Kamis, 23 Maret 2017

5 Fakta Tentang Bill Gates yang Akan Membuatmu Tercengang

Tags


Tanggal 28 Oktober kemarin selain diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, juga sebagai penanda lahirnya satu sosok manusia yang begitu fenomenal. Yup, William Henry Bill Gates atau yang lazim dipanggil Bill Gates lahir ke dunia 60 tahun lalu. Diakui atau tidak, pria ini adalah salah seorang yang membawa dunia ke arah yang lebih baik lagi dengan berbagai teknologi yang telah diciptakannya.


Tak sebatas sebagai sosok yang dikenal jenius, Bill juga bisa dibilang manusia paling dermawan di dunia. Ya, pria ini tercatat melakukan rekor amal yang gila dan bahkan mungkin tidak bisa dilampaui oleh siapa pun. Hal tersebut cukup masuk akal lantaran Bill sendiri bertambah kekayaannya tiap menit.
Meskipun terlihat sempurna, namun Bill bukan sosok yang benar-benar seperti itu. Ia juga sering membuat kesalahan, pernah melakukan kenakalan-kenakalan ketika muda. Bahkan ia juga terkesan main-main soal pendidikan. Namun hal tersebut tak menghalanginya untuk masuk dalam deretan orang tersukses yang pernah ada. Nah, berikut adalah deretan fakta unik lain tentang Bill Gates yang juga tak kalah bikin heboh.

1. Kekayaan Bill Gates Tak Karuan Banyaknya

Ada yang tahu berapa kekayaan Bill saat ini? Tak kurang dari $ 72 miliar atau jika dirupiahkan sama nilainya dengan Rp 981.360.059.012.006. Saking banyaknya bahkan kita sulit membaca deretan angka tersebut. Nah, dengan jumlah uang ini jika diibaratkan Bill Gates adalah sebuah negara maka ia berada di urutan 63 terkaya. Padahal jumlah negara saat ini kurang lebih 195.
Dengan kekayaan $ 72 miliar, butuh 200 tahun lebih untuk menghabiskan kekayaan Bill [Image Source]

Lalu sebagai parameter lain menghitung kekayaan Bill, coba hitung berapa lama waktu yang kita perlukan untuk menghabiskan semua uangnya, jika dalam satu hari dibelanjakan sebanyak $ 1 juta? Silahkan terkejut karena kita butuh 218 tahun sampai uang Bill terkuras habis. Bahkan kita mungkin tidak hidup selama itu. Jadi, bisa dibayangkan betapa banyaknya uang yang dimiliki Gates saat ini.

2. Kaya Namun Dermawan Minta Ampun

Seperti yang sempat disinggung dalam bagian pembuka, Bill tak hanya dikenal sebagai sosok yang kaya, namun juga dermawan luar biasa. Di samping Microsoft,Bill juga mendirikan sebuah organisasi sosial bernama Bill & Melinda Gates Foundation dan telah bekerja membantu banyak sekali manusia.
Lewat badan amalnya, Bill telah menyumbangkan Rp 381 triliun [Image Source]

Nah, jika dihitung mulai dari awal berdiri hingga saat ini, maka tak kurang dari $ 28 miliar yang telah disumbangkan. Kalau dikonversikan dalam rupiah nilainya menjadi sekitar Rp 381 triliun. Satu negara diberi uang sebanyak ini mungkin akan langsung naik taraf hidupnya. Dengan jumlah uang ini memang Bill setidaknya sudah membuat kehidupan 6 juta orang lebih baik. Bahkan jika dibandingkan dengan unit kesehatan PBB, maka organisasi ini sudah jauh melampauinya.

3. Miliuner yang Tak Lulus Kuliah

Tak semua orang hebat punya latar belakang pendidikan yang mumpuni. Termasuk Bill, yang juga merupakan mahasiswa drop out dari Harvard University. Bill kemudian mengambil langkah nekat dengan mengembangkan Microsoftbersama Paul Allen dan hasilnya luar biasa.
Meskipun drop out, pada akhirnya Bill mendapatkan gelar doktor di mantan almamaternya [Image Source]

Ketika ditanya, Bill sebenarnya menyesal tidak bisa melanjutkan rutinitas kuliah dan justru bersimpati kepada mahasiswa yang bisa lulus dengan sempurna. Bahkan dalam sebuah sesi wawancara ia mengatakan “Jangan meniru saya yang tidak lulus kuliah ini. Luluslah karena akan menjamin pekerjaan dengan lebih pasti.”
Bersama dengan Bill, orang-orang hebat yang tak punya latar pendidikan tinggi adalah Abraham Lincoln, Walt Disney, Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Hingga Henry Ford. Persamaan di antara mereka? Yup, hampir semuanya sukses dan tidak ada yang miskin. Namun, hal ini tidak bisa jadi dalih untuk ramai-ramai meninggalkan kuliah. Seperti kata Bill, pendidikan adalah hal yang paling penting.

4. Pernah Jadi Remaja Nakal

Demikian sukses ketika tua, sudah pasti mudanya banyak belajar dan bekerja keras. Ya, dipikir logis sih begitu namun ternyata tidak untuk Bill. Percaya atau tidak masa muda pria ini juga sama nakalnya seperti anak remaja lain. Namun bukan hal yang aneh-aneh seperti narkoba atau prostitusi. Namun lebih kepada perilaku-perilaku yang mungkin cukup wajar dilakukan anak muda.
Ini salah satu bukti otentik kalau Bill Gates juga manusia [Image Source]

Ya, Bill dulu sempat ditahan polisi gara-gara dengan sengaja ia menerobos lampu merah. Bahkan tak cukup dengan itu, ia juga tidak bisa menunjukkan kartu izin mengemudinya. Uniknya ketika difoto dengan nametag dan nomor seperti kriminal, Bill justru terlihat tersenyum puas. Kejadian ini menunjukkan jika orang sukses juga pernah melakukan kesalahan ketika muda.

5. Hidup Enak di Rumah Paling Mewah

Melakukan semua tugas, bahkan beramal pula, maka menjadi sesuatu yang lazim jika Bill juga harus menikmati hidup. Ya, hal tersebut ia wujudkan dalam bentuk rumah mewahnya yang luar biasa besar dan dipenuhi segala kenikmatan duniawi. Luas rumahnya sendiri sekitar 6 ribu meter dan dibangun dengan desain Pacific Lodge.
Xanadu, rumah indah yang di dalamnya terdapat semua kenikmatan duniawi [Image Source]

Bangunannya sendiri mayoritas kayu dengan konsep back to nature. Bagian dalamnya mengusung tema sederhana namun elegan. Meskipun begitu banyak sekali teknologi canggih yang disematkan di dalamnya. Termasuk sebuah pin yang dipakai oleh para tamu yang akan membuat suhu ruangan menyesuaikan secara otomatis. Tak sampai situ, di bagian luar ada sebuah danau yang bisa dijadikan hiburan tersendiri entah main jetski, berenang atau sekedar mancing saja.
Rumah yang selesai pada tahun 2005 ini menghabiskan setidaknya $ 147 juta. Bill sendiri setidaknya menghabiskan jutaan dolar untuk perawatan, termasuk $ 1 juta pertahunnya sebagai pajak bangunan.
Kalau dibilang iri sih ya tentu saja. Siapa yang tak mau hidup seperti Bill Gates yang bahkan 200 tahun uangnya takkan habis. Namun satu yang harus kita sadari adalah bagaimana ia memulai semua ini. Termasuk berani mengambil keputusan keluar dari kampus terkenal dan belajar otodidak lalu memulai usaha. Yang membedakan Bill dan kita sebenarnya hanyalah keberanian. Ketika kita berani mengambil keputusan krusial dan bertanggung jawab atasnya, bukan tidak mungkin kita akan mengalami hal yang serupa. Domino QQ


EmoticonEmoticon