Senin, 27 Februari 2017

Cara Jitu Kurangi Stres di Tempat Kerja

Tags


Apakah Anda sering mengalami stres saat berada di tempat kerja? Jangan khawatir karena bukan Anda saja yang mengalaminya, banyak orang juga mengalami hal demikian.

Survei dari CareerCast tahun 2017 tentang tingkat stres orang bekerja menyebutkan sebanyak 82 persen pekerja mengalami stres saat berada di tempat kerja.

Setiap orang memiliki tingkatan stres yang berbeda saat bekerja. Meskipun mereka berada di tempat kerja yang sama dengan tugas yang sama, apa yang dirasakan seseorang tidak sama dengan yang dirasakan orang lainnya.

Itu sebabnya, penting untuk mencari tahu pekerjaan apa yang bisa menjadikan Anda stres dan Bagaimana cara untuk mengurangi stres saat di tempat kerja?

Melansir laman Forbes, Senin (27/2/2017), berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres saat berada di tempat kerja:

1. Menarik napas

Saat kepenatan kerja sudah memuncak, tips terbaik untuk meredakannya adalah dengan mengambil napas dan beristirahat sejenak. Anda Hanya hanya perlu duduk, diam dan melakukan latihan pernapasan beberapa saat. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membimbing Anda dengan latihan pernapasan.

2. Konsentrasi

Ketika Anda mulai melakukan latihan pernapasan, maka otomatis akan membuat pikiran rileks secara bertahap. Biasanya stres terjadi bukan karena apa yang kita lakukan saat ini, tapi khawatir akan dampak dari apa yaang kita lakukan.

Misalnya khawatir tentang pekerjaan dan hubungan dengan pimpinan jika melakukan ini atau melakukan itu, untuk mengurangi stres ini, berhentilah untuk berpikir yang macam-macam. Konsentrasi saja dengan pekerjaan saat ini. BandarQ

Menarik napas adalah awal dari apa yang disebut praktik mindfulness, yang berarti menyadari secara penuh akan adanya aktivitas yang sedang Anda lakukan atau bahkan mengamati diri sendiri melakukan aktivitas sehingga pikiran Anda tidak berkeliara kemana-mana.

Jika Anda sedang bekerja, perhatikan apa yang Anda lakukan seperti dengarkan tombol klik pada keyboard komputer, dengarkan benar-benar jika Anda sedang berbicara dengan seseorang atau konsetrasi saat membaca pesan atau informasi yang Anda terima.

3. Fokus pada satu hal

Dalam dunia kerja yang sibuk, banyak orang suka melakukan multitasking karena mereka percaya hal itu dapat membantu mereka mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Meski demikian tidak semua orang bisa melakukannya, bahkan banyak orang yang mencoba multitasking hasilnya justru bisa membuat orang tersebut merasa lebih buruk.

Pikiran secara sadar hanya dapat melakukan satu hal pada suatu waktu. Jadi, ketika Anda berpikir Anda multitasking, Anda benar-benar beralih dari satu hal ke hal lain dengan sangat cepat. Sebagai contoh, jika Anda memeriksa sms atau email dan saat bersamaan Anda sedang berbicara kepada atasan, maka itu akan tidak mungkin. Yang ada justru bisa mengacaukan jaringan saraf dan otak Anda.

Bahkan, jika benar-benar dilakukan, maka hasilnya akan menjadi buruk. Karenanya fokus saja pada satu hal yang sedang Anda kerjakan.

4. Tidur yang cukup

Cukup waktu tidur adalah cara penting lainnya untuk mengurangi stres di tempat kerja. Usahakan tidur minimal 7 jam setiap harinya dan hal ini secara alami akan mengurangi stres di pagi hari. Jika Anda tidak tidur dengan baik, maka Anda akan mudah tersinggung dan bahkan stres kecil yang akan menyebabkan stres Anda semakin menumpuk. Domino 99

5. Luangkan waktu untuk tertawa

Meskipun Anda mungkin tidak dapat menemukan waktu yang tepat untuk tertawa saat berada di tempat kerja, cobalah untuk melakukannya jam saat makan siang atau pada waktu sebelum maupun setelah bekerja. Misalnya dengan cara melihat kartun atau acara komedi lewat Youtube selama lima menit atau apa pun caranya yang menurut Anda lucu dan bisa membuat tertawa. Biasanya ini bisa meredakan tingkat stres yang sedang Anda alami.

Tapi ingat, jika Anda memutuskan untuk mengikuti tips ini saat sedang di tempat kerja, pastikan bahwa apa yang Anda tonton aman dan tidak mengganggu jam kerja.

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2869530/cara-jitu-kurangi-stres-di-tempat-kerja