Kamis, 27 April 2017

Baru Gajian? Ini 8 Tips Kelola Penghasilan Anda

Tags


Bagi Anda yang baru memulai bekerja, waktu gajian mungkin merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu. Anda dapat mempergunakan gaji yang diperoleh sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Namun dengan memiliki gaji bukan berarti Anda bisa menggunakan gaji tanpa perhitungan yang jelas. Bila tidak mengatur pengeluaran secara tepat, bisa saja gaji yang dimiliki hanya bertahan hingga pertengahan bulan. BandarQ

Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal ini bukan? Berikut ini ada beberapa cara mengelola pemasukan sehingga nantinya penggunaan uang bisa tepat sasaran. Dan bahkan tidak memungkinkan jika Anda bisa menyisihkan penghasilan untuk menabung.


1. Membuat anggaran pengeluaran bulanan

Cara aman untuk mengelola keuangan adalah dengan membuat anggaran bulanan. Di dalam anggaran bulanan ini bisa di-list seluruh kebutuhan mulai dari yang pokok seperti tagihan bulanan, makan, transportasi, dan lainnya hingga kebutuhan tambahan seperti berlibur, shopping, dan hiburan lainnya. namun jangan lupa menuliskan anggaran untuk tabungan.

2. Berbelanja sesuai kebutuhan

Agar penghasilan tidak lebih sesuai bahkan lebih untuk pengeluaran Anda, usahakan untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan.

Pada saat sebelum berbelanja, Anda bisa membuat list terlebih dahulu barang-barang yang akan dibeli. Dengan begitu akan menghindarkan Anda dari pembelian barang-barang yang tidak terlalu penting.

3. Segera bayar tagihan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa tagihan-tagihan bulanan seperti listrik, telepon, air, dan lainnya masuk ke dalam kebutuhan primer.

Oleh sebab itu, jangan menunda untuk membayar tagihan-tagihan tersebut ketika sudah mendapatkan gaji. Sehingga nantinya tidak akan mengganggu kebutuhan sehari-hari lainnya.

Selain itu, bisa saja anda menggunakan uang tagihan tersebut untuk sesuatu yang tidak penting jika tidak segera dibayarkan.

4. Catat semua pengeluaran

Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran bulanan. Catatan ini bisa digunakan untuk mengevaluasi pengeluaran anda sehingga kedepannya bisa lebih mengontrol bagian mana yang sekiranya berlebih.

5. Jangan membawa uang tunai terlalu banyak

Hindari membawa uang dalam bentuk tunai yang terlalu banyak. Selain dapat berisiko kejahatan dan kehilangan, membawa uang yang banyak akan cenderung membuat Anda ingin terus mengeluarkannya. Sehingga nantinya malah akan membeli keperluan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Bawa uang tunai secukupnya di dompet, Anda dapat mengambil uang tunai harian, tiga harian, bahkan mingguan. Jangan mengambil uang tunai kembali pada batas yang telah ditentukan.

6. Jangan lupa untuk menabung

Menabung merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh siapapun baik yang memiliki penghasilan kecil maupun besar.

Tabungan bisa digunakan untuk persiapan masa depan ataupun dapat dimanfaatkan jika keadaan sedang darurat. Cobalah untuk menyisihkan beberapa dari pemasukan ke dalam tabungan.

Untuk menabung akan lebih baik jika Anda melakukannya di bank karena lebih aman disimpan. Jangan menyimpan uang di dalam rumah karena dapat berisiko besar. Meskipun cara ini terbilang kuno, namun banyak yang masih menggunakan cara ini karena terbilang praktis.

7. Menggunakan dua rekening

Jika susah dalam menyisihkan uang untuk ditabung, cobalah untuk menggunakan dua rekening. Rekening yang pertama ditujukan untuk pengeluaran sehari-hari. Sedangkan rekening kedua merupakan tabungan anda. Domino 99

Sisihkan segera pemasukan itu ke dalam rekening kedua sehingga nantinya tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak penting.

8. Cobalah untuk berinvestasi

Anda juga dapat menggunakan tabungan sebagai investasi dalam bentuk lainnya yang nilainya tidak berubah seperti emas, rumah, dan lainnya. Jika menginginkan investasi yang tidak terlalu besar, anda dapat mencoba investasi emas. Investasi ini terbilang menguntungkan dan dapat berefek jangka panjang.

Selain itu, investasi emas juga dapat mudah dicairkan kapan pun Anda mau ketika sedang membutuhkan uang. Jangan menginvestasikan uang dalam bentuk barang-barang elektronik karena nilainya akan turun kedepannya.

Kelola Keuangan Anda dengan Benar

Pengelolaan penghasilan tidak hanya ditujukan untuk yang berpenghasilan rendah maupun tinggi. Semua orang tentunya harus dapat mengelola keuangan dengan benar sehingga nantinya tidak akan menimbulkan kerugian dan lainnya.

Pengelolaan keuangan yang tepat dapat membantu Anda mempersiapkan masa depan yang lebih baik.



EmoticonEmoticon