Rabu, 19 April 2017

Tips Tingkatkan Tabungan Saat Ingin Beli Rumah

Tags


Membeli rumah impian memang bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan orang, terutama jika dana yang dimiliki sangat terbatas, karena seperti diketahui harga rumah bukanlah murah.

Bagi Anda yang berniat membeli rumah, perlu tahu apa saja yang harus dilakukan demi mendapatkan sebuah rumah yang diinginkan. Menabung sebanyak mungkin merupakan satu cara agar bisa membayar DP rumah dan cicilannya.

Ya, membeli rumah merupakan investasi besar bagi seseorang, pasangan, ataupun keluarga. Karenanya sangat penting untuk membuat rencana dan memiliki strategi ketika sudah punya niat untuk membeli rumah. BandarQ

The Global Dispatch menyebutkan, aspek terpenting yang harus dimiliki oleh calon pembeli rumah adalah dengan cara membangun dan meningkatkan tabungan. Berikut ini tips menabung yang bisa dilakukan untuk beli rumah:

1. Susun anggaran

Susunlah anggaran yang mencakup semua pendapatan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Membuat anggaran bulanan tentu saja membantu Anda mengelola keuangan berdasarkan perencanaan pemasukan dan pengeluaran. Selain itu menyusun anggaran juga membantu mengurutkan pengeluaran berdasarkan prioritas.

2. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Salah satu pos pengeluaran bulanan yang memiliki porsi yang cukup besar adalah membayar tagihan bulanan.

Menghemat penggunaan listrik, gas, PAM, dan telepon dapat membantu mengurangi pengeluaran secara signifikan karena meskipun persentase yang bisa dihemat sedikit, tetapi nominalnya relatif besar. Cara lainnya dengan mengurangi prioritas membeli barang yang kurang fungsional atau tidak mendesak.

3. Cari cara untuk mendatangkan penghasilan tambahan

Ada banyak sekali aktivitas sederhana yang bisa diubah menjadi sebuah bisnis besar dan menghasilkan uang tambahan. Bahkan, aktivitas tersebut bisa dilakukan pada waktu luang dan tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

Beberapa di antaranya yaitu berbisnis online, menjual barang bekas yang layak pakai, menjadi penulis atau fotografer lepas, memberikan les privat, dan berbagai kegiatan lain yang sesuai bidang dan minat Anda. Dengan begitu pastinya tabungan semakin meningkat dan uang yang dihasilkan juga bisa untuk menambah biaya untuk membeli rumah.

4. Bijaksana dalam membayar hipotek atau cicilan KPR

Membeli rumah memang membutuhkan pengorbanan, khususnya jika rumah yang dibeli dengan cara menyicil KPR selama beberapa tahun. Agar terhindar dari masalah dan kredit macet di kemudian hari, hal yang harus diingat ketika mengajukan kredit, terutama pada bank, adalah pinjaman tersebut masih dalam rasio yang baik dengan penghasilan. Domino 99

Dengan demikian, kredit tersebut tidak akan melampaui kemampuan keuangan atau dengan kata lain jangan sampai meminjam uang melebihi kemampuan yang dimiliki.

Ketahuilah berapa banyak uang yang harus Anda bayar setiap bulannya karena ini penting. Satu cara cerdas untuk menentukan berapa yang perlu Anda bayar setiap bulan adalah dengan menggunakan k​alkulator, yang memungkinkan Anda untuk membandingkan pinjaman rumah dan menentukan pilihan mana yang paling cocok dan sesuai dengan anggaran Anda.

Sebelum membeli rumah, ada baiknya​ juga​ Anda berbicara dengan orang sebanyak mungkin yang sudah paham tentang pasar perumahan dan sektor hipotek.

Hal ini untuk memastikan Anda mendapatkan informasi sebanyak yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang paling tepat dan rumah yang Anda miliki kelak pun sesuai dengan tabungan dan kemampuan keuangan yang Anda miliki.​



EmoticonEmoticon