Selasa, 21 Maret 2017

Melek Finansial, Cara Agar Uangmu Tak Terbuang Sia-sia

Tags

Agar keuangan gak bocor.

Apakah kamu tahu kalau ternyata ada survei mengenai melek finansial? Survei melek finansial dilakukan di berbagai negara untuk mengetahui tingkat kesadaran masing-masing penduduknya. Visa pernah melakukan survei melek finansial dan hasilnya Indonesia menempati ranking dua dari bawah.

Apa artinya melek finansial?

mf1-d8e18a86a051190ba971df9919a0a474.jpg
Melek finansial sangat penting, tapi apakah kita paham artinya? Melek finansial ternyata punya pengertian yang cukup sederhana. Artinya adalah pengetahuan dan pemahaman mengenai uang dan cara mengelolanya. Pengetahuan dan pemahaman tersebut digunakan sebagai dasar untuk memutuskan berbagai hal terkait pengeluaran, pendapatan, serta tabungan.

Siapa yang bisa membantu kita mengelola uang?

mf2-b450bc1f42045e68054dbe73a4426c7c.jpg
Salah satu jawabannya adalah bank. Ada beberapa alasan kenapa orang memutuskan untuk menyimpan atau tidak di bank. Misalnya tidak ada alokasi dana yang bisa dikelola, belum merasa butuh, kurang tahu biaya yang dikenakan atau cara membuka akun di bank. Alasan lain yang paling membatasi adalah orang-orang lebih memilih mengelola uangnya sendiri.

Kenapa melek finansial begitu penting?

mf3-f43a95ebddd92e9901ae993d83303fa0.jpg
Melek finansial begitu penting agar kita tidak terjebak kesulitan keuangan. Harus ada kesadaran kenapa kita membelanjakan supaya tidak terjadi kebangkrutan.

Berdasarkan survei yang dilakukan InterMedia dan Finclusion, 56% orang dewasa di Indonesia membelanjakan uang karena alasan khusus. Sisanya adalah orang yang membeli barang tanpa ada pertimbangan.

Melek finansial akan berguna untuk jaminan hari tua.

mf4-6647228f0d27d9edcee4d2446b3779eb.jpg
Melek finansial akan membuat orang menyisihkan uang untuk jaminan hari tua. Kita akan sangat memerlukan tabungan untuk hari tua karena tidak bisa bekerja sehingga kehilangan sumber pendapatan. Meski begitu, survei InterMedia dan Finclusion hanya menemukan 8% orang Indonesia yang memiliki tabungan hari tua.

Apa langkah pertama untuk melek finansial?

mf5-5793264e207caa5d91fd5598d5bea119.jpg
Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah mengetahui suku bunga pinjaman dan tabungan perbankan. Suku bunga biasanya telah ditentukan standarnya oleh negara melalui bank, namun ada juga pihak lain yang menawarkan jasa serupa. Semestinya kita paham tawaran pinjaman dan tabungan mana yang lebih menguntungkan dari perhitungan suku bunga tersebut.

Setelah itu?

mf6-ecc519020221bf4ffd25777a92588ca9.jpg
Kita bisa memulai dengan rencana mengumpulkan target simpanan pertama. Tetapkan saja misalnya 100 juta rupiah. Kira-kira bagaimana cara kita untuk mengumpulkan uang sebanyak itu? Kapan kita bisa mencapainya dengan kemampuan atau pendapatan yang ada sekarang?

Pertanyaan berikutnya yang muncul adalah “mungkin gak ya?”. Kalau dari awal sudah niat dan tahu caranya semisal lewat investasi dan sebagainya, kita tinggal melaksanakan. Meskipun terlihat berat, kalau sudah terbiasa pasti bisa. Yuk berusaha bareng-bareng! Domino QQ


2 komentar

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.


EmoticonEmoticon