Rabu, 01 Februari 2017

Mau Punya Rumah Sendiri, Tapi Gaji Pas-pasan? Lakukan 6 Cara Ini untuk Wujudkan Impianmu

Tags

Ada kemauan, ada jalan

Gaji kecil seringkali bikin orang merasa tak mampu meraih mimpinya. Buat orang yang memiliki penghasilan kurang dari 4 juta rupiah misalnya, membeli rumah terasa mustahil. Kalau dipikir-pikir besaran gaji memang bisa jadi penghalang kita mewujudkan cita-cita. Namun sebetulnya kalau kita teliti, ada banyak cara yang bisa digunakan supaya gaji kecil gak jadi penghalang. Mau tahu caranya?


1. Apa mimpi terbesarmu?

foto-1-4e02c20184322ffd10e901e543af6d83.jpg
Setiap orang tentu memiliki mimpi berbeda dalam hidupnya. Ada yang ingin membeli rumah, mencicil mobil, atau jalan-jalan ke luar negeri. Nah, tugasmu sekarang adalah tulis semua hal yang diinginkan seperti:
Ingin punya rumah 2 tahun lagi
Mau menaikkan haji kedua orang tua
3 tahun lagi harus bisa kuliah S2 dengan biaya sendiri
Jika sudah menuliskan apa saja impianmu, tetapkan satu hal yang jadi prioritas untuk segera diwujudkan. Tujuan membuat skala prioritas adalah agar kamu fokus mengejar hal tersebut.

2. Cari dan pilih cara mewujudkan impian yang paling efektif

foto-2-7695b2dd19d4f40bbd9c3bcb34a8a81e.jpg
Kini kamu telah mempunyai satu mimpi yang harus kamu kejar. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari cara jitu untuk mencapai tujuan tersebut. Bagi kamu yang mau beli rumah bisa jadi harus segera membuka tabungan khusus untuk goal ini. Cara lainnya adalah membuat bisnis atau mencari sumber pendapatan tambahan untuk membeli apa yang kamu inginkan. 

3. Take action!

foto-3-6179bbfcd4f8591f00b4f9f9f0c21f0a.jpg
Lakukan action secepat mungkin. Jangan menunggu datangnya bonus atau THR baru menabung buat beli rumah. Kamu bisa mulai dari sekarang. Aplikasi Jenius dari BTPN punya fitur yang bisa mendukung kebutuhanmu ini lho. Di rekening Jenius, kamu bisa menyisihkan uangmu ke dalam fitur Flexi Saver. Uang di Flexi Saver ini akan aman dari transaksi harian, jadi nggak ada lagi kejadian uang tabungan di rekening terpakai. Lalu, ketika kamu punya uang lebih, kamu bisa menambahkan ke tabungan Flexi Saver-mu ini kapan pun kamu mau. Kamu juga nggak perlu menunggu sampai jangka waktu tertentu untuk menarik uang dari tabungan ini. Ditambah lagi, tabungan di Flexi Saver berbunga 5% per tahun, lebih banyak dari bunga tabungan biasanya. 

4. Evaluasi langkah yang udah kamu ambil sejauh ini

foto-4-d5a19bc682c8037c7e8ebc1e716f7aba.jpg
Selalu evaluasi apa yang telah kamu lakukan. Contohnya, mau beli mobil, udah usaha nabung, tapi duitnya nggak pernah berhasil terkumpul, jangan-jangan ada yang salah. Coba tanya dirimu, kalau lagi hangout masih sering bayarin teman gak? Mungkin maksudmu baik mau bikin teman senang, tapi kalau dilakukan terus-menerus, nggak akan menguntungkan buat kamu.  

Nah, untuk menghindari kebiasaan nggak sehat seperti ini, kamu bisa memanfaatkan fitur Split Blill dari Jenius, yang mana itung-itungan patungan udah Jenius yang atur. Kamu tinggal kirim notifikasi ke teman, teman tinggal bayar, keuangan kamu tetap terjaga.

5. Walau keinginan belum tercapai, jangan pernah menyerah

foto-5-decd3814594f03a713727af2016795ea.jpg
Proses berjuang mewujudkan keinginan gak selalu berjalan mulus. Misalnya, ketika mencicil rumah yang jangka waktu cicilannya cukup panjang, di tengah jalan tentu ada rasa berat yang kamu rasakan. Dalam waktu yang nggak cuma setahun-dua tahun tersebut, kamu harus rela berhemat dan mengorbankan budget hiburan demi memenuhi cicilan rumah impian.

Seiring berjalannya waktu akan muncul pertanyaan dalam kepala, “Kapan selesainya sih nih cicilan?” Eits, tapi jangan fokus pada pemikiran tersebut, guys. Bayangin deh kalau 5 tahun dari sekarang kamu akan berdiri dalam rumah yang kamu beli dari hasil usaha sendiri. Perasaan bangga dan puas yang nanti kamu rasakan nggak akan tergantikan. Nah, mindset positif ini perlu kamu pertahankan biar terus semangat untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.  

6. Biar semangat, tempel gambar yang mewakili impianmu di tempat yang sering terlihat

foto-8-086443215c1aeb84cd23a7f9020d3468.jpg
Mulai browsing gambar mobil, rumah, destinasi impian, atau hal lainnya untuk mendorong semangat menabung. Print gambar tersebut dan tempel di tempat yang sering terlihat, misalnya tembok di sisi tempat tidur, pintu kulkas, atau tempat lainnya. Bayangkan kalau gambar yang selalu kamu lihat tersebut jadi kenyataan dan bukan hanya tempelan di tembok aja. Visualisasi seperti ini bisa bikin kamu bisa lebih semangat mengejar apa yang kamu inginkan.