Minggu, 12 Maret 2017

6 Bisnis dengan Keuntungan Maksimal yang Bisa Dimulai dari Modal Paling Minimal

Tags

Nomer 3 bisa banget dimulai sekarang

Memulai lahan bisnis sendiri nampaknya sudah jadi trend dikalangan masyarakat Indonesia saat ini. Kalau dulu banyak orang berlomba-lomba mendapat pekerjaan terbaik di berbagai perusahaan mentereng, sekarang justru warga kita lebih tertarik memiliki usaha sendiri. Hal itu salah satunya disebabkan oleh banyaknya pebisnis sukses yang awalnya memulai usaha dari nol dan sekarang telah mencapai puncak karir.


Hal itulah yang sedang dikejar banyak orang yang memang meniatkan diri untuk bekerja keras demi berdiri di puncak kesuksesan kelak. Namun banyak juga orang yang khawatir memulai bisnis karena tidak memiliki cukup uang, padahal ada banyak lho jenis usaha yang bisa dibuka dengan uang bernilai kecil. Jika kalian juga ingin jadi seorang pebisnis namun bingung mencari modal, berikut ada enam alternatif usaha besar yang sangat bisa dimulai dengan modal kecil.

Bisnis kuliner

Bisnis ini sekarang terlihat sangat mentereng sampai dilakukan tak hanya ibu-ibu saja melainkan anak muda baik pria maupun wanita. Bila kalian tak memiliki cukup uang untuk menyewa tempat sebagai kedai awal, bisa saja usaha ini dimulai dari rumah dengan menjual produk secara online. Mulailah dari pasar di daerah kalian dulu, pikirkan makanan apa yang sangat disukai dan permaklah menjadi seunik mungkin.

Pernah dengar tentang pengusaha cendol yang omsetnya puluhan juta, atau pisang goreng yang sangat laris hanya karena diberi topping mahal seperti nutela, bahkan cerita tentang anak SMA sukses berbisnis minuman dingin? Modal mereka bisa dibilang sangat minim namun hasilnya bisa jadi memuaskan. Kembangkan saja apa yang ada di sekitarmu lalu kemaslah dengan semenarik mungkin karena hampir semua masyarakat sekarang suka dengan makanan biasa dengan sensasi baru. Usaha ini bisa dimulai dari dapur rumahmu dan bisa dikembangkan sampai taraf kafe atau restoran.

Usaha pakaian

Saat ini sering sekali kita menemukan media sosial yang menjual aneka macam sandang, mulai dari baju, batik, hijab, syal, bahkan kaos kaki. Bisa dibilang mereka adalah orang-orang yang berani mencoba. Mungkin kita berpikir mana ada masyarakat beli kaos kaki lewat instagram, jawabannya adalah banyak. Bisnis ini bahkan bisa dimulai dengan tanpa mengeluarkan sepeser rupiah pun. Cukup siapkan saja akun media sosial jualanmu.

Kemudian kamu bisa mencari produsen dari manapun. Entah itu dari pasar sekitar ataupun mencari produk dari akun jualan online yang sudah ada. Misalnya kalian pilih pakaian di akun X dan kemudian menjualnya di beberapa market place seperti tokopedia, sophee, dan lainnya. Coba hitung berapa modal yang dikeluarkan? Rp.0! Karena kalian istilahnya menjadi reseller atau dropshipper kan?

Jual pulsa

Kalau usaha yang satu ini pastinya bisa dilakukan siapa saja baik anak sekolahan sampai bapak ibu. Sudah banyak sekali testimoni orang yang mendapat untung banyak hanya dari berjualan pulsa. Apalagi bila ditambah menjual paket-paket internet, dijamin keuntungan akan berlipat karena pulsa dan data saat ini sudah jadi kebutuhan primer masyarakat kita.

Namun resiko bila memulai usaha ini adalah banyaknya kawan yang minta ‘kredit’ karena menganggap teman sendiri. Ingat bisnis bisa hancur gara-gara memilih teman yang salah ya. Maka dari itu selalu cermati dan jangan khawatir untuk menagih jika sudah ada teman yang minta kas bon demi bisnis yang lebih baik.

Les privat

Usaha lain yang sangat bisa dilakukan dan tidak memakan waktu adalah menawarkan jasa les atau bimbingan belajar. Masyarakat kita sekarang ini banyak sekali yang hampir tidak punya waktu untuk mendampingi anak mereka belajar, dan ini bisa jadi keuntungan buat anak-anak muda di luar sana. Mengajar cuma satu sampai dua jam namun penghasilan yang didapatkan tiap bulan bisa banget untuk beli makan sehari-hari dan ditabung.

Jasa ini juga tidak membutuhkan modal rupiah, tetapi hanya kemampuan akademik saja dan nggak harus mahasiswa karena pelajar SMP dan SMA sekarang juga bisa mengajari murid-murid SD. Bila kalian sudah kebanjiran tawaran les, ajaklah kawan untuk membantu karena siapa tahu nantinya bisa membuat sebuah bimbingan belajar kecil-kecilan kan?

Laundry

Usaha lain yang nampaknya akan laku keras adalah laundry. Terlihat sepele memang, tapi bila menyasar target karyawan muda atau mahasiswa tentunya bisnis ini jadi menggiurkan. Yang perlu kamu siapkan di sini adalah mesin cuci dan juga pegawainya. Untuk permulaan sepertinya seorang pegawai juga sudah cukup untuk membantumu.

Berikan pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan seperti harga murah, hasil cucian bersih dan wangi, serta pelayanannya cepat. Bila dirasa sudah siap untuk memperluas pasar kalian bisa coba membagikan brosur agar mendapat lebih banyak pelanggan. Dan jangan lupa untuk melakukan survey terhadap jasa serupa agar mendapat pertimbangan harga yang sesuai ya.

Blogger

Hanya bermodal laptop atau komputer serta jaringan internet kalian juga bisa mencoba peruntungan dengan menjadi seorang blogger. Tidak sedikit blog-blog yang dulunya bersifat pribadi menjadi komersil saking banyaknya pengunjung yang datang. Isi dari blog tersebut bisa tentang tips, tempat wisata, dan tema lain yang sedang digandrungi.

Atau kalian juga bisa fokus menjadi blogger yang khusus mengupas soal kecantikan atau makanan. Karena sekarang ini beauty blogger dan food blogger sudah mulai menjadi profesi yang cukup menjanjikan dengan banyaknya endorse yang datang. Lumayan kan selain dapat uang kalian juga bisa memperoleh makanan atau pakaian gratis.
Bagaimana, ternyata memulai sebuah usaha itu tidak sesulit yang kalian pikirkan sebelumnya kan? Bila sebuah rencana hanya dipikirkan sepertinya memang akan menimbulkan kekhawatiran saja, tapi jika langsung dicoba eksekusi maka hasilnya bisa jadi sangat memuaskan. Jadi mau mulai usaha kapan nih? Domino QQ