Jumat, 31 Maret 2017

Agar Gak Bangkrut Usai Liburan, Lakukan 5 Trik Ini

Tags

Liburan gak boros itu bukan tak mungkin!

Liburan memang menjadi salah satu alternatif paling ampuh untuk melepas stres. Gak sedikit orang-orang relangeluarin uang banyak demi berlibur. Sayangnya, niat untuk melepas penat sejenak bisa malah jadi bumerang ketika tidak diiringi dengan pengaturan keuangan yang baik. Alih-alih kamu happy setelah liburan, malah jadi tambah stres gara-gara uangmu habis terpakai semua.


Tapi tenang saja, ada tips keuangan yang bisa kamu terapkan untuk mencegah hal semacam ini terjadi. Untuk tahu caranya, kamu bisa baca dulu artikel ini.

1. Atur budget-mu dengan baik sebelum liburan.

counting-money-1-be5edf21602bfb3504eeffb7d46df802.jpg
Berbagai cara untuk menghindari “bangkrut” pasca liburan cuma bisa dilakukan sebelum dan ketika kamu liburan. Salah satu yang paling krusial adalah dengan menetapkan anggaran sejak awal. Alangkah baiknya anggaran liburanmu sudah dipisahkan terlebih dahulu dari tabunganmu, supaya tidak tercampur. Selain itu, kamu juga harus sudah menetapkan dengan baik anggaranuntuk berbagai kegiatan, mulai dari anggaran makan, penginapan, hingga belanja.

2. Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa membatasi pengeluaranmu di salah satu bagian.

wild-fr-fabb93dd06b40db845800f881c45083b.jpg
Misalkan, kamu lebih berbelanja saat liburan, kamu bisa saja melakukannya tanpa menjadikan anggaranmu defisit. Caranya adalah dengan mengurangi anggaran lainnya, seperti memotong penginapan atau makan. Kamu bisa melakukannya dengan cara mencari penginapan yang lebih murah, atau cukup wisata kuliner di lingkungan kaki lima. Memang butuh sedikit pengorbanan sih, tapi semua sepadan kok demi menjaga keuangan tanpa mengurangi kualitas liburanmu.

3. Ketika sedang belanja oleh-oleh, carilah yang harganya termurah atau sedang ada promo.

800-eat-pray-love2-1008-044d65e7d89a392c2f6c7cc4030e87e6.jpg
Jangan malas untuk menawar, karena itu bisa saja membantumu berhemat saat liburan. Alangkah baiknya juga bila sebelum kami melakukan transaksi, kamu sudah survey dulu terhadap harga oleh-oleh yang dijajak oleh para penjual. Kalau kamu bukan tipe yang bisa menawar, jangan khawatir. Sekarang sudah banyak berbagai pusat oleh-oleh di berbagai tempat wisata dengan harga yang tetap dan pastinya terjangkau. Jangan lupa untuk jeli juga terhadap berbagai promo yang ditawarkan, bisa saja kamu untung banyak dari situ.

4. Hindari belanja barang-barang yang gak perlu.

81-l4f8ysl-sx522-557398f5e7fb17ad8afaf81bd7dd3b5c.jpg
Melihat berbagai macam barang unik sewaktu liburan memang bisa bikin lapar mata. Tapi jangan sampai kamu menuruti nafsu sesaat ini. Pastikan sebelum kamu ingin membeli berbagai suvenir untuk dirimu kamu sudah membeli berbagai oleh-oleh yang kamu butuhkan untuk orang-orang tercinta. Memiliki prioritas adalah kunci utama. Apabila berbagai kebutuhanmu itu sudah terpenuhi, baru kamu bisa memanjakan dirimu. Tentunya selama masih ada anggaran yang tersisa.

5. Sejarang mungkin menggunakan alat pembayaran non-tunai.

giphy-8ae34cc75b5b671590b2769b0d7a8f8d.gif
Menggunakan kartu kredit dan kartu debit sebagai alat pembayaran dapat membuatmu berisiko melakukan pengeluaran yang berlebih, lantaran kamu akan sulit untuk mengetahui apakah kamu sudah melakukan pengeluaran yang besar atau tidak. Kamu bisa saja baru menyadari perilaku borosmu sampai transaksimu ternyata sudah mencapai limit atau malah saldomu sudah habis. Alangkah baiknya kalau kamu selalu melakukan transaksi dengan uang tunai. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah mendeteksi arus pengeluaranmu, juga kamu lebih terpancing untuk berhemat, karena otomatis kamu akan berusaha sedemikian rupa untuk menjaga dompetmu supaya tidak lekas menipis.

Mulai sekarang, gak perlu was-was kalau mau liburan. Cukup praktekkan kelima tips tersebut, lantas liburanmu tetap bakal seru tanpa takut uangmu habis. Gak ribet kan? Domino QQ