Senin, 10 April 2017

Tidak Peduli Sekaya Apapun Dirimu, Kamu Tak Akan Bisa Membeli 10 Hal Ini

Tags

Ingat, harta gak akan dibawa mati

Memiliki banyak uang bisa dikatakan menjadi mimpi setiap orang. Dengan uang kita bisa membeli apa saja yang diinginkan. Mulai dari rumah mewah, mobil keluaran terbaru, hingga liburan keliling dunia semuanya bisa di dapat. Namun sesungguhnya sebanyak apapun uang yang kita punya, 10 hal ini tetap tidak bisa terbeli.

1. Waktu yang sudah terlewat

uang1-backpackstobedtimecom-2798226d219fe4f1f1ed9bc306b69f6b.jpg
Hal pertama yang tidak bisa dibeli dengan uang adalah waktu. Kamu yang sibuk bekerja atau sekolah mungkin sering menyepelekan waktu kebersamaan dengan orang tersayang. Dengan pikiran memiliki waktu lainnya, kamu pun selalu meniadakan kesempatan untuk bercengkrama dengan mereka.

Padahal faktanya waktu kebersamaan tersebut bisa hilang begitu saja. Bukan tidak mungkin kamu justru kehilangan kesempatan untuk sekadar mengobrol hanya kerena terlalu mengutamakan hal di luar mereka. Akhirnya ketika satu persatu orang terkasihmu menghilang kamu baru menyesal. Namun sayangnya kondisi ini tidak bisa diperbaiki meski memiliki banyak uang.

2. Kepercayaan dari orang lain

uang2-gasperlegalcom-5445a80ff3a97e44f2981b34e50bf51d.jpg
"Trust takes years to bulid, seconds to break, and forever to repair."
Mendapat kepercayaan dari orang lain menurut IDN Times menempati hal kedua yang tidak bisa dibeli dengan uang. Alasannya kepercayaan bukanlah benda mati yang bisa dibeli dari toko dengan uang. Kepercayaan adalah perasaan yang terbangun dari sebuah proses panjang. Misalnya dua orang sahabat yang pada akhirnya berani menceritakan rahasia terdalam tentu di dasari rasa saling percaya.

Nah ketika salah seorang dari dua sahabat itu berkhianat, maka kepercayaan pasti akan hilang. Kepercayaan yang sudah hilang tersebut pun tidak akan bisa dikembalikan meski dibayar dengan uang yang banyak. Karenanya jika orang sudah percaya pada kita, jagalah kepercayaan itu sebaik-baiknya.

3. Kesehatan tubuh

uang3-shutterstockcom-62b89ba3da8b0f36cd5ba4f1e907688e.jpg
Di usia muda kita sering menyepelekan masalah kesehatan. Tanpa sadar kamu cuek dengan asupan makan yang dikonsumsi, kurang berolahraga, sampai tidur larut malam. Di level ini sebagai anak muda kita pun jadi menyepelekan fakta bahwa tubuh juga butuh perhatian ekstra. Padahal jika tidak dipelihara dengan baik kesehatan tidak akan bertahan lama.

Akibatnya jika sudah tua bukan tidak mungkin kita harus berurusan dengan kesehatan. Uang yang dikumpulkan sejak masa muda justru habis untuk membeli obat-obatan. Bila sudah begini sebanyak apapun uang yang dimiliki tentu tidak bisa mengembalikan kesehatan seperti semula lagi. Kamu akan menyesal karena tidak menjaga kesehatan dengan baik.

4. Perasaan yang tulus

uang4-newlovetimecom-020fa990fe7d7243ca4a728f43fad5b0.jpg
Tidak hanya waktu, kepercayaan, dan kesehatan saja yang mustahil dibeli dengan uang, perasaan yang tulus juga iya. Maksudnya di sini adalah dengan uang yang banyak kamu mungkin bisa membuat orang lain seolah menyayangimu. Tapi soal kebenaran perasaan tersebut belumlah tentu.

Dengan kedudukan, uang, serta posisimu di perusahaan misalnya, bisa saja membuat orang lain terlihat menyukaimu.

Namun bila kita bicara soal apakah perasaan itu tulus tentu uang tidak bisa menjaminnya. Percayalah bahwa ketulusan perasaan adalah hal mahal yang tidak bisa dibeli dengan harta sebanyak apapun itu.

5. Sahabat sejati

uang5-evelynhotelcomau-50de3812bc0cde359fbb8d47fa2609ac.jpg
Memiliki sahabat yang baik tentu menjadi dambaan setiap orang. Sahabat yang selalu mendukungmu menjadi pribadi yang positif, mau mendengarkan ketika ada masalah, atau berbagi rasa bahagia adalah anugerah terindah dari Tuhan. Namun ternyata pada faktanya ada banyak loh orang yang sulit menemukan sahabat sejati.

Walau memiliki uang yang banyak contohnya tak lantas membuat orang tersebut bisa menemukan sahabat sejati. Tidak sedikit orang kaya merasa bahwa kebanyakan teman di sekitarnya hanya memanfaatkan kelebihan yang ia miliki. Karena alasan inilah IDN Times memasukkan sahabat sejati sebagai satu dari sekian banyak hal yang tidak dibeli dengan uang.

6. Kedamaian dalam hati

uang6-publicdomainpicturesnet-ceabb106afa1729127904006e21b7355.jpg
Walaupun terdengar klise pada kenyataannya rasa damai adalah hal sederhana yang tidak bisa dibeli dengan uang. Kamu mungkin pernah mendengar kisah para orang kaya yang selama hidupnya sulit merasa tenang. Ia takut bisnisnya berantakan, khawatir akan dicurangi kompetitor bisnisnya, atau mungkin merasa was-was karena takut orang di sekitar hanya memanfaatkan.

Sederet rasa takut, khawatir dan was-was tersebut membuat ia sulit merasakan kedamaian. Akibatnya orang tersebut pun sulit menikmati kehidupan yang ia punya. Jika orang kaya mengalami ini, maka sebesar apapun pundi-pundi uangnya semua akan terasa tidak berarti.

7. Keluarga yang bahagia

uang7-mumbabymagazinecom-a4fc8d0182103a8cb6c11eb161277dd1.jpg
Tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga adalah sumber kebahagiaan utama. Karena sehebat apapun karir dan pendapatanmu, jika kita memiliki keluarga yang tidak bahagia maka semua terasa sempurna. Kamu mungkin bisa membeli apartemen serta berlibur ke luar negeri, tapi kalau dengan saudara sendiri saja tidak harmonis, buat apa itu semua?

Begitupun ketika misalnya kamu terlahir sebagai anak orang kaya tapi orangtua berpisah. Tentu secara tidak langsung hal tersebut akan menjadi beban tersendiri. Meski tinggal di kawasan elit, kamu tidak merasa puas karena mengetahui keluargamu tidaklah utuh. Ketika teman-teman iri melihat dirimu bisa mendapat fasilitas terbaik, kamu justru iri melihat mereka yang orangtuanya masih bersama.

8. Kecerdasan emosional

uang8-redorbitcom-69d55664210aaf23d9a44c7434e90b9e.jpg
Hal selanjutnya yang menurut IDN Times juga sulit dibeli dengan uang adalah kecerdasan emosional. Ya kecerdasan emosional secara singkat dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang untuk memahami perasaannya sendiri, perasaan orang lain, serta pengaruh antara keduanya dengan interaksi orang di sekitar. Seorang yang cerdas secara emosional mampu mengendalikan perasaannya dalam menjalani aktivitas harian.

Misalnya saja ketika sedang marah karena urusan pribadi, ia tidak lantas memarahi rekan kerjanya. Kecerdasan mengelola emosi ini akan mempengaruhi kualitas kerja serta hubungannya dengan orang lain. Nah kecerdasan mengelola emosi inilah yang tidak selalu dimiliki oleh orang kaya. Kamu tentu pernah kan bertemu orang kaya yang marah hanya karena hal-hal sepele?

9. Umur panjang

uang9-justindemutiisphotographyblogcom-c32c2bd80879ced08c78aaf44f3c12ee.jpg
Kesembilan adalah umur panjang, Ya kita tentu memahami bahwa usia adalah hal yang pengaturannya sudah ditetapkan oleh Tuhan. Dapat dikatakan bahwa Tuhan menjadi pemegang hak prerogatif untuk menentukan hal tersebut. Karenanya sepintar, seberkuasa, dan sekaya apapun seseorang ia tidak akan bisa membeli umur.

Ketika Tuhan sudah menentukan usia seorang manusa berakhir maka tidak ada kekuatan yang bisa menentang termasuk uang. Untuk itu selama Ia memberikan kesempatan untuk hidup manfaatkanlah hal tersebut guna melakukan hal-hal terbaik.

10. Amal kebaikan

uang10-shareyouressayscom-a0d1c85479527c01632dac416815c332.jpg
Amal kebaikan juga menjadi sesuatu yang sulit dibeli dengan uang. Kamu mungkin terlalu sibuk bekerja atau mungkin kuliah sehingga lupa menjalani perintah agama. Padahal jika kelak waktunya sudah tiba, maka amal kebaikan adalah satu-satunya modal kita memasuki surga yang Tuhan telah janjikan.

Karena itu mulai sekarang janganlah terlalu fokus mengejar sesuatu yang sifatnya duniawi. Imbangilah hidupmu dengan hal-hal yang berbau spiritual sehingga nantinya kita memiliki bekal ketika sudah tutup usia. Domino QQ