Minggu, 12 Maret 2017

Gak Mau Jadi Bawahan Orang Lain? Coba 7 Bisnis Kreatif yang Datangkan Untung Besar Ini

Karena kerja jadi karyawan udah gak zaman

Makin ke sini, makin banyak anak muda yang tertarik dengan bisnis kreatif. Sebagian besar berpendapat kalau merintis bisnis pribadi jauh lebih menantang dibandingkan kerja di perusahaan orang. Gak heran heran, anak muda pun berlomba membuat ide bisnis sekreatif mungkin agar bisa bersaing.


Nah kalau di antara kamu lagi berpikiran untuk mencoba terjun ke industri ini, jangan khawatir. Berikut IDN Times sudah punya ulasannya khusus untuk kamu:

1. Snack antimainstream

foto-1-d765ff73e170af584d066a1394740ea3.jpg
Ide bisnis yang satu ini sayang banget buat dilewatkan, yaitu bikin snack antimainstream. Maksud antimainstream di sini adalah kamu bisa buat snack dengan rasa atau bahan dasar yang tergolong gak biasa. Misalnya nih kamu bisa bikin keripik dengan bahan dasar terong. Aneh, ‘kan? Biasanya semakin unik snackbuatanmu, peluang untuk mencuri perhatian pasar juga makin besar. 

2. Bisa juga buat home living products bikinan tangan sendiri!

foto-2-93a91be3fb314401a18a85be7d9e5308.jpg
Pernah gak kepikiran buat produk home living sendiri? Kalau iya, realisasikan sekarang juga. Kamu bisa membuat seprai, sarung bantal, atau taplak meja dengan desain yang dibuat sesuai kreasi kamu. Nantinya produk-produk tersebut dapat dipasarkan secara mandiri; baik secara langsung pada teman atau juga memanfaatkan media sosial. 

3. Coffee shop dengan konsep unik

foto-3-1098c7eb5cb2f4e0cf018be76f9adc86.jpg
Walaupun bisnis coffee shop udah menjamur, tapi usaha ini terbilang masih menjanjikan. Selama bisa menciptakan sajian kopi yang enak di tengah suasana cozy, pasti banyak orang tertarik datang ke coffee shopmilikmu. Nah kalau dua hal tersebut sudah terpenuhi, jangan diam menunggu pengunjung datang. Promosikan coffee shop-mu tersebut lewat berbagai medium, misalnya dengan membuat coffee paper cupyang lucu, flyer, atau sampai media digital.

Meski punya banyak ide unik, terkadang para entrepreneur suka kebingungan mengenai materi promosi. Terlebih, tak semua orang memiliki pemahaman yang cukup luas mengenai dunia ini, terutama berkaitan dengan strategi branding dalam materi promosi yang kita miliki. Padahal, materi tersebut merupakan aset yang cukup penting lho dalam sebuah bisnis. Apalagi jika skala bisnis yang kita miliki semakin bertambah besar. Nah terkait hal ini, salah satu tempat yang bisa menjadi jawaban ialah Prinzio.

Prinzio merupakan jasa percetakan online yang bisa memberikanmu pengalaman printing yang berkualitas dan efisien. Berbagai bentuk materi promosi untuk keperluan bisnismu dapat dicetak di sini, mulai dari flyer hingga kartu nama sekalipun. Kamu juga tak perlu bingung jika ingin mengemas coffee cup ataupun boks kue yang cocok untuk usahamu, sebab jasa percetakan online ini juga bisa mencetak packaging. Tak cuma sekedar cetak, kamu juga bisa berkonsultasi  agar hasil yang kamu terima sesuai dengan ekspetasi. Berbisnis pun jadi makin mudah, berkat layanan yang diberikan oleh Prinzio.

4. Tertarik bikin bisnis catering makanan sehat?

foto-4-c9625288ac5091a1604392964133a962.jpg
Saat ini, banyak orang yang sudah mulai tersadarkan akan pentingnya gaya hidup sehat. Selain berolahraga, biasanya mereka juga concern dengan makanan yang dikonsumsi. Nah tren konsumsi makanan sehat inilah yang kamu manfaatkan peluangnya. Kamu dapat membuat bisnis katering makanan sehat. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta bisnis seperti ini diminati banyak orang, lho. Bukan gak mungkin bahwa dalam waktu setahun kamu bisa mengalami perkembangan yang pesat.

5. Bagi yang merasa kreatif, wajib coba usaha custom case

foto-5-2c8b582ec18b1616733521b7755c6f35.jpg
Daripada bosan dengan case handphone yang standar, kenapa gak coba bikin buatanmu sendiri? Udah banyak lho orang yang membuktikan betapa bagusnya pasaran model bisnis seperti ini. Sebagai contoh, seorang wirausaha dari Tangerang bernama Dwi Saputro bisa meraup untung hingga 35 juta per bulannya dari usaha custom case. Kalau Dwi Saputro bisa, IDN Times yakin kamu juga bisa.

6. Kamu videographer? Coba deh buka jasa konsultan!

foto-6-ec3cf4e58bf1849cdc3da81d64fcedef.jpg
Mungkin, selama ini kamu udah sering mendapatkan freelance job untuk videografi dari orang di sekitarmu. Jika iya, pernahkah kamu berpikir untuk meningkatkan skala pekerjaanmu tersebut jadi lebih besar? Misalnya ialah dengan membuka jasa konsultan untuk videografi. Tak hanya meningkatkan kemampuan, bisnis kreatif yang satu ini juga bisa jadi sumber tambahan penghasilan yang bagus, lho. Terlebih, saat ini permintaan akan jasa ini sudah semakin bertambah banyak.

Mengingat di luar sana sudah banyak konsultan videografi sejenis, maka penting untuk merancang strategi branding yang kuat. Misalnya, tentukan sejak awal siapa orang yang jadi sasaran bisnismu. Dari situ, kamu bisa tahu langkah apa yang bisa dilakukan untuk membuat jasa konsultan milikmu dicari oleh mereka. Apabila sasaran pelangganmu ialah anak-anak muda, tentunya kamu membutuhkan materi promosi yang nampakyouthful dan tidak kaku.

Sayangnya, sebagai seorang entrepreneur terkadang kita tak memiliki banyak waktu untuk menggarap semuanya secara sendiri. Itulah sebabnya, layanan Prinzio hadir untuk membantu kebutuhan bisnismu. Layanan one stop printing solution ini bisa memberikanmu konsultasi mengenai materi promosi dan branding yang tepat sesuai bisnis, mulai dari desain, ukuran, hingga modelnya. Asyik, bukan?

7. Suka membuat konsep acara? Coba deh bikin event organizer

foto-7-e7ade248db0dcc083d29d147cb94139c.jpg
Bisnis kreatif terakhir yang IDN Times rekomendasikan adalah membuka jasa event organizer. Jenis bisnis ini cocok banget dijalani oleh kamu yang senang membuat konsep serta mengeksekusi sebuah acara. Peluang bisnisnya juga cukup menjanjikan, sebab kini jasa EO banyak dicari mulai untuk keperluan pernikahan, bridal shower, sampai ulang tahun. Syaratnya cuma satu: berani mencoba! Kalau suatu saat nanti jasa EO kamu membutuhkan tempat untuk pembuatan merchandise misalnya, manfaatkan saja Prinzio.

Banyak banget fasilitas yang ditawarkan untuk membantu memenuhi kebutuhan bisnismu, mulai dari konsultasi desain hingga pencetakan. Menariknya, semua ini bisa dilakukan dari jarak jauh sekalipun. Kamu tinggal buka situs Prinzio, kemudian beritahukan kebutuhanmu. Nantinya, hasil printing bisa langsung diantarkan langsung ke alamatmu. Pas banget nih buat para pekerja EO yang selalu bekerja mobile!

Nah, setelah melihat beberapa ide bisnis kreatif di atas, coba deh kamu pikirkan baik-baik. Mana yang sesuai dengan dirimu? Domino QQ