Sabtu, 30 September 2017

Kata Kemenkeu Soal Surat dari Bos Freeport


Kebocoran surat instansi pemerintahan kembali terjadi. Setelah sebelumnya surat dari Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Menteri Badan usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) soal status keuangan PT PLN (Persero) bocor, kini giliran surat tanggapan dari CEO Freeport McMoran Inc, Richard Adkerson kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga bocor.  Domino 99 terpercaya


Surat tersebut berisi penolakan skema divestasi atau pelepasan saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen kepada pemerintah. Surat dari Richard Adkerson tersebut ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto.

Dikonfirmasi mengenai surat tersebut, Hadiyanto berkelit. Dia mengaku belum menerima, apalagi membaca isi surat dari bos perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) itu.

"Surat? Saya belum terima suratnya. Kalau surat itu ditujukan ke saya, kan harusnya saya terima. Mungkin belum sampai ke saya ya," kata Hadiyanto saat ditemui wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Dia mengaku akan mengecek surat tersebut. "Akan kami cek suratnya ya. Yang pasti saya belum menerima surat itu secara resmi," tuturnya.

Terkait surat Freeport atas penolakan divestasi yang ditujukan kepada Hadiyanto, dia mengaku penyelesaian substansi atau poin-poin dalam perpanjangan kontrak Freeport harus dilakukan secara koordinasi antar Kementerian terkait, seperti Kementerian ESDM, BUMN, dan Kemenkeu. Poker domino

"Oh itu koordinasi ESDM, BUMN, dan Kemenkeu. Tentu harus ada tim yang menindaklanjuti untuk penyelesaian substansi," ucap Hadiyanto.