Sabtu, 22 April 2017

5 Cara Cermat Hemat Uang Saat Belanja Makanan

Tags


Salah satu pos pengeluaran yang cukup menghabiskan banyak biaya adalah ketika Anda berbelanja untuk kebutuhan makanan. Banyak orang sering menghabiskan biaya lebih karena berbelanja tak sesuai kebutuhan.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin anggaran berbelanja urusan makanan bisa membengkak dan memberatkan urusan finansial kita yang lain.

Berikut lima cara hemat uang saat berbelanja kebutuhan makanan dilansir dari CNBC, Sabtu (22/4/2017):

1. Buat rencana belanja dan daftar pengeluaran

Sebelum berbelanja jenis bahan makanan tertentu, Anda harus tahu apa makanan yang ingin Anda buat dari bahan-bahan tersebut.

Hal ini akan membuat Anda lebih terorganisasi saat berbelanja. Jangan lupa pula untuk mencatat semua pengeluaran Anda nantinya. Domino 99

2. Beli bahan makanan yang bisa digunakan untuk lebih dari satu jenis masakan

Selanjutnya, penghematan juga bisa dilakukan dengan membeli bahan makanan yang bisa digunakan untuk lebih dari satu jenis masakan. Bahan makanan seperti ini bisa berupa aneka jenis daging ataupun makanan dalam kaleng.

3. Manfaatkan makanan sisa

Seringkali, ada beberapa makanan yang tersisa setelah Anda memakannya. Daripada membuangnya, Anda bisa memanfaatkan makanan tersebut dengan memasaknya kembali. Makanan kemasan terutama, terkadang bisa dikonsumsi lebih dari satu kali makan.

4. Sesuaikan anggaran dengan kebiasan

Setiap orang memiliki kebiasaan berbeda saat makan. Agar lebih mudah untuk mengatur anggaran, Anda bisa menyesuaikan hal ini dengan kebiasaan yang sering Anda lakukan. Tapi ingat, jangan sampai kebiasaan ini membuat Anda terlena untuk mengatur finansial. BandarQ

5. Berkomitmen

Komitmen merupakan kunci keberhasilan pengaturan keuangan Anda. Tetapkan pada hati Anda untuk benar-benar berkomitmen menjalankan rencana pengaturan anggaran tersebut.