Kamis, 23 Februari 2017

Peluang Usaha Jasa Jahit Rumahan, Modal Kecil Menjanjikan


Peluang Usaha Jahit Rumahan - Pernah berfikir untuk memulai usaha rumahan dengan model seadanya? salah satu yang bisa di coba adalah usaha jasa menjahit pakaian. Ini merupakan salah satu usaha yang sangat cocok di jalankan baik itu di wilayah perkotaan lebih-lebih pedesaan. Memang di desa tidak seramai di kota, namun jumlah jasa jahit di wilayah pedesaan cukup sedikit, berbeda jauh dengan kota, jasa penjahit bersebaran di pinggir jalan mulai dari yang biasa hingga penjahit kelas elit.


Meskipun usaha jasa jahit bukan jenis usaha baru lagi, kebutuhan akan jasa jahit tidak akan pernah berkurang. Alasan utama tentu karena kebutuhan masyarakat yang tinggi dengan pakaian. Bahkan bukan hanya menjahit yang bisa di tawarkan, anda juga bisa memproduksi berbagai jenis pakaian dari keterampilan yang dimiliki, seperti jilbab, busana muslim, sprei, aksesoris dan masih banyak lagi.

Untuk permodalan sendiri ada beberapa yang perlu di perhatikan. Jika memang usaha jasa jahit rumahan hanya berskala kecil-kecilan, maka hanya membutuhkan seperangkat mesin jahit. Dimana karyawannya adalah kita sendiri. Dengan begitu modal awal yang di butuhkan cukup kecil mungkin di bawah 5 jutaan.

Lantas bagaimanakah cara memulainya? simak ulasan usaha jasa jahit rumahan berikut ini. Kami mengulas beberapa hal yang mungkin bisa bermanfaat sebagai bahan rujukan.

Peluang Usaha Jasa Jahit Rumahan, Modal Kecil Menjanjikan


1. Langkah Awal Memulai Usaha Jahit

Karena usaha ini berbasis utama keterampilan menjahit, maka mau tidak mau anda sebagai pemilik usaha harus memiliki kemampuan menjahit, lebih-lebih jika anda sendiri karyawannya. Keterampilan menjahit ini bisa di dapatkan dengan cara kursus atau belajar kepada orang yang berpengalaman. Jika anda belajar secara otodidak, hasilnya tentu tidak sebagus jika anda belajar kepada ahlinya.

Dan yang perlu di ketahui, tidak mengapa jika seorang pria menjahit. Karena sesungguhnya pria memiliki kemampuan yang tidak kalah dalam masalah menjahit, bahkan memasak pun pria jagonya. Namun semua juga tergantung dari minat anda, jika anda memang minat atau hobi dengan menjahit, maka usaha ini akan berjalan dengan baik. Karena dengan minat anda di bidang menjahit ini akan menghasilkan produk yang berkualitas. 

2. Analisa Modal Awal

Selain modal tenaga dan keahlian, modal yang tidak kalah penting adalah peralatan menjahit, mulai dari mesin jahit, benang, pengukur, gunting dan lain sebagainya. Untuk mesin jahit sendiri harganya sangat bervariasi, kami sarankan untuk membeli yang sesuai dengan kebutuhan dan modal yang ada. Jangan buru-buru membeli mesin jahit mahal, cukup yang sederhana saja. Baru keuntungan yang di dapat nantinya bisa di gunakan untuk mengupgrade peralatan termasuk mesin jahit yang canggih.

3. Promosi dan Pengembangan Usaha

Promosi usaha jahit rumahan ternyata juga harus di lakukan, terutama di awal-awal pembentukan usaha. Yang harus di perhatikan ialah bagaimana cara agar ada konsumen yang mau menjahit di kita, karena tidak mudah mendatangkan konsumen untuk pertama kali.

Yang jelas kita harus melakukan promosi kecil-kecilan, baik itu ke tetangga sekitar maupun banner di depan rumah yang menandakan kita membuka usaha jahit.

Strategi marketing yang perlu di perhatikan adalah bagaimana merubah konsumen menjadi pelanggan tetap, menurut penulis sendiri memberikan pelayanan prima merupakan strategi menggaet pelanggan. Dimana pelayanan meliputi kualitas produk yang di hasilkan dan juga harga yang di tawarkan. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas jahitan yang bagus, dapat di pastikan konsumen akan menjadi pelanggan anda.

Ketika usaha jahit rumahan yang kita rintis sudah mulai ramai dan kita kewalahan dalam menjahit, ada kalanya kita mulai mencari karyawan, jangan di kerjakan sendiri. Cari karyawan yang memiliki keterampilan menjahit ulet dan telaten. Dengan begitu hasil jahitan akan berkualitas. Jangan lupa di gaji dengan bayaran yang pantas, jangan terlalu murah agar kinerja pegawai selalu prima dan bersemangat. 

Itulah ulasan mengenai usaha jahit rumahan, usaha bidang jasa kedepannya di pastikan akan semakin meningkat, karena orang tidak bisa lepas dari kebutuhan jasa. Cukup sekian semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat, Terimakasih. Domino QQ