Minggu, 18 Desember 2016

Mengenal Peluang Usaha Budidaya Jambu Jamaika

Tags


Anggapan bahwa negara Indonesia adalah sebuah negara agraris agaknya sudah menjadi sebuah doktrin yang kian mengental dari waktu ke waktu. Doktrin ini memang wajib diamini karena Indonesia dengan lahannya yang sangat subur dan luas memang pantas menjadi sebuah negara dengan sentra pertanian terbesar

Banyak tanaman iklim tropis yang dapat dengan mudah tumbuh di negara Indonesia tercinta. Salah satu tanaman iklim tropis yang dapat tumbuh dengan mudah di negara Indonesia tercinta adalah jambu jamaika.

Rasa Jambu Jamaika yang sangat manis dan lezat ketika sampai di lidah membuat Jambu Jamaika menjadi favorit sebagian besar orang. Jambu Jamaika juga memiliki beberapa nama lain di daerah-daerah lainnya. Ada juga yang lebih mengenal nama Jambu Jamaica ini sebagai jambu darsono atau jambu bol. Dari kebanyakan jambu pada umumnya, Jambu Jamaica memiliki bentuk yang lebih besar.

Jambu Jamaika memiliki kulit yang lebih tebal dengan warna merah tua dan semburat hijau yang mengelilinginya. Jambu Jamaika memang menjadi ragam jambu yang paling diminati akan tetapi yang disayangkan, tidak banyak orang yang menekuni untuk melakukan budidaya jambu jamaika ini. Padahal untuk menanam dan menghasilkan buah, jambu jenis ini tergolong mudah di lakukan, syarat utamanya agar dapat berbuah dengan cepat adalah di tanam di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi.

Lantas, Apa Saja Peluang Usaha Jambu Jamaika ?

Permintaan pasar terhadap jambu jamaica semakin lama semakin membesar. Dengan jumlah permintaan yang semakin lama semakin membesar ini sayangnya tidak diimbangi dengan persediaan yang cukup. Tidak banyak orang yang melakukan budidaya ini padahal prospek keuntungannya sangat menjanjikan.

Salah satu yang mungkin menjadi kendala adalah karena bibit dari tanaman jambu jamaika ini harganya cukup mahal. Namun begitu tentu saja buah yang di hasilkan nantinya bisa lebih berharga di banding jenis jambu lainnya, selain itupun tanaman ini juga bisa terus berbuah hingga sepanjang tahun.

Dapat kita ketahui contohnya seorang pengusaha jambu jamaika di Bandung mengaku setiap bulannya dapat menjual sekitar 30 kwintal jambu jamaika. Jumlah tersebut merupakan permintaan dari supermarket dan swalayan-swalayan sekitar Bandung. Keuntungan yang sangat besar didapatkannya ketika musim panen jambu jamaika. Diakuinya bahwa budidaya jambu ini memberikan keuntungan yang maksimal bagi dirinya.

Bayangkan saja jika pengusaha tersebut dapat menjual 30 kwintal jambu jamaica perbulan sementara jumlah 1 kilogramnya mencapai 25 ribu hingga 30 ribu rupiah. Pastinya akan banyak keuntungan yang diraih dengan hal ini. Bisnis jambu jamaica juga dapat diperluas menjadi bisnis kuliner minuman segar jus jambu jamaica ataupun diperluas menjadi usaha kuliner sari jambu jamaica. Pastinya akan banyak keuntungan lain yang kita peroleh.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan mengenai Peluang Usaha Budidaya Jambu Jamaika, dengan adanya ulasan ini mudah-mudahan bisa menambah informasi kita akan berbagai bisnis pertanian yang menguntungkan dan Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

Sumber