Jumat, 31 Maret 2017

Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online

Tags


Tips Membangun Kepercayaan Konsumen - Kepercayaan merupakan sifat dasar yang sangat penting, dimana sifat percaya ini tidak muncul kecuali dengan bukti-bukti yang telah ada, begitu pula di dalam dunia bisnis, kepercayaan sangat di butuhkan terutama kepercayaan konsumen terhadap penjual barang. Pada umumnya, konsumen harus membayar terlebih dahulu saat berbelanja online, baru barang di kirimkan ke alamat tujuan.


Yang menjadi masalah adalah barang tersebut di kirim atau tidak. Nah, disinilah peran kepercayaan konsumen di butuhkan. Semakin percaya konsumen dengan penjual maka konsumen akan melakukan transaksi tanpa takut barang tidak dikirim. Maka dari itu kepercayaan sangatlah penting dan kita berusaha bagaimana cara mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online

Dengan kepercayaan lah konsumen mau membeli barang yang kita jual, ini pun tidak hanya berlaku untuk toko online, bahkan toko offline sekalipun. Maka dari itu mengapa kepercayaan sangat penting dan menjadi modal utama para pemilik toko online, karena dengan kepercayaan konsumen lah barang dagangan bisa laris manis di pasaran.

Untuk mendapatkan kepercaayan konsumen memang bukanlah hal yang mudah, karena konsumen hanya bisa melihat barang yang di jual melalui foto atau maksimal sebuah video. Tentu saja konsumen tidak bisa melihat bentuk fisiknya secara langsung, dengan begitu konsumen tidak bisa melihat kualitas, jenis bahan, ukurannya dan lain sebagainya. Konsumen hanya memanfaatkan deskripsi produk yang di berikan atau langsung bertanya kepada penjual. Jika konsumen menyimpulkan toko online anda terpercaya, konsumen akan senag hati untuk bertransaksi, begitu pula sebaliknya.

Lantas bagaimana agar toko online terpercaya dan menjadi pilihan konsumen? berikut ini informasi tips membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online yang mungkin bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online


1. Bangun Website Toko Online Profesional

Saat pertama kali ingin belanja online, konsumen akan mencari toko online yang sesuai dengan barang yang di carinya. Setelah ketemu maka konsumen akan menuju situs tersebut untuk melihat barang yang di inginkan. Namun apakah anda tahu jika kesan pertama yang di perhatikan oleh konsumen adalah tampilan toko online tersebut. Dengan tampilan yang mudah dan navigasi jelas, konsumen akan nyaman dalam memilih barang.

Itu artinya tampilan yang profesional sangat di butuhkan. Konsumen biasanya juga melihat domain dari alamat website tersebut, dengan domain yang profesional konsumen paling tidak percaya jika website ini terpercaya. Usahakan jangan menggunakan domain gratisan saat membangun toko online, konsumen saat ini mengerti betul jika situs jual beli online dengan domain gratisan rawan dengan penipuan.

Intinya bagaimana konsumen bisa nyaman saat memilih barang dan menu atau navigasi bisa di akses dengan mudah. Karena jika konsumen sudah betah berada di situs online anda dapat di pastikan presentase transaksi semakin besar.

2. Gambar Yang Jelas dan Original

Gambar barang wajib di sertakan saat kita berjualan online, karena tanpa gambar bagaimana konsumen tahu tampilan fisik barang tersebut, meskipun tidak melihat secara langsung, paling tidak dengan melihat gambar konsumen bisa tahu nantinya barang yang di beli seperti apa. Sebagai pemilik toko online ada baiknya anda mengambil gambar original  dari barang yang di jual. Foto barang menggunakan kamera yang bagus agar detail barang terlihat, pastikan juga untuk menyertakan gambar lebih dari 2 gambar yang di foto dari berbagai sisi, karena semakin
banyak gambar konsumen bisa melihat barang dari berbagai sisi.
Jika anda mengambil gambar dari toko online lain atau dari internet, maka ketika barang yang di kirim tidak sama dengan kondisi aslinya, konsumen akan protes atau minimal kesal dan tidak membeli lagi di toko online anda. Jika sudah yakin barang yang kita jual berkualitas, mengapa masih menyertakan foto palsunya. Sertakan saja foto aslinya, karena kejujuran anda sangat di butuhkan disini.

3. Deskripsi Produk Jelas dan Lengkap

Selain menyertakan gambar yang jelas dan original, anda juga harus memberikan deskripsi pada setiap produk yang anda jual. Berikan deskripsi dengan jelas dan selengkap-lengkapnya. Dan jangan sampai anda salah dalam menuliskan deskripsi apalagi sampai berbohong. Semisal anda menjual smartphone dimana smartphone tersebut sebenarnya garansinya adalah distributor, namun agar konsumen lebih tertarik anda memberikan deskripsi dengan menyebutkan garansi resmi. Memang untuk 1 atau 2 transaksi akan ada konsumen yang tertipu, namun setelah itu konsumen tidak akan membeli lagi di toko anda.

Dampak terburuknya saat konsumen memberikan testimoni, ketika mereka berkata toko ini menipu maka calon konsumen lain akan was-was dengan toko online anda.

Memberikan deskripsi yang lengkap dan jelas bisa meminimalisir pertanyaan dari konsumen, karena jika harga, ukuran, jenis, garansi, warna dan segala sesuatu yang di butuhkan sudah di berikan, konsumen tidak akan bertanya lagi, mungkin bertanya masalah pembayaran dan lain sebagainya.

4. Mudah di Hubungi Konsumen

Saat konsumen tertarik dengan produk yang di inginkan, konsumen akan mencari kontak yang bisa di hubungi. Yakinlah disini konsumen sangat butuh fast respone dari anda. Jika konsumen bertanya pada jam 7 pagi, paling tidak anda sudah menjawab pertanyaan konsumen maksimal jam 8, jangan sampai membuat konsumen menunggu lama untuk sekedar 1 pertanyaan saja.

Yang lebih penting pastikan konsumen mudah dalam mencari nomor atau media yang bisa mereka hubungi, letakkan di atas atau di samping situs yang penting jelas. Selain nomor telepon sediakan pula jenis media komunikasi lain semisal SMS, WA, BBM, Line, Email dan lain sebagainya.

5. Garansi Produk

Garansi produk merupakan salah satu bentuk tanggung jawab penjual yang mana konsumen sangat menyukai produk yang ada garansinya. Bukan karena barang yang mudah rusak, namun untuk mengatisipasi ketika barang rusak atau terjadi masalah di kemudian hari.

Memang tidak semua barang ada garansinya, seperti pakaian misalnya. Jika barang tersebut seperti smartphone maka garansi sudah otomatis ada.

Garansi yang di maksudkan disini adalah garansi dari anda sendiri sebagai penjual, semisal garansi jika barang tidak sampai, garansi barang rusak atau cacat saat sampai dan garansi salah produk. Dengan garansi tersebut paling tidak anda sudah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen. Tentu saja kepercayaan konsumen semakin meningkat jika anda memberikan garansi seperti ini.

6. Sertakan Testimoni Pelanggan

Memberikan halaman khusus yang berisi testimoni dari pelanggan yang sudah belanja merupakan hal yang bagus, karena dengan adanya real testimoni dari pelanggan, konsumen bisa menilai bagaimana barang dan pelayanan yang anda berikan. Lebih bagus lagi jika testimoni barang berada tepat di halaman barang tersebut, dengan begitu testimoni lebih tepat sasaran dan konsumen pun bisa menilai dengan cepat.

Jangan ragu untuk menambahkan menu testimoni ini, jika memang pelayanan anda baik dan produk anda berkualitas, pasti adanya testimoni membuat toko anda semakin terpercaya.

Itulah beberapa tips mendapatkan kepercayaan konsumen di dalam dunia bisnis online, jika saat ini toko online anda sudah profesional namun masih sepi transaksi, ada kalanya anda membuka toko di beberapa toko online besar seperti bukalapak dan tokopedia, karena kedua toko online tersebut sudah terkenal kredibilitas dan di percaya banyak orang. Cukup sekian semoga informasi ini bermanfaat, Terimakasih. Domino QQ



EmoticonEmoticon