Kamis, 06 April 2017

7 Hal yang Wajib Kamu Coba untuk Menambah Uang Saku di Sela-sela Kesibukan Kuliah

Tags

Cari penghasilan tambahan, kurangi beban orang tua.

Menjadi mahasiswa, pasti banyak banget kebutuhan yang harus dipenuhi mulai dari buku-buku kuliah, belanja, sampai pengeluaran untuk ikut berbagai kegiatan mahasiswa. Apalagi mahasiswa rantau yang jauh dari rumah, tentunya punya kebutuhan yang lebih banyak karena harus keluar uang makan sehari-hari. Buat kamu para mahasiswa, 7 hal ini bisa menambah uang sakumu sekaligus pengalamanmu. Jadi kamu tidak perlu meminta uang lagi pada orang tua jika ingin membeli sesuatu. Apa sajakah itu?

1. Menjadi asisten dosen (asdos).


Buat kamu yang ingin menambah pengalaman sekaligus penghasilan, menjadi asisten dosen menjadi pilihan tepat untuk kamu ambil. Selain pasti memperoleh gaji asisten, kamu juga akan mentrigger diri untuk belajar lebih serius karena harus memberikan asistensi atau bahkan menggantikan dosen di kelas. Selain mendapat gaji dan pengalaman, kamu juga bisa mendapat ilmu yang lebih banyak karena secara tidak langsung kamu akan belajar dua kali.

2. Mengajar les anak sekolah.


Saat ini, udah banyak banget komunitas atau instansi yang membuka les bagi anak-anak sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA yang membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk menjadi staf pengajar. Dan biasanya kamu akan digaji tiap pertemuan loh jadi kebayang kan kalo di sela-sela waktu luangmu dimanfaatkan untuk mengajar les anak-anak sekolah, misal satu pertemuan 50.000, kalau seminggu kamu bisa mengajar tiga kali kamu sudah bisa mendapatkan 150.000 dalam satu minggu. Lumayan, kan?

3. Bagi kamu yang suka nulis, kirimkan tulisan-tulisanmu!


Bagi kamu yang suka menulis, kamu bisa kirimkan tulisanmu ke media dan mendapat honor yang lumayan.Nggak perlu khawatir kalau kamu memang nggak suka menulis sejenis puisi, cerpen, berita atau artikel ilmiah. Saat ini, ada banyak banget media yang menerima tulisan dalam bentuk cerita traveling, humor, bahkan review tentang film atau drama korea pun ada! Jadi kamu bisa mencari media mana yang cocok dengan tulisanmu dan pastinya mendapat honor yang lumayan untuk ditabung atau tambahan uang saku.

4. Membuka usaha online.


Pasti banyak dari kita yang suka belanja onlinetidak perlu keluar rumah untuk melihat-lihat, tinggal transfer dan menunggu barang pesanan datang. Nah, mahasiswa juga bisa banget loh memulai usaha online baik menjadi reseller maupun memproduksi barang sendiri, bahkan kita bisa minta tolong teman kita yang hitsuntuk endorse barang kita secara gratis hehe. Dengan aktif memposting foto dan semangat menjawab para pelanggan, kita bisa mendapat penghasilan lumayan dari usaha ini. Menarik, bukan?

5. Membawa makanan ke kelas dan menjualnya sebelum kelas masuk atau saat istirahat.


Saat-saat di kelas pasti menguras banyak tenaga dan pikiran, dengan membawa satu box makanan ringan atau kue-kue pasar ke kelas kita pasti akan mendapat banyak pelanggan teman kita sendiri hanya dengan menaruh box di sudut kelas. Kalau kita beli kue di pasar seharga 1500 per buah dan menjual kembali dengan harga 3000 per buah, dengan menjual paling tidak 20 kue saja kita sudah bisa mengantongi 30.000 saat perkuliahan selesai. Kalau seminggu masuk 4 kali, 120.000 sudah ditangan loh.

6. Ikuti banyak lomba.


Saat-saat menjadi mahasiswa adalah saat dimana banyak sekali peluang untuk mengikuti berbagai kompetisi baik kompetisi yang berhubungan dengan jurusan kuliah maupun tidak. Selain menambah pengalaman dan kemampuan di luar bangku kuliah, kalau kita bisa memenangkan lomba tentu hadiah yang kita terima tidak sedikit. Apalagi lomba-lomba bagi mahasiswa biasanya menawarkan hadiah uang jutaan rupiah. Jadi tunggu apa lagi?

7. Bekerja part time.


Ini mungkin sudah sering kita dengar atau tonton di film-film, siang kuliah, malam bekerja. Mungkin bekerjapart time memang cukup berat karena terikat kontrak dan harus datang tepat waktu ke tempat kerja. Namun bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tetap, part time job memang salah satu piliha yang menjanjikan. Kamu bisa memulai dengan menjadi pengantar makanan, kasir, dan lain sebagainya. Tapi jangan lupa untuk tetap kerjakan tugas-tugas kuliahmu, ya ! Domino QQ



EmoticonEmoticon