Senin, 27 Maret 2017

Jangan Gegabah, Pahami Dulu 4 Hal Ini Sebelum Membuat Kartu Kredit

Tags

Jangan cuma bisa memakainya aja ya

Sudah mempunyai penghasilan sendiri tentu membuatmu merasa bebas melakukan apapun dengan uangmu. Tak terkecuali untuk membuat kartu kredit. Kartu kredit memang menawarkan berbagai kemudahan pembayaran yang sering diikuti dengan berbagai promo menggiurkan. Namun, pada kenyataannya membuat kartu kredit tidak semudah membuka rekening tabungan.


Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan juga dipersiapkan sebelum kamu ingin membuatnya. Cek dulu yuk hal-hal di bawah ini, supaya kamu bisa tahu apakah kamu sudah layak memegang benda kecil ini.

1. Memahami fungsi kartu kredit.

pexels-photo-45111-large-9e8f456434acac1dba8116b6c19bac59.jpeg
Tentu sebelum kamu memutuskan membuat kartu kredit kamu sudah harus memahami fungsinya sendiri. Fungsi dari kartu kredit sendiri gak cuma sekadar memberikan promo atau menggantikan uang tunai. Kartu kredit pada dasarnya merupakan instrumen pinjaman, di mana pinjaman tersebut berlaku dalam nominal tertentu sepanjang kurun waktu sekitar 30 hari. Setelah 30 hari, kamu diwajibkan untuk  menggantikan semua transaksi yang kamu lakukan dengan kartu kredit dalam bentuk tagihan. Jadi, menggunakan kartu kredit sebenarnya hampir sama dengan berhutang.

2. Mekanisme pembayaran tagihan kartu kredit.

accepting-ach-payments-d82efd2a6d4416678e926ed2ac5e7b0c.jpg
Pembayaran tagihan kartu kredit sudah dapat dilakukan ketika tagihanmu sudah terbit. Setelah tagihanmu terbit, biasanya kamu akan diberikan waktu beberapa hari untuk melunasinya. Pembayaran dapat kamu lakukan melalui atm atau langsung di kantor cabang bank tersebut.

Metode pembayarannya juga terdapat beberapa pilihan. Biasanya , penyedia kartu kredit menawarkan metode pembayaran minimum, di mana kamu bisa membayar sebagian kartu kreditmu terlebih dahulu dengan nominal minimum yang ditetapkan. Atau, kamu bisa langsung membayar full, dalam arti kamu melunasi semua tagihanmu tersebut dalam tenggat waktu yang ditetapkan. 

Meski begitu, sangat disarankan bila kamu selalu membayar tagihanmu secara full di tiap bulannya. Pastikan juga kamu mampu membayarnya tepat waktu dan dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihanmu. Karena apabila kamu membayar kurang dari jumlah tagihannya, kekurangan tersebut akan diakumulasikan ke tagihan di bulan berikutnya dan dapat terkena bunga. Jadi, kamu tak hanya harus disiplin, namun juga teliti.

3. Manfaat kartu kredit.

croppedimage1280722-how-to-pay-c630cf5a7ae7c3a1a90dd94006cb26e8.jpg
Manfaat berbeda dengan fungsi. Memiliki kartu kredit sesungguhnya dapat memberikanmu manfaat tersendiri apabila dapat kamu gunakan secara bijak. Selain diskon dan promo yang menggiurkan, dengan memiliki kartu kredit sesungguhnya kamu sedang membangun reputasi kreditmu. Apa keuntungan dari reputasi kredit? Memiliki reputasi kredit yang baik dapat memudahkanmu meminta pinjaman dari bank apabila sewaktu-waktu kamu berminat membangun usaha atau membeli rumah. Untuk membangun reputasi kredit yang baik, satu hal yang paling penting kamu lakukan adalah dengan membayar tagihan kartu kreditmu tepat waktu.

4. Tentunya kamu juga sudah harus memahami pola keuanganmu.

money-256281-960-720-ad4226272d3adb965f20c0f0286b0371.jpg
Poin utama dan paling penting yang harus kamu perhatikan sebelum memiliki kartu kredit tak lain adalah kebiasaanmu dalam mengelola uang. Sebaik mungkin kamu harus memahami pola keuanganmu dan menilai sendiri apakah kamu termasuk orang yang boros, apakah kamu punya kebiasaan menunda-nunda untuk membayar hutang dan sebagainya. Dari situ, kamu juga sudah bisa menentukan bagaimana kamu akan melunasi tagihanmu, tak lupa dengan menyesuaikannya dengan kapasitas keuanganmu. Sebaiknya kamu juga sudah memprediksi apakah kamu nanti mampu melunasi tagihan kartu kreditmu secara full atau tidak.

Tak hanya itu, kamu juga sudah harus menentukan bagaimana kamu menggunakan kartu kreditmu nanti. Apakah akan kamu gunakan secara rutin untuk berbelanja, atau sekedar untuk kebutuhan darurat. Semua hal itu perlu kamu perhatikan supaya kamu dapat secara bijak dan cermat menggunakan kartu kreditmu.

Tidak hanya keuntungan yang ditawarkan, memiliki kartu kredit juga memberikanmu tanggung jawab baru. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu tak hanya memahami kegunaannya, tapi juga bagaimana kamu akan menggunakannya nanti. Layaknya mengatur keuangan seperti biasanya, kunci untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak adalah dengan menjadi disiplin dan teliti. Jika kamu sudah memahami keempat hal tersebut, diharapkan tidak ada kendala dalam menggunakan kartu kreditmu nanti. Domino QQ



EmoticonEmoticon