Rabu, 26 April 2017

Hal Buruk yang Bisa Terjadi Saat Kamu Bekerja Lebih dari 8 Jam Sehari!

Tags

Waspada, bahaya ini mengintaimu!

Bekerja adalah salah satu rutinitas sekaligus kebutuhan. Kita butuh bekerja demi memenuhi kebutuhan ekonomi. Selain itu, bekerja juga membuat kita bisa terus berkarya dan melebarkan jaringan sosial. Namun, bekerja juga bisa membawa dampak negatif jika dilakukan secara berlebihan.


Nah, bagi kamu yang hobi menghabiskan waktu di kantor lebih dari 8 jam per hari. Hati-hati, bahaya ini mengintaimu!

1. Ritme hidupmu gak berjalan dengan seimbang.

daniel-h-tong-202091-4d3ca8259fb26099d8c5c157cae5e591.jpg
Pola hidup seimbang adalah kunci kamu bisa menjalani hidup yang berkualitas. Jika kamu gak bisa menjaga keseimbangan itu, bisa dipastikan kualitas hidupmu juga menurun. Load kerja dan kehidupan pribadi harus memiliki porsi yang sama besarnya. Waktunya bekerja, bekerjalah semaksimal mungkin. Ketika waktunya pulang ke rumah maka gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bersantai demi mengembalikan energi.

2. Kamu jadi cepat jenuh dan bakal merasa malas ketika berangkat ke kantor besok paginya.

matthew-dix-31391-8dededcb19443db7936cc222516f4d3e.jpg
Menghabiskan waktu lebih dari 8 jam di kantor bakal membuatmu merasa jenuh. Kamu bosan ketika harus melihat layar laptop demi mengerjakan laporan dan memenuhi deadline. Keesokan harinya rutinitas yang sama bakal kamu jalani di tempat kerja. Secinta apapun kamu dengan pekerjaanmu, jelas hal ini bakal membuatmu merasa bosan. Jangan heran jika titik jenuh sudah mencapai puncaknya, kamu bakal merasa malas pergi ke kantor.

3. Terlalu lama di kantor bukan berarti kamu rajin atau produktif lho.

bench-accounting-49025-4a5875f64a1c2a700226049d730f2918.jpg
Ya, lama bekerja di kantor bukan tandanya kamu pegawai paling rajin atau berdedikasi. Jadi jangan senang dulu kalau bos akan berpendapat demikian. Bisa jadi bosmu justru berpikir bahwa kamu adalah orang yang malas dan gak bisa membagi waktunya sehingga harus bekerja lebih dari durasi yang seharusnya.

Nah, kamu gak mau dicap gini kan? Makanya, usahakan untuk bekerja sesuai porsinya dan meninggalkan kantor seusai jam kerja. Bekerja terlalu lama juga bakal menghilangkan fokusmu. Fokusmu justru terbagi-bagi dan kamu gampang terdistraksi. Hasilnya, kamu jadi gak produktif dan kerjaan gak selesai-selesai.

4. Terlalu sering lembur juga bakal berpengaruh buruk bagi kesehatanmu.

crew-88128-06472c93330740ecf44f927d360f0c7d.jpg
Terlalu lama duduk di kursi dan menatap layar laptop tentu bakal membawa dampak negatif bagi kesehatan. Mungkin efek jangka pendeknya, kamu bakal merasa pegal di punggung atau capek mata. Padahal sebenarnya, efek jangka panjangnya sungguh mengerikan. Terlalu lama duduk dan jarang berolahraga bisa jadi sumber penyakit kronis seperti diabetes dan pengeroposan tulang. Selain itu, di usia tua penglihatanmu juga bisa berkurang drastis.

Jika kamu gak mau hal ini terjadi, maka bekerjalah sesuai porsinya. Jangan lupa juga untuk beristirahat setiap kali kamu merasa lelah.

5. Waktu untuk diri sendiri, teman dan keluarga jauh berkurang.

andrew-neel-218073-0c3566b8842f6e07b2120c7aad7cc5d4.jpg
Waktumu banyak tersita demi pekerjaan, dan secara gak langsung kamu mengabaikan keluarga dan dirimu sendiri. Kamu jadi tidak punya waktu me time dan quality time bersama keluarga atau pasangan. Hal ini tentu berbahaya karena bisa menganggu komunikasi. Bahkan, menurut penelitian banyak pasangan yang bercerai dan keluarga yang berantakan karena dipicu oleh komunikasi yang tak sehat.

Selain itu, kamu juga gak punya waktu untuk nongkrong bersama dengan teman lagi. Jangan heran jika nantinya kamu dicap sok sibuk dan imbasnya hubungan persahabatanmu jadi renggang.

Well, hidup gak melulu soal materi. Bekerja keras demi karir boleh saja, tapi ingat bahwa ada aspek lain yang sama pentingnya. Jadi, gunakan waktumu secara bijak ya! Domino QQ



EmoticonEmoticon