Selasa, 28 Maret 2017

9 Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Startegis dan Menguntungkan

Tags


9 Tips Memilih Lokasi Bisnis dan Usaha -  Salah satu strategi pemasaran di dalam dunia usaha adalah memilih lokasi usaha. Memilih lokasi usaha merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan sukses tidaknya usaha tersebut. Karena dengan lokasi yang tepat usaha akan cepat berkembang karena lokasi yang mendukung. Semakin strategis lokasi usaha maka tingkat penjualan semakin tinggi yang berpengaruh langsung dengan kesuksesan usaha. Begitu pula sebaliknya, jika lokasi usaha tidak strategis maka penjualan tidak akan sebagus lokasi yang strategis.

Maka dari itu sebelum anda membuka suatu usaha, pastikan jika anda mendapatkan lokasi usaha terbaik untuk bisnis anda nantinya, bukan hanya untuk saat ini namun juga untuk masa mendatang, karena bisnis yang bagus ialah bisnis yang memiliki umur panjang, dalam artian berdiri bukan hanya 1 atau 2 tahun, namun puluhan tahun.

Untuk mendapatkan lokasi terbaik maka perlu di lakukan riset atau survei terhadap lokasi yang di inginkan. Bandingkan lokasi yang satu dengan yang lainnya, mana yang paling potensial. Lihat juga dari sisi dana, apakah mencukupi, karena pada umumnya lokasi yang strategis seperti dekat jalan raya dan keramaian di bandrol dengan harga yang tidak murah.

Berikut ini beberapa tips memilih lokasi usaha yang mungkin bisa jadi pedoman dan pertimbangan bagi anda yang ingin mencari lokasi usaha yang strategis dan memiliki prospek cemerlang kedepan.

Tips Memilih Lokasi Bisnis dan Usaha Strategis


1. Tingkat Kepadatan Penduduk

Lokasi usaha yang sangat mendukung berkembangnya usaha adalah jumlah kepadatan penduduknya. Dengan jumlah penduduk yang banyak dan rapat, roda usaha bisa berjalan dengan cepat karena secara tidak langsung konsumen sudah tersedia di lokasi sekitar. Bisa di bandingkan langsung dengan usaha yang berdiri di lokasi sepi penduduk, maka hanya segelintir konsumen saja yang datang, apalagi jika usaha kuliner, semakin ramai semakin baik, begitu pula sebaliknya. Usaha jenis lainnya pun juga hampir sama konsepnya.

2. Pendapatan Penduduk Sekitar Lokasi

Pendapatan sangat mempengaruhi tingkat konsumsi di dalam sebuah rumah tangga, dengan pendapatan yang besar rata-rata pengeluaran juga besar. Maka dari itu mengapa lokasi usaha yang berdiri di pemukiman dengan pendapatan yang cukup tinggi memiliki penjualan yang besar pula.

Sebagai contoh usaha laundry yang berdiri di dekat perumahan dengan rata-rata pekerja atau karyawan bahkan mahasiswa, maka usaha laundry akan cepat berkembang dan laris manis. Dengan rata-rata penduduk sebagai karyawan maka prospek usaha bisa lebih cemerlang. Inilah alasan mengapa
pendapatan penduduk sangat berpengaruh dengan usaha kita.

3. Tingkat Keramaian Lalu Lintas

Memang tingkat keramaian bukanlah penentu utama sukses tidaknya suatu usaha, semisal usaha yang didirikan di sekitar perumahan, kondisi lalu lintasnya jelas sepi, hanya saja karena konsumen langganannya warga sekitar permuahan maka roda usaha bisa terus berjalan.

Untuk usaha toko pakaian maka di butuhkan lokasi yang dekat dengan jalan umum yang ramai lalu lintas, apalagi jika dengan mall dan pusat keramaian.

4. Usaha Yang Mendukung Sekitar Lokasi

Dengan banyaknya usaha di sekitar lokasi, akan berdampak langsung dengan meningkatnya jumlah konsumen. Karena konsumen akan lebih memilih daerah yang terkenal dengan banyaknya usaha seperti pusat perbelanjaan misalnya. Karena konsumen pada umumnya tidak hanya mencari satu barang saat belanja, namun juga barang lain. Maka dari itu belanja di suatu lokasi yang menyediakan berbagai kebutuhan merupakan pilihan utama pada konsumen.

5. Tingkat Kompetisinya Rendah

Meskipun lokasi tersebut ramai dengan usaha milik orang lain, ada kalanya jika tingkat kompetisi usaha sejenis rendah. Karena jika persaingan di sekitar tinggi, anda perlu berinovasi untuk merebut hati konsumen. Jika tidak yakin, sebaiknya lokasi seperti ini di hindari.

6. Tingkat Keamanan Sekitar Lokasi

Percaya atau tidak, lokasi di sekitar usaha harus terjada keamanannya, dimana tersedia lahan parkir yang mencukupi. Selain itu alangkah lebih baiknya jika anda memiliki tempat parkir yang luas agar memudahkan konsumen dari segi keamanan.

Pastikan juga di sekitar lokasi terkenal daerah yang aman dan tentram, jangan sampai salah memilih lokasi, lokasi yang sering terjadi tindak kejahatan tentu tidak di rekomendasikan.

7. Akses Menuju Lokasi

Lokasi usaha dengan akses yang mudah di jangkau tentu menjadi pertimbangan utama, bukan hanya akses yang mudah bagi konsumen, namun juga bagi perusahaan, misalnya usaha pabrik, maka lokasi harus mudah di lalui alat transportasi seperti truk misalnya. Dengan lokasi yang mudah di jangkau maka roda usaha bisa berjalan dengan lancar. 

8. Kebersihan Sekitar Lokasi

Kebersihan sangat penting di jaga dan usahakan mencari lokasi usaha yang bersih dan jauh dari tempat yang kumuh. Namun jika lokasi yang telihat kumuh tersebut ramai dan potensial, ajak pengusaha yang lain untuk kerja bakti membersihkan sekitar lokasi usaha. Dengan lokasi sekitar yang bersih, konsumen akan betah berada disitu.

Terlebih usaha anda sendiri, pastikan warung, kios, toko dalam kondisi yang bersih. Karena dengan kebersihan, konsumen akan betah, nyaman dan mungkin bisa jadi pelanggan setia.

Memilih lokasi usaha memang bukanlah hal yang mudah, selain merencanakan seperti tips di atas, anda juga harus menyiapkan dana untuk menyewa atau membelinya. Cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat, salam sukses dan Terimakasih. Domino QQ