Kamis, 02 Maret 2017

7 Tanda Nyata Kamu Harus Mulai Serius Sama Kariermu, Ingat Umur!

Tags

Yuk, saatnya berkarya!

Sebagian dari anak muda pertama kali kerja hanya fokus mencari uang dan bukan menyiapkan serta membangun karirnya. Atau banyak juga anak muda yang bekerja hanya untuk bekerja, tidak benar-benar memiliki tujuan karir yang jelas. Kalau kamu sudah mulai menemukan gejala-gejala di bawah ini, coba segera berubah dan mulai serius memperhitungkan karirmu.

1. Kamu mungkin tetap di usia 20-an, tapi kamu sadar kamu gak ada waktu buat main-main lagi sebanyak dulu.

usia-e92e29ae2f6bfbe28dd4d0fd7acb575d.jpg
Semua teman-temanmu sudah mulai sibuk bekerja. Kamupun sudah mulai mencoba ini dan itu, magang di sana-sini, bantu orang tua di sana-sini, atau bekerja sendiri misalnya. Kamu sadar sekarang bukan waktunya untuk bersantai atau main-main lagi. Inilah saatnya kamu menjadi dewasa dan mulai mandiri. Inilah saatnya kamu harus serius untuk mengejar apa yang jadi visi hidupmu.

2. Ketika kamu sudah mulai dituntut dengan urusan nikah atau berkeluarga.

menikah-2858c64bd06a2e6329cf5ebbe8165579.jpg
Tanggung jawabmu langsung bertambah seketika. Kamu tidak hanya harus memikirkan diri sendiri saja, tapi bagaimana dengan pasanganmu, atau anak-anakmu nanti. Di saat seperti ini, kamu harus memantapkan karirmu benar-benar. Karena dengan begitu, kamu bisa punya keyakinan saat dituntut dengan urusan menikah atau berkeluarga.

3. Ketika kamu masih tinggal sama orangtuamu dan belum bisa berkontribusi banyak.

orangtua-ec0708e5a76586744f94711f978c258d.jpg
Yang namanya anak, pasti ingin bisa membahagiakan orang tuanya. Apa kamu merasa belum bisa membahagiakan orang tuamu seperti yang kamu harapkan? Apa malah kamu masih ngikut orang tua untuk kehidupan sehari-hari? Mungkin inilah saatnya kamu mulai berpikir untuk serius dengan karirmu agar kamu juga bisa meringankan beban orang tuamu.

4. Ketika pekerjaan yang kamu miliki sekarang sama sekali tidak menyenangkan atau menantang lagi.

menyenangkan-a427232488e6aaa73d070dd574d57bc4.jpg
Apa kamu sudah memiliki pekerjaan tapi pekerjaan itu sama sekali tidak memberimu tantangan? Rasanya setiap hari membosankan dan kamu hanya bergerak seperti robot saja? Akhirnya kamu jadi tidak memiliki motivasi untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaanmu. Jika memang ini sedang terjadi, mungkin kamu harus berpikir kembali, apakah memang pekerjaan ini yang ingin kamu lakukan seterusnya? Jika tidak, mulailah berpikir bagaimana caranya membangun karir yang benar-benar kamu inginkan.

5. Ketika kamu merasa pekerjaanmu yang sekarang tidak memberikan hasil atau gaji yang baik.

sedih-1d7e17e9dbeeb3f5f9e9f793dfcc737a.jpg
Apa kamu tidak puas dengan pekerjaan yang kamu miliki sekarang? Apa kamu merasa seharusnya kamu bisa mendapatkan lebih dari sekarang? Jika memang demikian, mungkin kamu bisa mulai mencari peluang lain di luar sana, atau berpikir lebih lanjut untuk mematangkan tujuan karirmu, agar kamu bisa mendapatkan apa yang kamu pandang pantas.

6. Kamu tidak bahagia dengan keadaanmu yang sekarang.

depresi-0f207028f411446d593f6263893bf9e4.jpg
Apakah pekerjaanmu ini hanya membuatmu depresi dan tidak bahagia setiap hari? Kamu hanya bisa berkeluh kesah setiap harinya? Jika memang pekerjaanmu itu sama sekali tidak membuatmu bahagia, untuk apa kamu melakukannya? Coba pikirkan kembali, karir seperti apa yang ingin kamu miliki, karir seperti apa yang dapat membuatmu bahagia? Kejarlah karir yang demikian.

7. Kamu sadar kamu tidak sedang menggunakan kepandaianmu secara maksimal.

terbatas-a7ee5b3175bb63a0868bf22cd0d941a8.jpg
Jika kamu merasa bahwa pekerjaan yang kamu miliki sekarang hanya menghambat pertumbuhan dirimu, kamu pantas berpikir untuk mencari jalan lain. Jika memang sudah tidak ada yang bisa kamu pelajari atau dapatkan dari pekerjaanmu yang sekarang, mulailah berpikir bagaimana caranya kamu bisa belajar lebih dan membesarkan pengetahuan dan kemampuanmu itu. Kejarlah karir yang lebih menantang, yang akan mendorongmu untuk jadi lebih maksimal lagi.

Apakah kamu mengalami tujuh gelaja di atas? Kalau memang iya, ambilah waktu untuk mulai merenungkan benar-benar, apa yang menjadi karir dan visi hidupmu ini. Dan bersemangatlah! Kamu tidak pernah terlambat untuk memulai mimpi yang baru atau mengejar mimpi-mimpimu itu! Domino QQ