Kamis, 09 Maret 2017

7 Kesalahan di CV yang Bikin HRD Tak Memilih Anda


Tahukah Anda bahwa CV atau resume merupakan jembatan untuk mendapatkan pekerjaan? Berdasarkan survei kepada 396 HR, 96 persen HR mengaku bahwa kualitas pelamar ditentukan dari CV atau Resume yang dibuat.

Tetapi, sampai sekarang masih banyak yang mengeluhkan tidak mendapat pekerjaan. Beberapa diantaranya disebabkan karena tujuh kesalahan ini seperti dikutip dari Karir.com:

1. Tidak menuliskan data pribadi secara lengkap

Banyak pelamar yang mengaku kecewa dengan sistem gugur dalam proses rekrutmen. Padahal, mungkin data pribadi yang Anda cantumkan tidak lengkap sehingga sulit untuk dihubungi.

Sebaiknya, data pribadi yang Anda tulis diisi dengan lengkap seperti nama, alamat, nomor ponsel, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat email, dan lain sebagainya. Domino 99

2. Tidak menggunakan foto formal

angan menyepelekan foto! Foto CV menentukan keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan. Kebanyakan HR akan memberikan kesempatan pada pelamar yang melampirkan foto dengan gaya formal karena terlihat lebih profesional.

3. CV yang dibuat terlalu bertele-tele

Saat ini, tak perlu menuliskan informasi yang bertele-tele. Kalau dengan menuliskannya secara singkat tapi sudah mencukupi informasi yang dibutuhkan kenapa tidak?

Justru di era yang semakin canggih ini, banyak orang menuliskan CV via online selain hemat biaya, hemat tenaga, juga dapat dilakukan di mana saja dan bisa diedit kapan saja

4. Tidak mencantumkan pengalaman dan deskripsi pekerjaan

Menurut survei yang dilakukan kepada 10 HR, sembilan diantaranya menilai deskripsi pekerjaan penting dicantumkan di dalam CV atau resume.

Kenapa? HR butuh melihat pengalaman kerja dan deskripsi pekerjaannya apakah relevan dengan posisi yang dibutuhkan atau tidak. Dan dengan adanya pengalaman kerja, Anda akan dinilai sebagai orang yang telah berpengalaman di bidangnya.

5. Tidak menuliskan latar belakang pendidikan

Latar belakang pendidikan dinilai sangat perlu dicantumkan karena biasanya hal tersebut menjadi salah satu kualifikasi perusahaan dalam mencari karyawan.

6. Tidak menggambarkan diri sendiri

Direktur operasional situs Office Angels, Darren Roscoe, menuturkan hal yang mengejutkan mengenai deksripsi diri dalam summary sebuah CV. Deskripsi tentang diri Anda adalah langkah awal untuk mengenalkan dan mempromosikan diri Anda pada perekrut. BandarQ

7. Tidak melampirkan keahlian lainnya

Anda belum memiliki pengalaman kerja tapi punya keahlian di bidang tertentu? Tak perlu khawatir, kesempatan mendapat kerja masih terbuka lebar selama Anda mampu menjelaskannya dalam CV. Dan buat Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, deskripsi tentang keahlian lain yang dimiliki bisa jadi nilai plus loh.