Selasa, 28 Maret 2017

Ingin Seperempat Gajimu Bisa Ditabung? Lakukan 7 Hal Ini

Tags

Selamat tinggal tanggal tua!

Menabung gaji sampai 25 persen, bukannya susah? Eits… jangan ragu dulu dong, banyak cara kok untuk menyimpan 25 persen gajimu setiap bulan. Asalkan rajin mengirit pengeluaran, kamu bisa menyimpan pendapatanmu untuk banyak hal, seperti investasi untuk hari tua, simpanan bagi kebutuhan mendadak, serta kebutuhan lainnya. Banyak kan manfaatnya? Ini dia tujuh trik agar seperempat dari pemasukanmu bisa ditabung. Yuk, kita simak!

1. Buat akun terpisah untuk menabung

istock-000045078648-medium-ab974f3c6065db653985e2bb4ab214cf.jpg
Agar bisa berkonsentrasi dalam menyimpan uang, sebaiknya kamu membuat akun terpisah untuk menabung. Hal ini dilakukan supaya uang di tabunganmu gak terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Biasakan untuk menabung sebelum uangnya terpakai

financial-budgeting-1420acf5576f25a24bb423ed8547f9f4.jpg
Setelah membuka rekening khusus untuk menabung, sekarang saatnya kamu menyimpan uangmu sebelum terpakai. Begitu menerima gaji, langsung simpan 25 persennya di rekening tabungan. Ingat, tabungan itu bukan sisa dari gaji, namun uang yang sengaja kamu simpan dari awal. Jadi jangan sampai tergoda untuk menggunakannya, ya! 

3. Bedakan antara kemauan dan kebutuhan. 

3023035-online-shop-a030b4ad88a637c3194e00978e70f63a.jpg
Seringkali kita gak bisa membedakan antara kemauan dan kebutuhan, sehingga uang pun habis untuk hal-hal yang yang sebenarnya gak dibutuhkan. Sayang kan? Padahal uang tersebut bisa kamu simpan di tabungan.

4. Cari berbagai macam promo dan diskon

rd1206-barnimagescom-2-1024x683-42fb4a72a443cf50949d23a8895a32fd.jpg
Coba deh, kamu perhatikan pengeluaranmu selama ini. Biasanya, hal apa sih yang paling banyak menguras dompetmu? Yakin deh, jawabannya pasti makanan! Soalnya, susah banget untuk mengerem pengeluaran kalau udah menyangkut hal yang satu ini. Apalagi kalau kegiatan di kantor lagi padat, rasanya laper terus-terusan dan mau jajan ini-itu!

5. Buat daftar prioritas 

o-1amrovoqe4se1efh11t4gpkug7-new-f0a5b90d51607aba7d03a3c27a56aa93.jpg
Agar kamu gak kebablasan belanja, buatlah daftar prioritas setiap bulannya. Mulai dari yang terpenting sampai yang tidak terlalu mendesak. Misal, di beberapa poin paling atas kamu bisa menulis ‘bayar listrik’ dan ‘beli pulsa’. Barulah di poin-poin bagian bawah kamu menulis hal-hal lainnya, seperti ‘sepatu sneakers’ atau ‘kemeja kerja’. Selalu ingat juga untuk berpegang teguh pada daftar prioritas yang telah kamu buat. Jika kamu setia dengan daftar tersebut setiap bulannya.

6. Tetapkan tanggal setiap kali mau berbelanja

grocery-shopping-df5c67337da6227cb3522432411b3001.jpg
Setelah membuat daftar prioritas, sekarang saatnya menentukan tanggal untuk berbelanja. Dalam satu bulan tetapkan satu atau dua hari untuk belanja; selain hari tersebut kamu dilarang untuk mengeluarkan uang di luar kebutuhan pokok. Hal ini bertujuan untuk menjaga hasrat berbelanjamu yang sulit untuk dikontrol. Tapi harus tetap pakai budget ya, supaya pengeluarannya gak membludak! 

7. Selalu track pemasukan dan pengeluaran 

freelance-writing-websites-2ba86c0a0193da781e5134536c2a9cce.jpg
Supaya gak besar pasak daripada tiang, pastikan untuk selalu mencatat segala pemasukan dan pengeluaranmu sehar-hari. Dengan begitu, kamu gak akan tutup mata tentang berapa banyak uang yang telah dipakai. Kamu juga bisa menahan diri ketika ingin membeli barang-barang yang sebenarnya gakdiperlukan. 
Nah, terapkan tujuh hal ini supaya kamu bisa seperempat dari gajimu setiap bulannya. Ingat, hemat itu pangkal kaya. Selamat menabung ! Domino QQ