Kamis, 02 Februari 2017

6 Tanda Ini Bisa Jadi Petunjuk Bahwa Kamu Punya Potensi BesarJadi Pengusaha Sukses !

Tags

kenali diri, besarkan mimpi, ciptakan potensi !


 
Apakah kamu memiliki karakter atau ciri-ciri seorang pengusaha sukses?
 
Wirausahawan sukses pasti memiliki karakter tersendiri yang bisa dikenali dari bakat serta potensi yang dipunyai. Menjadi seorang pebisnis atau pengusa sukses bukan perkara yang mudah, banyak bekal yang harus disiapkan untuk membuat bisnis tersebut terus berkembang dan bermanfaat bagi banyak orang.

Sebelum memutuskan untuk membuka suatu bisnis dan menjadi entrepreneur, alangkah lebih bijaknya kalau kamu mengenal lebih jauh potensi diri kamu. Apakah kamu memiliki karakter atau ciri-ciri seorang pengusaha sukses?  Berikut ini bisa jadi 6 tanda yang bisa menunjukkan pada kamu para generasi millennial, apakah kamu berbakat menjadi wirausahawan sukses atau tidak.

1. Mimpi jadi dasar potensi yang harus kamu miliki jika ingin wujudkan apa yang kamu ingini


Mempunyai mimpi yang tinggi, adalah dasar sukses besar dimasa mendatang. Tanpa ada mimpi, niat tak akan mengikuti, apalagi sukses yang 'hakiki'. Berawal dari mimpi besar, kemudian jadi cita-cita yang tinggi, visi-misi yang kuat pun tercipta, timbul-lah benih-benih pengusaha dalam jiwa.  

Seseorang yang berpotensi menjadi pengusaha sukses sering membayangkan hal-hal besar yang menyangkut tentang perbisnisnisan. Calon pengusaha berpotensi kerap merasa yakin bahwa impian dan tujuan tersebut adalah sesuatu yang realistik, meskipun saat ini belum terwujud.

2. Kamu merupakan orang yang suka berorganisasi, sibuk sana-sini.


Berorganisasi bisa dimulai di tingkat sekolah sampai kuliah, yang akan berimbas positif terhadap pembentukan karakter diri. Kalau kamu para generasi millennial senang berorganisasi itu artinya kamu orang yang senang bergaul, luwes dan memiliki jaringan luas serta ingin lebih memahami banyak ilmu dari berbagai macam sumber yang ada.

Terbiasa dalam berorganisasi juga membuat kamu mempunyai jiwa kepemimpinan (leadership) tinggi, yang merupakan salah satu elemen utama yang dibutuhkan untuk menjadi sosok wirausahawan sukses.

3. Pemikiran serta ide yang kamu punya kerap berbeda dari sesama.


Biasanya generasi millennial seringkali memiliki pemikiran yang berbeda, namun tak sedikit pula yang terlampau ngawur. Ide serta pemikiran kreatif namun tetap membumi adalah yang dibutuhkan kelak jika kamu ingin jadi pengusaha sukses. Orang-orang yang mempunyai ide cemerlang nan gemilang serta tak bosan berikan terobosan yang kreatif adalah kelompok orang yang pantas menjadi pebisnis.

Orang-orang ini selalu tak puas dan merasa tertantang untuk mencari cara yang baru, lebih bernilai tambah serta mampu memberi manfaat luas bagi banyak orang.

4. Optimistis dan jeli dalam mengais peluang yang tak gampang.


Tanda lain yang kerap dimiliki seorang pengusaha sukses adalah selalu optimis dalam menjalani hari-harinya. Sukses atau tidaknya lebih ditentukan oleh keyakinan dan kemauan diri sendiri, tak peduli apa yang dihadapi. Di sisi lain, pebisnis sukses juga selalu jeli dan tertantang dalam melihat peluang. Tipikal orang ini tak suka menunggu peluang datang, sebaliknya selalu berani mengambil risiko untuk menciptakan peluang sukses dalam bisnis yang semakin dinamis.

5. Terbuka, dalam menerima dan melihat segala jenis kritik dan saran yang ada.


Bagi seorang pengusaha, sangat penting untuk mendapatkan umpan balik berupa kritik, dan saran demi kemajuan usahanya. Berkenan mendengarkan orang lain – khususnya para pelanggan atau konsumen – akan membuat seorang pengusaha mengerti hal-hal yang semula belum terlintas dalam pikiran.

Dari kritik dan saran tadi, seorang pebisnis sukses juga harus dituntut bijaksana dalam memilah-milah masukan yang datang. Seberapa cemerlang pun ide maupun pemikiran tersebut terdengar, pengusaha yang baik akan mampu mempertimbangkan  dengan bijak. Ide dan pemikiran tersebut di saring dari aspek pendekatan risiko serta potensi keuntungan yang akan diraih. Pengusaha sukses harus mampu mencari solusi terkini yang terbaik bagi bisnisnya sendiri. 

6. Berani mengambil keputusan pun tindakan, risiko bukan penghalang kamu.


Jika sudah memiliki mimpi, visi serta karakter yang menunjang, memulai sebuah usaha merupakan pergerakan yang harus dimulai. Memang, diperlukan modal yang tentu tak sedikit. Tak hanya itu, waktu dan tenaga juga harus didedikasikan sepenuhnya. Mungkin ini yang menjadikan banyak orang enggan dan kerap menilai untuk memulai sebuah usaha adalah keputusan yang berisiko besar.


Tapi justru, bagi para pengusaha sukses tak akan keberatan mengambil ragam risiko yang ada. Tanpa keberanian mengambil risiko, mereka tahu hasil yang memuaskan tak akan pernah bisa tercapai. Keberanian mengambil risiko, membuat pengusaha menjadi pemimpin yang tangguh dan pebisnis yang handal.



EmoticonEmoticon