Sabtu, 15 April 2017

Begini Tips Cetak Uang Saat Libur Panjang Akhir Pekan

Tags


Kegiatan libur panjang akhir pekan tidak selalu harus diisi dengan kegiatan konsumtif. Saat libur panjang juga bisa diisi dengan kegiatan menghasilkan uang meski dilakukan dalam waktu terbatas.

Apa lagi memasuki April dan Mei akan menemui sejumlah libur panjang akhir pekan. Ingin tahu dan apa saja kegiatan produktif saat libur panjang akhir pekan?

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Mike Rini menuturkan, butuh ide kreatif yang dapat dikembangkan untuk mengisi libur panjang akhir pekan. BandarQ

Cara mengembangkannya bisa lewat pengetahuan, jaringan dan mencoba ide kreatif itu untuk produktif ketimbang konsumtif. Mike menuturkan menemukan ide kreatif bisa digunakan untuk menjalani usaha saat libur panjang akhir pekan.

"Salah satu cara menemukan ide kreatif dengan memperhatikan fenomena dan tren di masyarakat. Coba melihat usaha apa yang cocok saat libur panjang akhir pekan. Apalagi ini tipikal musiman," jelas Mike saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Sabtu (15/4/2017).

Ia mencontohkan, kegiatan biasa dilakukan saat libur panjang akhir pekan mulai dari olahraga, berkunjung ke mal dan pergi jalan-jalan ke tempat wisata dan lokasi yang belum pernah dikunjungi. Lewat melihat fenomena masyarakat dan tren bisa buka peluang usaha.

"Misalkan kalau tren kegiatan olahraga, bisa buka usaha minuman dan sarapan pagi. Atau buka usaha jalan-jalan misalkan untuk 10 orang," ujar Mike.

Selain menemukan ide buka usaha, kemudian persiapkan usaha yang dijalani dengan baik. Mike mengingatkan melihat tanggal merah yang tepat terutama saat libur panjang akhir pekan. Tak kalah penting yaitu mempersiapkan modal untuk usaha.

"Persiapan untuk menjalankan usaha saat libur panjang bisa dari sebulan sebelumnya, dan 1-2 hari sebelumnya agar pas hari H sudah siap," tutur dia.

Mike menambahkan, tentukan skala bisnis saat memulai usaha. Sebelumnya lihat dan tentukan target konsumen masyarakat yang ingin disasar, produk yang ingin dijual dan lokasi.

"Bila terlalu banyak bawa barang tetapi tidak laku semua bisa rugi. Kalau bawa barang terbatas juga bisa rugi. Jadi tentukan seberapa besar penjualan yang diraih," kata dia.

Usai rencana ingin buat usaha, persiapan kemudian hal terpenting lainnya yaitu promosi. Mike menuturkan, memulai usaha pas libur panjang akhir pekan juga bisa jadi ajang promosi agar usaha tetap berlangsung dan dikenal masyarakat. Caranya bisa dengan ikuti bazar, membuat atraksi atau acara sesuai usaha yang dijalani, serta promosi lewat media sosial. Domino 99

"Buat content promosi di media sosial seminggu sebelum jualan agar bisa diketahui masyarakat," tutur Mike.