Minggu, 18 Desember 2016

Cara Membuat Abon Ikan Untuk usaha Rumahan

Tags


Permintaan akan abon ikan yang kian meningkat, membuka peluang untuk menghasikan keuntungan yang cukup besar. Bagi anda yang ingin menjalankan usaha ini dapat dilakukan secara rumahan dengan skala kecil hingga menengah. Modal yang di perlukan untuk memulainya pun bisa di upayakan dengan tidak terlalu besar, hanya di perlukan beberapa set mesin untuk pembuatannya serta sejumlah biaya promosi dan lainnya.

Meski untuk membuatnya dapat di lakukan secara manual, namun untuk usaha abon ikan tentunya di perlukan bantuan mesin pendukung agar kapasitas produksinya menjadi lebih besar. Namun begitu bagi anda yang masih dalam proses penjajakan, tidak ada salah nya juga mencoba terlebih dahulu membuatnya dengan peralatan yang tersedia di rumah, baru setelah di rasakan mendapatkan komposisi yang pas dapat di lanjutkan kepada tahap berikutnya. Pasalnya untuk menghasilkan abon ikan yang di suka akan memerlukan takaran bumbu yang pas, serta citarasa yang ingin di tonjolkan sebagai ciri khas produk kita.

Sedangkan untuk penggunaan bahan baku yang berupa ikan, kita dapat menentukan dari beberapa pilihan, Seperti misalnya ikan tongkol, lele, tuna, gabus, cakalang dan lain sebagainya. Terpenting sesuaikan dengan karakter rasa yang di inginkan serta perlu di perhatikan juga ketersediannya di wilayah masing-masing.

Mengenal Mesin Pembuatan Abon Ikan

Terdapat beberapa mesin yang di butuhkan untuk pembuatan abon ikan, diantaranya :

  • Mesin Presto

Sesuai namanya, mesin presto di pergunakan untuk mengkukus ikan agar tekstur daging menjadi lunak, sehingga nantinya akan mudah untuk di cacah atau di suwir menjadi bentuk abon.

  • Mesin Pencacah

Selanjutnya di perlukan juga mesin pencacah daging ikan untuk menghasilkan suwiran daging ikan menjadi rapih dan merata. Selain itu proses ini jika di lakukan secara manual juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Mesin Mixer Dan Penggorengan

Mesin ini di butuhkan untuk mencampur hasil cacahan ikan dengan aneka bumbu yang di butuhkan. Dengan menggunakan mesin, hasil campuran bisa terjamin dengan lebih merata serta tentunya dalam waktu yang singkat. Selain itu, umumnya mesin mixer juga sekaligus menyatu dengan penggorengan sehingga lebih praktis.

  • Mesin Spinner

Terahir di butuhkan juga mesin spinner yang berfungsi untuk meniriskan minyak setelah proses penggorengan. Dengan menggunakan mesin ini, kandungan minyak pada abon ikan akan sangat rendah sehingga abon lebih sehat untuk di konsumsi. Selain itu ke awetan abon ikan juga menjadi lebih terjaga dengan adanya kandungan minyak yang rendah ini.

Proses Pembuatan Abon Ikan

Selanjutnya kita bahas mengenai proses cara membuat abon ikan. Sebelumnya resep yang kami tulis di sini hanya merupakan proses pembuatan dasarnya, anda tentu bisa berkereasi sendiri dengan menambahkan atau mengganti bahan atau rasa lain pada abon ikan.

Bahan Pembuatan


  1. 1 Kg Ikan Tongkol ( atau ikan lainnya )
  2. 1 Sdm Gula Merah
  3. 30 Ml Santan kelapa
  4. Mentega secukupnya
  5. Asam jawa secukupnya
  6. Gula pasir, garam dan lada
  7. Daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk dan bawang merah


Langkah Membuat Abon Ikan


  1. Pisahkan tulang serta kotoran yang ada dalam ikan, hingga tersisa hanya dagingnya saja. Lalu bisa kita lumuri dengan garam.
  2. Daging ikan yang telah bersih kita masukan kedalam mesin presto untuk dikukus hingga lunak.
  3. Selanjutnya, daging ikan akan kita cacah atau suwir-suwir dengan menggunakan mesin pencacah, hingga di dapat tekstur suwiran ikan yang merata.
  4. Lalu suwiran ikan selanjutnya akan menuju proses pencampuran dengan santan dan berbagai bumbu yang telah di persiapkan. Setelah tercampur rata pada mesin mixer, selanjutnya adonan akan memasuki penggorengan.
  5. Terahir, setelah matang abon ikan perlu kita tiriskan dari minyak sisa penggorengan hingga kering sempurna menggunakan mesin spinner.


Pemasaran Abon Ikan

Untuk menghasilkan produk abon ikan yang di sukai, kita bisa berinovasi membuat abon ikan dengan rasa yang baru sehingga menarik minat calon pelanggan. Misalnya saja seperti adanya trend makanan pedas yang sedang terjadi saat ini, maka abon ikan hasil buatan kita pun bisa tambahkan rasa pedas agar lebih di suka.

Langkah pemasaran dapat di lakukan dengan berbagai cara, seperti misalnya bekerja sama dengan toko menerapkan sistim titip jual, memasarkan ke sentra oleh-oleh, hingga dapat juga menempuh pemasaran secara online. Jika rasa dari abon ikan hasil produksi kita dapat di suka, umumnya dapat dengan mudah menarik konsumen lainnya sehingga cepat berkembang.

Itulah sedikit ulasan kami mengenai cara membuat abon ikan untuk usaha rumahan, semoga bermanfaat . . .

Sumber




EmoticonEmoticon