Selasa, 07 Februari 2017

7 Rahasia Sukses Steve Jobs untuk Mengubah Dunia yang Bisa Kamu Tiru

Tags

Teruslah lapar, teruslah belajar

Siapa sih yang nggak kenal penemu Apple, Steve Jobs? Bukan hanya pencipta teknologi yang ulung, Steve juga adalah pengatur bisnis dan pemimpin yang hebat. Produk-produk yang ia ciptakan tidak bisa dianggap remeh, karena Steve telah berhasil menyentuh dan mengubah hidup banyak orang dengan itu semua. Apa sih kunci di balik kesuksesannya? Simak dalam tujuh hal di bawah ini.

1. Lakukan apa yang kamu sukai.

steve-jobs-young-2-5d389163e44c34b50f6b55243f76e660.jpg
Mungkin nasihat ini sudah teralu sering kamu dengar, tapi nasihat ini tidak berbohong. Dengan melakukan hal yang kamu sukai, pekerjaanmu tidak menjadi beban, dan kamu dapat menjadi bebas berkarya. Passion ini juga yang akan mendorong kamu melakukan hal-hal luar biasa nantinya.

2. Ubahlah dunia.

stevejobs1-299eb169aa065a5f215f9ff215c336d5.jpg
Steve percaya pada kekuatan visi. Milikilah visi yang besar, mimpi untuk jangka waktu panjang, dan bukan jangka pendek. Steve pernah bertanya pada CEO Pepsi, "Apa kamu ingin menjual minuman bergula seumur hidup, atau ingin mengubah dunia dengannya?" Mungkin benar, saat ini pekerjaan kita adalah penjual, pedagang, guru, murid, dan sebagainya - tapi jangan lupa ini hanyalah langkah awal untuk visi yang lebih besar lagi.

3. Buatlah koneksi. Sebanyak mungkin.

stevejobs-15b239862cc89a42c16f4664ec9c6020.jpg
Jangan menganggap remeh kekuatan koneksi atau hubungan kita dengan orang lain. Kamu tidak pernah tahu, bahwa tetanggamu, temanmu, atau saudaramu akan menjadi partner bisnismu suatu saat nanti. Jangan hidup dalam ruanganmu sendiri. Lihatlah dunia, temui orang-orang, belajarlah dari banyak hal dan sambungkan semua itu untuk mendukung mimpimu.

4. Berkatalah "tidak" pada 1000 hal.

stevesayno.jpeg
Salah satu arti kebijaksanaan adalah saat dimana kita bisa berkata tidak. Ketahuilah hal mana yang kita butuhkan dan hal mana yang kita inginkan, lalu belajarlah untuk berkata tidak pada hal-hal yang kita inginkan. Saat Steve mengambil alih Apple tahun 1997, ia mengurangi 350 produk Apple menjadi 10. Ia menolak banyak hal, karena ia tahu pasti apa yang ia inginkan. Ketahuilah, kualitas lebih baik dari kuantitas.

5. Buatlah pengalaman yang baru.

ipod.jpeg
Steve tidak berhenti sampai menciptakan produk Apple saja, ia bahkan menjadikan Apple Store menjadi sebuah tempat dimana orang-orang dapat mendapat pelajaran dan pengalaman unik tentang Apple. Ia tidak fokus pada barang yang ia jual saja, tapi juga dengan cara penjualannya, dan itulah yang membuatnya pengatur bisnis yang luar biasa.

6. Komunikasikan idemu dengan baik.

macbook.jpeg
Meski kamu memiliki ide yang sungguh hebat, tapi kalau ide itu tidak dikomunikasikan dengan baik, hasilnya sama saja. Saat Steve mengemukakan ide-idenya pada dunia, ia tidak hanya sekedar memberi presentasi saja. Ia bercerita, ia mengajar, ia memberi inspirasi, dan membawa humor - semua dalam satu presentasi.

7. Menjual mimpi, bukan produk.

stevejobs3-6470617f6fd86f071fe0f6890744b87f.jpg
Steve dapat menggali imajinasi kita karena ia kenal keinginan para pelanggannya. Ia tahu bahwa kerumitan tidak akan membantu imajinasi kita, maka dari itu ia menciptakan iPad yang bahkan anak umur dua tahun bisa memakainya. Pelanggan anda tidak peduli pada produk anda, mereka peduli pada diri mereka sendiri, ambisi mereka, dan mimpi mereka masing-masing. Steve mengajarkan kia bahwa saat kita membantu pelanggan kita meraih mimpi mereka, maka kita akan memenangkan hati mereka.

Steve selalu mendorong semua orang untuk bermimpi lebih besar. Mungkin itulah nasihat terbaik yang bisa kita terima darinya. Carilah kejeniusan dalam kegilaanmu, percayalah pada dirimu sendiri, percayalah pada visi dan mimpimu, dan selalulah bersiap untuk bertarung untuk itu semua