Minggu, 12 Maret 2017

Meski Terlihat Remeh, 8 Barang Ini Bisa Dibuat Investasi, Lho!

Tags

Ternyata investasi itu gak ribet

Berbicara soal investasi, pasti yang ada di pikiranmu gak jauh-jauh dari beli tanah, emas, atau saham. Namun siapa sangka, ternyata barang-barang yang selama ini kamu kira tidak ada nilai bisa mempunyai nilai investasi yang begitu tinggi bahkan bisa mengalahkan nilai saham atau emas sekalipun! Kalau kamu punya kedelapan barang dibawah ini, sebaiknya segera dirawat dan disimpen baik-baik ya. Karena kamu bisa saja jadi kaya raya 20 tahun lagi.

1. Komik yang terawat rapi memiliki nilai tinggi bagi kolektor dan penggemar setianya

comic-book-1-a05f213ae9ed316c9c03119f7996973d.jpg
Salah satu benda yang menjadi favorit anak-anak adalah komik. Namun ternyata, gak cuma anak-anak aja, orang dewasa juga banyak yang mencari-cari bahkan rela membayar mahal untuk sebuah buku komik yang bernilai tinggi. Layaknya barang-barang antik, buku komik yang berumur semakin tua akan semakin mahal, ditambah dengan kondisi yang masih bagus pasti para kolektor bakal mengincarnya. Dilansir dari USA Today, salah satu buku komik termahal yang pernah dijual adalah komik Superman no. 1 yang terjual mencapai 3,2 juta dolar! Buat kamu yang waktu kecil doyan baca komik, sebaiknya jangan dibuang walaupun sudah gak dipakai. Siapa tahu beberapa tahun lagi bisa bernilai lebih dari yang kamu kira.

2. Uang kuno juga jadi incaran koletor, lho!

20141114073206-713-9a93e4e0142ab382500abf904599ca77.gif
Selain menjadi item favorit para kolektor barang antik, uang sendiri juga bisa jadi media investasi. Jangan salah kira, uang jadul dengan nominal rendah senilai 500 perak saja bisa mencapai nilai jual yang berkali lipat. Apalagi kalau memiliki nomor seri yang cantik dan kondisi yang apik. Kalau kamu masih punya uang yang sudah gak berlaku, jangan buru-buru ditukar ke bank ya.

3. Mainan antik dan beredisi khusus

lego-674880-960-720-e1f7710890d058a786692572f6f3b76b.jpg
Gak cuma bikin hati senang, mainan juga bisa bikin dompet tebal. Apalagi kalau mainanmu merupakan mainan antik dan langka. Salah satu produk mainan yang menjadi incaran para kolektor adalah Lego. Dilansir dari Telegraph, Lego dikabarkan memiliki nilai jual yang terus meningkat sebanyak 12 persen tiap tahunnya, terutama untuk Lego yang masih di dalam boks. Tapi perlu diperhatikan juga, tidak semua mainan bisa menjadi investasi. Karena para kolektor hanya mengincar produk tertentu saja tergantung nilai historis dan kondisinya. Jadi kamu tetap harus jeli sebelum mau menginvestasikannya.

4. Buku

stack-of-books-630x419-7f496fa72b3f974748d3bfc75aa1b80c.jpg
Selain buku komik, buku biasa pun punya nilai investasi lho. Buku Harry Potter terbitan Inggris edisi pertama saja bisa laku dilelang dengan nilai 20.000 poundsterling. Bayangkan, buku Harry Potter saja bisa segitu nilainya apalagi kalau untuk buku-buku klasik yang udah tua banget. Bisa jadi mahal banget tuh.

5. Mobil klasik

white-old-car-parking-wallpaper-hd-a3d6f6f4d5424425f6f57a0c783469e0.jpg
Jangan malu kalau kamu cuma bisa beli mobil bekas yang udah tua. Asal kamu rawat dengan telaten nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Bahkan untuk mobil yang langka dan masih menggunakan spare partorisinal, nilainya bisa lebih mahal lagi lho. Masih menggunakan prinsip barang antik yang semakin tua semakin mahal, mobil yang makin tua juga bernilai makin tinggi.

6. Sneakers

blink-2-728x485-a6ecae7110462859f43402a96c357fa8.jpg
Investasi juga bisa dilakukan dengan membeli item fashion tertentu. Salah satu item yang memiliki nilai yang terus meningkat adalah sepatu sneakers. Menurut Josh Luber, seorang pendiri website Campless yang berfungsi memantau harga-harga sneakerssneakers dengan merek dan tipe tertentu dikabarkan bisa jadiinvestasi yang lebih menguntungkan ketimbang membeli saham perusahaan Apple. Contohnya adalah sneakers merk Nike edisi Yeezy 2 yang merupakan hasil kerja sama dengan rapper Kanye West di tahun 2014. Sewaktu pertama rilis, sepatu ini hanya dijual dengan harga 245 dolar saja, tapi ketika dijual kembali, nilainya bisa mencapai 90.000 dolar!

7. Tas

hermes-birkin-d7d5f8c0e96f101b99a316d52ec03cf5.jpg
Selain sneakers, tas juga bisa jadi salah satu item fashion pilihan untuk investasi. Tapi bukan berarti semua merek bernilai sama, karena hanya tas dengan model yang legendaris yang nilainya bisa terus meningkat. Salah satu produk tas yang legendaris adalah Hermes Birkin. Meskipun harga belinya bisa selangit, tapi kalau dijual lagi bisa jadi lebih mahal lho. Dilansir dari Daily Mail, Hermes Birkin edisi baru rata-rata dinilai seharga 6.000 poundsterling, sementara untuk yang bekas dihargai lebih mahal senilai 7.000 poundsterling. Salah satu alasan mahalnya nilai tas ini adalah karena proses pembuatannya yang handmade dan memakan waktu dua hari hanya untuk satu tas saja. Dikabarkan nilai Hermes Birkin bisa meningkat mencapai 500 persen dalam 35 tahun, lebih menguntungkan dari investasi emas!

8. Alat musik

instruments-laydown-0205-16x20-11b77130bfbf590ef419c8ff346c0b7a.jpg
Jangan sepelekan juga peran instrumen alat musik. Semakin langka dan semakin tua juga bisa jadi makin mahal. Terlebih kalau mempunyai nilai sejarah sendiri. Alat-alat musik klasik yang antik seperti gitar dan biola dikabarkan nilai bekasnya bisa mencapai ribuan bahkan jutaan dolar! Salah satu instrumen yang berhasil dilelang dengan harga paling mahal adalah biola yang dibuat oleh Antonio Stradivari di tahun 1707. Biola tersebut dijual di sebuah lelang di tahun 2006 silam dengan harga fantastis mencapai tiga juta dolar!

Mulai sekarang harus lebih hati-hati nih sama barang-barangmu. Karena ternyata bisa memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dari yang kamu kira. Kuncinya tetap harus sabar dan rajin merawat. Karena semakin tua dan semakin bagus kondisinya, kalau dijual bisa untung lebih banyak. Domino QQ



EmoticonEmoticon