan memberikan penghasilan besar adalah budidaya ikan hias.

Banyak sekali jenis ikan hias yang memiliki prospek menjanjikan karena harga jualnya yang terbilang cukup fantastis, bahkan dapat mencapai harga jutaan per ekor diantaranya adalah:

Ikan arwana
Ikan berta
Budidaya ikan mas
Ikan koi dan masih banyak lagi.
Hobi yang satu ini justru bisa dikatakan paling spektakuler sebab sudah banyak kisah sukses dengan beternak ikan hias yang kemudian pasarnya mampu menembus ekspor.

#6 Beternak kucing ras persia, angora
Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan hewan piaraan yang satu ini. Selain terkenal akan harganya yang sangat tinggi, jenis kucing ras tetap memiliki penggemar yang tidak pernah ada matinya.

Untuk anakan berumur 2 bulan, jenis kucing ras yang masih asli dan bersertifikat harganya bisa mencapai jutaan, belum lagi yang sudah dewasa dan pernah mengikuti kontes maka bisa mencapai puluhan juta.

Jika modal terlalu berat, mungkin bisa anda coba terlebih dahulu mengembang biakan jenis jenis keturunan Persia. Biarpun tidak tergolong kelas premium, harga kucing hias masih kisaran ratusan ribu untuk anakan.

Sedangkan perkembang biakan kucing terbilang sangat cepat yaitu setiap 4 bulan sudah melahirkan anak lagi antara 3 hingga 6 ekor setiap induknya.

#7 Ternak hewan reptil hias
Beberapa jenis reptile unik, langka maupun non lokal ternyata cukup banyak peminatnya yang memelihara sebagai hobi. Domino 99 terpercaya

Seperti berbagai jenis ular dan kura kura adalah yang paling populer dikalangan pecinta reptile. Harganya pun terbilang sangat tinggi jadi masih sangat potensial menjadi lahan bisnis dan usaha rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan untuk ditekuni.