Sabtu, 04 Maret 2017

Ini Cara Ampuh Jawab Perintah, “Ceritakan Tentang Dirimu” Pas Wawancara

Tags

Coba praktikkan yuk

Pastinya kamu sudah familiar banget ya sama kalimat perintah saat wawancara untuk memperkenal diri. Baik pakai Bahasa Indonesia maupun pakai Bahasa Inggris, kamu perlu beberapa cara agar perkenalan sebagai langkah awal memulai wawancaramu berkesan. Coba cek beberapa cara berikut agar kamu paham apa yang perlu kamu lakukan. Inilah cara yang tepat untuk memperkenalkan diri sendiri saat wawancara.

1. Berceritalah dengan antusias. Jangan panik tapi juga jangan menggebu-gebu ya.

work1-e85525d88a09de2b0da3cd51abefc264.jpg
Saat kamu menghadapi sebuah interview, hindari untuk membicarakan tentang dirimu dengan cara: Saya adalah pekerja keras, rajin dan tekun. Hal tersebut hanya akan membuatmu terkesan bertele-tele. Cobalah untuk membuatnya lebih efektif dengan becerita tentang kegemaranmu yang kalau bisa berhubungan dengan pekerjaan yang kamu pilih tersebut.

2. Ceritakan apa yang kamu tahu tentang posisi yang kamu lamar.

inter1-7fb4312e7cdaee2519275a2ff3b6beca.jpg
Selain bercerita tentang siapa dirimu dan apa kegemaranmu, cobalah untuk membicarakan tentang posisi yang ingin kamu lamar. Sebelumnya cobalah untuk mencari persiapan seperti mengetahui info-info dari posisi dan perusahaan yang kamu inginkan tersebut. Kemudian saat interview, cobalah untuk membicarakan misi perusahaan yang sejalan dengan kamu.

Jika ada, tambahkan pengalaman yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu sedang membangun kepercayaan diri bahwa kamu cocok dengan perusahaan dan pantas diterima karena kamu adalah orang yang dapat berkembang bersama perusahaan.

3. Ceritakan dirimu dengan singkat dan manis.

inter3-ad4d9463eac4a047609fe552743f7adc.jpg
Cobalah untuk menceritakan tentang dirimu dengan tegas dan cepat. Hal ini dapat membuatmu terlihat lebih meyakinkan dan menarik perhatian orang yang ada di hadapan kamu. Tekankan beberapa poin pada ceritamu agar pewawancara ingin mendengarkanmu.

Dari beberapa poin di atas, sebenarnya yang kamu butuhkan adalah persiapan. Kamu perlu mengenal baik posisi dan perusahaan yang ingin kamu lamar. Dengan begitu, kamu akan siap bercerita dan dapat menyesuaikan dirimu dengan visi dan misi perusahaan. Selamat mencoba dan semoga sukses! Domino QQ