Selasa, 28 Februari 2017

Dengan 11 Tips Ini, Kamu Bisa Menjadi Super Produktif!

Tags

"Asyikk.."


Bagi banyak orang, menjadi produktif adalah hal yang cukup sulit. Selalu ada saja halangan saat kita mau menjadi produktif, misalnya telepon berdering, panggilan dari bos, atau rasa malas dari diri kita sendiri. Apabila kamu juga sulit untuk produktif, coba deh terapkan tips-tips ini!

1. Bisa memanfaatkan seluruh anggota dalam tim dengan sebaik mungkin.
memanfaatkan anggota

Apabila kamu bekerja dalam tim dan menjadi pemimpinnya, maka posisikan anggotamu sesuai dengan keahlian masing-masing. Jika mereka sudah ahli dan suka dengan pekerjaan yang dilakukan, otomatis mereka lebih produktif.

2. Menyiapkan segala hal yang dibutuhkan di kantor pada malam hari, sebelum berangkat tidur.
menyiapkan segalanya

Supaya semuanya tersedia dengan lengkap, maka persiapkan seluruhnya terlebih dahulu. Jadi saat bangun pagi dan waktunya sudah mepet, kamu tidak buru-buru, apalagi sampai meninggalkan hal penting.

3. Tahu prioritas dan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
tahu prioritasnya

Salah satu hal yang menyebabkan kamu kurang produktif adalah kamu bingung dalam menentukan pekerjaan apa yang harus dikerjakan. Oleh karena itulah, aturlah mana pekerjaan yang harus kamu prioritaskan, dan mana yang bisa dikerjakan setelahnya.

4. Tak pernah bingung dan selalu terjadwal dalam mengerjakan apapun.
selalu terjadwal

Jadwal begitu penting jadi kamu tidak bingung. Contoh bingung adalah saat mengerjakan pekerjaan A, kamu teringat bahwa pekerjaan B harus dikumpulkan besok, sehingga kamu meninggalkan pekerjaan A. Tiba-tiba kamu teringat ada janji dengan temanmu, sehingga semua pekerjaan terbengkalai.

5. Konsentrasi dan seluruh hati juga dicurahkan saat mengerjakan pekerjaan tersebut.
konsentrasi

Kalau sudah mengikuti jadwal, namun kamu begitu lesu dan tak bersemangat saat mengerjakan, kamu tak akan bisa produktif. Maka, pastikan bahwa kamu sudah serius sebelum mengerjakan pekerjaan tersebut.

6. Sehingga, satu kali bekerja pun sudah cukup, dan tak ada keraguan.
satu kali bekerja

Saat berkonsentrasi, kamu akan mengerjakan sekaligus mengecek pekerjaanmu di waktu yang bersamaan. Apabila kamu melamun dan terburu-buru, kamu harus mengecek ulang pekerjaan dan itu menyita waktumu yang berharga.

7. Juga, hindari multitasking.
multitasking

Jika kamu tidak menguasai multitasking dan tak terbiasa, maka hindarilah hal tersebut. Multitasking bisa membuat hasil kerjamu tidak maksimal, bahkan cenderung kacau balau.

8. Paham dan selalu berpacu dengan jadwal yang ada.
berpacu dengan jadwal

Jangan lupa, selalu cek jam kamu untuk memastikan bahwa kamu bekerja sesuai dengan jadwal. Sehingga, kamu akan mendorong dirimu sendiri untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

9. Memiliki jadwal untuk mengecek e-mail, agenda dan pesan di smartphone masing-masing.
jadwal

Letakkan smartphone-mu jauh-jauh dari pandangan, supaya pekerjaanmu tidak terganggu. Setiap beberapa jam sekali, kamu bisa meluangkan waktu lima hingga sepuluh menit untuk mengecek e-mail, agenda dan bermain-main dengan smartphone-mu.

10. Terkadang, kamu harus bersedia untuk 'makan angin'.
tidak makan

Apabila pekerjaan tersebut belum selesai atau istilahnya tanggung, jangan sampai kamu meninggalkan pekerjaan tersebut. Bisa jadi, kamu kehilangan mood atau inspirasi dan membuatmu semakin lama untuk bekerja. Tahan sebentar rasa lapar atau keinginanmu untuk tidur, misalnya, supaya hasil kerjamu maksimal.

11. Mengerti bagaimana caranya mengatakan 'TIDAK'.
berani mengatakan tidak

Saat kamu mengetahui begitu banyak hal yang wajib kamu kerjakan dengan deadline besok dan ada orang lain yang mengajakmu membeli camilan di toko sebelah, katakan tidak. Jangan ragu meskipun dia teman dekatmu. Jangan sampai karena ajakannya membeli camilan mengganggu keseluruhan harimu.
Happy Productive Day! Domino QQ



EmoticonEmoticon